32.7 C
Jakarta
23 July 2024 - 16:27
PosBeritaKota.com
Megapolitan

Di Terminal Kampung Rambutan, PJ GUBERNUR DKI HERU BUDI Tinjau Kesiapan Sarana & Prasana Jelang Lebaran

JAKARTA (POSBERITAKOTA) □ Untuk memastikan persiapan kelancaran dan keselamatan pelayan Mudik Lebaran bagi warga Jakarta, Pemprov DKI mencoba meminimalisir risiko serta hambatannya. Bahkan, bersinergi dengan Pemerintah Pusat, terutama untuk memberikan pelayanan maksimal.

Karena itu dalam realisasinya, Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono mendampingi Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhadjir Effendy, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dan Kepala Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri Irjen Pol Firman Santyabudi beserta jajaran, datang meninjau langsung kondisi sarana dan prasarana di Terminal Kampung Rambutan, Ciracas, Jakarta Timur, Minggu (9/4/2023).

Dalam kesempatan tersebut, Pj Gubernur DKI Heru Budi bersama rombongan melihat kondisi bus yang akan mengangkut pemudik harus terlebih dahulu mengikuti uji berkala kendaraan bermotor melalui Unit Uji KIR Mobile yang tersedia di Terminal Kampung Rambutan. Ia mengatakan bahwa Pemprov DKI Jakarta siap menyukseskan Arus Mudik Tahun 2023 saat melakukan peninjauan tersebut.

“Insya Allah, kami siap untuk mengantarkan masyarakat kembali ke kampung halamannya. Kemudian, kami juga menyiapkan bus gratis, yang rencananya untuk keberangkatan di mana puncaknya pada 18 April. Lalu, untuk titik kumpulnya sudah kami siapkan di lapangan Monas,” ujar Pj. Gubernur Heru Budi.

Disampaikan pula bahwa pihaknya bersama jajaran akan meninjau kembali sejumlah sarana dan prasarana transportasi umum yang ada di Jakarta. Koordinasi dengan Pemerintah Pusat pun akan dilanjutkan untuk memastikan arus mudik berjalan dengan lancar.

“Jadi, nantinya akan ada beberapa titik untuk ditinjau lagi, seperti Terminal Pulo Gadung dan Terminal Kalideres. Tentunya, Kemenhub dan Kemenko PMK juga akan membantu kita untuk ikut meninjau kembali. Kami di DKI Jakarta akan mempersiapkan dengan baik. Untuk mudik gratis, Dishub DKI Jakarta telah menyiapkan beberapa syarat khusus, dan warga bisa melihat infonya di akun media sosial Instagram Dishub DKI Jakarta,” jelas Pj. Gubernur Heru Budi, lagi.

Sedangkan Menko PMK Muhadjir Effendy mengapresiasi kesiapan Terminal Kampung Rambutan atas sarana dan prasarana angkutan mudik Lebaran (Idhul Fitri 1444 Hijriah). Mengingat, terminal ini menjadi salah satu titik keberangkatan pemudik dari wilayah DKI Jakarta menuju kampung halamannya, sehingga harus benar-benar siap melayani pemudik.

“Kami mengapresiasi kesiapan di sini (Terminal Kampung Rambutan). Kita cek secara umum, sudah sangat siap. Mulai dari driver hingga petugas ticketing. Kemudian, kami juga sudah cek sampling kesiapan surat-surat kendaraan, tadi saya lihat mulai dari SIM, KIR, lalu masa berlaku nomor kendaraan, juga masih dipatuhi dengan baik,” ucap Menko Muhadjir Effendy.

“Di samping itu, kami juga cek penggunaan alat uji emisi gas buang untuk bus yang nanti akan berangkat, juga sudah disiapkan oleh Dinas Perhubungan. Tentu saja dukungan dari Pemprov DKI, alatnya juga masih bagus untuk pengujian. Lalu, bus yang akan berangkat juga dalam kondisi bagus,” tutup Menko Muhadjir.

Dalam kesempatan itu, ikut hadir dalam kegiatan peninjauan ini, Plt. Kepala Badan Penyelenggara Transportasi Jabodetabek (BPTJ) Kementerian Perhubungan Robby Kurniawan, Walikota Administrasi Jakarta Timur M. Anwar serta Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo. □ RED/JON ABY/AGUS SANTOSA

Related posts

Targetnya Agar Tepat Sasaran, DISDIK DKI JAKARTA Lakukan Uji Kelayakan & Verifikasi Ulang DTKS

Redaksi Posberitakota

DIGAGAS SENATOR DPD RI, SEJUMLAH TOKOH MASYARAKAT BETAWI HADIRI FGD BAHAS PASCA JAKARTA TAK LAGI JADI IBUKOTA

Redaksi Posberitakota

Tutup Raker Kesda 2019, ANIES Minta Layanan Kesehatan di DKI Setara Ibukota Negara G-20

Redaksi Posberitakota

Leave a Comment

Beranda
Terkini
Trending
Kontak
Tentang