26.9 C
Jakarta
25 April 2024 - 06:39
PosBeritaKota.com
Nasional

Situasi hingga 28 April, DITLANTAS POLDA METRO Pastikan Arus Balik Lebaran Terpantau Masih Lancar & Aman

JAKARTA (POSBERITAKOTA) □ Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Metro Jaya memastikan bahwa kondisi arus balik Lebaran sampai dengan tanggal 28 April 2023 kemarin, terpantau masih lancar dan aman.

“Kemarin tanggal 28 April 2023 pukul 23.00 One Way dari Kalikangkung sudah dihentikan. Begitu juga Contra Flow dari KM 72 sampai KM 47 dihentikan,” kata Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Latif Usman, di Jakarta, Sabtu (29/4/2023).

Latif menambahkan karena volume kendaraan yang berada di Kalikangkung dinyatakan sudah memenuhi syarat untuk tidak dilakukan rekayasa lalulintas, sehingga perlu dihentikan pemberlakuan One Way ini.

“Jadi, kami betul-betul masih menunggu sampai dari tanggal 30 April dan 1 Mei 2023. Selain itu, kami masih tetap waspada terjadi puncak kepadatan arus balik Lebaran yang ada masuk kota /images/6152,” ujarnya.

Menurut Latif lebih lanjut baha untuk kondisi di Jakarta sendiri sejak 24 April 2023 sudah disiapkan arus balik sampai 28 April 2023 diseluruh jalur dalam kota. Termasuk jalur yang menuju Jor Selatan, yaitu menuju Pondok Indah.

“Begitu pula di jalur Utara yang menuju Tanjung Priok. Semuanya terpantau dalam keadaan aman dan lancar,” jelasnya.

Dikatakan Latif memang ada terjadi sedikit yaitu di kebanyakan warga mau menuju ke Jor Selatan melalui tol Cikunir 6. Akibat antrian sampai paling 100 meter, pihaknya menambah personel untuk mengatasi kemacetan.

“Kami tetap menyiapkan rekayasa upaya untuk mengantisipasi kemaceta pada 30 April sampai dengan 1 Mei 2023. Seluruh personel kita akan all out mengamankan arus balik Lebaran,” ungkapnya.

Selain itu lagi, ungkap Latif, kalau pihaknya menunggu instruksi dari Korlantas Polri untuk menyiapkan Contra Flow pada KM 72 sampai dengan KM 47 untuk mengantisipasi kepadatan arus balik Lebaran.

“Skema One Way sampai dengan Contra Flow akan dilaksanakan oleh Korlantas bersama dengan Polda Metro Jaya di KM 72- KM 47. Jika masih ada peningkatan lagi khsusunya pada 30 April dan 1 Mei akan kita perpanjang lagi sampai dengan KM 36. Begitu juga nanti kalau perpanjang lagi akan kita panjang Contra Flow sampai dengan KM 3,” ungkapnya.

Bahkan, Latif mengaku pihaknya pun mempersiapkan jalur Cawang sampai menuju ke depan Polda Metro Jaya dilakukan Contra Flow. “Tapi sifatnya pun sangat situasional kegiatan ini,” katanya. ■ RED/JON ABY/EDITOR : GOES

Related posts

Wow, KAHIYANG AYU-BOBBY NASUTION Bakal Diarak 8 Kereta Kencana

Redaksi Posberitakota

Lantamal XII Pontianak Melaksanakan Karya dan Bhakti Sosial di Desa Wajok Hilir

Redaksi Posberitakota

Saat Gelar Konferensi Pers, PRESIDEN JOKOWI Nilai UU Cipta Kerja Bisa Cegah Pungli & Berantas Korupsi

Redaksi Posberitakota

Leave a Comment

Beranda
Terkini
Trending
Kontak
Tentang