27.5 C
Jakarta
28 April 2024 - 07:33
PosBeritaKota.com
Megapolitan

Digelar 23 – 30 April, PJ GUBERNUR DKI HERU BUDI Buka Kegiatan ‘Monas Week’ Semarak Idhul Fitri 1444 Hijriyah

JAKARTA (POSBERITAKOTA) □ Pada masa libur Lebaran (Idhul Fitri 1444 Hijriyah), pemerintah provinsi (Pemprov) DKI Jakarta ingin memanjakan warganya yang urung mudik ke kampung halaman. Berbagai kegiatan pun disiapkan lewat event ‘Monas Week’ mulai 2330 April mendatang di destinasi wisata unggulan.

Salah satunya adalah gelaran acara di Monumen Nasional, Jakarta Pusat, seperti ‘Monas Week’ dan ‘Pentas Seni Monas‘. Dimana Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono, membuka rangkaian acara tersebut yang ditandai dengan atraksi video mapping dengan tagline ‘Jakcation’ #Lebaran2023.

Dikatakan Heru Budi bahwa ‘Monas Week‘ merupakan bagian dari upaya Pemprov DKI Jakarta menggaungkan pariwisata dan ekonomi kreatif. Terlebih lagi, tambah dia, selama libur Lebaran ini banyak wisatawan dari luar daerah mengunjungi Monas.

Nah, saya tadi menyapa ada yang dari Palembang, Aceh dan dari daerah lainnya. Jadi, malam ini kita berkumpul di Monas,karena Dinas Pariwisata DKI Jakarta memberikan pelayanan untuk hiburan masyarakat dalam rangka libur Lebaran. Insya Allah, tahun depan ada lagi. Nanti tambah satu atau dua titik lagi,” ucap Heru Budi, Minggu (23/4) malam.

Begitu melihat kenyataan pengunjung yang datang dari berbagai daerah tersebut, Heru Budi menitipkan pesan kepada masyarakat yang berkunjung untuk ikut menjaga tempat wisata. Mulai dari kebersihan dan keamanan yakni untuk kenyamanan bersama.

“Melalui kesempatan ini, saya mengucapkan selamat menikmati Monas dan titip jaga kebersihan. Bagi warga yang membawa anak-anak, tentu agar diperhatikan dan dijaga. Selamat menikmati malam ini di Monas,” kata Heru Budi, menambahkan.

Untuk rangkaian kegiatan ‘Monas Week’ menyuguhkan pertunjukan musik khas Idhul Fitri yang dapat dinikmati pukul 18.30-19.00 WIB. Lalu, pengunjung pun dapat melihat Air Mancur Menari pukul 19.30-20.00 WIB dan dilanjutkan pukul 20.30-21.00 WIB. Sedangkan acara puncaknya, yakni atraksi video mapping dengan taglineJakcation” #Lebaran2023 yang berlangsung dua sesi. Baik itu pada pukul 20.00-20.30 WIB maupun pukul 21.00-21.30 WIB.

Sementara itu untuk ‘Pentas Seni Monas‘ dilaksanakan di jalur pedestrian sisi Barat mulai pukul 08.00-09.00 WIB. Acara bertajuk ‘Senandung Taman Monas‘ terseburlt, juga bisa dinikmati di loket sisi Utara pada pukul 08.00-17.00 WIB. Lokasi selanjutnya adalah di tempat antrean Kereta Wisata yang berada di sisi Selatan pada pukul 08.00-17.00 WIB.

Dalam kesempatan itu, Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi Jakarta Andhika Permata, mengatakan jika bergeser ke sisi Utara Jakarta, masyarakat juga dapat mengunjungi Kawasan Kota Tua yang telah dipercantik dengan ornamen khas Idhul Fitri dengan tema ‘Enlightening Kota Tua’. Di situ terdapat beberapa titik yang dapat dinikmati yang terpusat di Jalan Kali Besar Barat, Kota Tua.

Untuk ‘Enlightening Kota Tua‘ merupakan sebuah daya tarik wisata yang menyuguhkan ornamen bernuansa Islami di Kawasan Kota Tua. Pemasangan instalasi lampu hias (spotlight) juga dilakukan untuk memberikan efek cahaya yang estetik. Spotlight diatur sedemikian rupa baik intensitas kuat cahaya, warna dan arah sorot cahaya, sehingga menambah keindahan wajah Kota Tua.

“Pokoknya, jangan sampai terlewatkan, karena sensasi berfoto di Enlightening Kota Tua sangat cocok untuk feed atau story di media sosial warga. Bahkan dapat menambah semarak liburan Lebaran tahun ini. Kegiatan itu juga merupakan persembahan untuk masyarakat yang berlebaran di Jakarta,” terang Andhika Permata, mengakhiri keterangannya. □ RED/AGUS SANTOSA

Related posts

Hadirkan Qubil AJ & Walikota, PENGURUS MASJID BAITURAHIM RW 07 Gunung Sahari Jakpus Santuni 200 Anak Yatim

Redaksi Posberitakota

Rapatkan Barisan, KETUA PPP DKI Minta Kader Dukung Program Anies-Sandi

Redaksi Posberitakota

Efek Domino Gugah Fungsi DPRD, SGY Nilai Ada Pesan Dibalik Desakan Mundur Ali Lubis kepada Gubernur Anies Baswedan

Redaksi Posberitakota

Leave a Comment

Beranda
Terkini
Trending
Kontak
Tentang