26.3 C
Jakarta
29 March 2024 - 05:59
PosBeritaKota.com
Megapolitan

Digelar 20-21 Mei Besok, MAPKB Bikin ‘Lebaran Betawi 1444 Hijriyah’ di Kawasan Selatan Monas

JAKARTA (POSBERITAKOTA) ■ Meski bukan untuk yang kali pertama, gelaran ‘Lebaran Betawi 1444 Hijriyah‘ bakal kembali dihelat di tahun 2023 ini. Majelis Persatuan Kaum Betawi (MAPKB), rencananya bakal mengadakan di kawasan Selatan Monumen Nasional (Monas), Jakarta Pusat, 20 – 21 Mei besok.

Seperti dikatakan Wakil Ketua Majelis Amanah Persatuan Kaum Betawi (MAPKB), Riano P Ahmad, momen ‘Lebaran Betawi’ merupakan satu kegiatan kearifan lokal dari masyarakat Betawi terutama di dalam menyambut ‘Hari Raya Idul Fitri’

“Pastinya, Lebaran Betawi selalu rutin diadakan setiap tahunnya. Sedangkan untuk lokasi penyelenggaraannya dipilih berkeliling. Pindah-pindah tempat. Untuk di tahun 2023 dipilih di kawasan Selatan Monas,” kata Riano dalam keterangan tertulisnya yang diterima POSBERITAKOTA, Kamis (18/5/2023).

Masih menurut Riano bahwa pentas seni budaya Betawi bakal beragam ditampilkan dalam acara ‘Lebaran Betawi 2023′. Antara lain prosesi hantaran Lebaran dari Walikota kepada Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono. Selain itu, ada pula pertunjukan Lenong Betawi, Ondel-Ondel dan banyak lagi.

“Kegiatan Lebaran Betawi terakhir kali digelar yakni pada tahun 2019 lalu. Sempat terhenti karena ada pandemi COVID-19. Syukur alhamdulilah di tahun 2023 ini, kita bisa kembali menggelar kegiatan tradisi warga Betawi,” ungkapnya.

Riano menambahkan bahwa kegiatan ‘Lebaran Betawi 2023‘, juga bakal dimeriahkan sejumlah pentas kesenian dan kuliner Betawi. Karena itu, pihaknya mengajak warga Betawi dan masyarakat luas di Jabodetabek untuk datang memeriahkanLebaran Betawi 2023′ di kawasan Selatan Monas, Jakarta Pusat.

“Mohon dukungannya. Makanya, mari kita ikut meriahkan dan mensukseskan acara Lebaran Betawi. Hal itu sebagai tradisi kearifan lokal, khususnya yang dimiliki masyarakat Betawi,” ucap Riano, mengakhiri keterangannya. ■ RED/AGUS SANTOSA

Related posts

BANG H DAILAMI FIRDAUS : 212 Mart Untuk Kedaulatan Ekonomi Umat

Redaksi Posberitakota

Pertanian Kota Digalakkan DKI, 200 MAHASISWA Latihan Cocok Tanam Sistem Hidroponik

Redaksi Posberitakota

DI RW 025 VGH KEBALEN, KORAMIL 04 BABELAN MELAYANI 120 WARGA YANG IKUT VAKSINASI DOSIS KESATU & KEDUA

Redaksi Posberitakota

Leave a Comment

Beranda
Terkini
Trending
Kontak
Tentang