26.1 C
Jakarta
22 June 2024 - 07:35
PosBeritaKota.com
Megapolitan

Pengumuman Nomor 3 Tahun 2023, PEMPROV DKI Siap Gelar Seleksi Terbuka untuk Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama

JAKARTA (POSBERITAKOTA) ■ Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta membuka kesempatan kepada Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang memenuhi persyaratan untuk mendaftar dan mengikuti Seleksi Terbuka Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) Pratama (eselon II) di lingkungan Pemprov DKI Jakarta. Demikian pengumuman Nomor 3 Tahun 2023 tentang Seleksi Terbuka Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama di Lingkungan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, tertanggal 22 Mei 2023.

Menurut Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi DKI Jakarta dan sekaligus Ketua Panitia Seleksi Terbuka Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama, Joko Agus Setyono, Seleksi Terbuka ini sesuai dengan ketentuan Undang-Undang (UU) Nomor 5 tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara, Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 11 Tahun 2017 tentang Manajemen Pegawai Negeri Sipil, dan Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 15 Tahun 2019.

Selain itu, tambah dia, pelaksanaan Seleksi Terbuka ini harus mendapatkan rekomendasi dan persetujuan tertulis dari Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) sesuai pasal 120, UU Nomor 5 Tahun 2014 dan Menteri dalam Negeri sesuai pasal 132A, PP Nomor 49 Tahun 2008.

“Untuk penyelenggaraan Seleksi Terbuka ini dilaksanakan oleh panitia seleksi yang dibentuk berdasarkan rekomendasi KASN dan terdiri dari para akademisi, pakar/praktisi/profesional, serta pejabat instansi pemerintah baik internal maupun eksternal Pemprov DKI Jakarta. Seleksi Terbuka ini akan dibuka bagi PNS Pemprov DKI Jakarta dan PNS seluruh Indonesia (secara nasional) untuk beberapa jabatan,” terang Sekda Joko Agus, Selasa (23/5/2023).

Sedangkan untuk nama jabatan yang dibuka untuk PNS secara Nasional pada Seleksi Terbuka ini adalah Kepala Badan Pengelolaan Aset Daerah, Kepala Biro Hukum Sekretariat Daerah, dan Kepala Biro Pendidikan Mental dan Spiritual Sekretariat Daerah. Lowongan yang dibuka untuk PNS Pemprov DKI Jakarta adalah Kepala Badan Pelayanan Pengadaan Barang/Jasa, Kepala Dinas Bina Marga, Kepala Dinas Kesehatan, Kepala Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik, Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman, Wakil Kepala Badan Pengelolaan Keuangan Daerah, dan Sekretaris Kota Administrasi Jakarta Timur.

Sementara itu terkait dengan jabatan Kepala Dinas Pendidikan dan Sekretaris Dewan belum dilakukan seleksi terbuka karena adanya kriteria khusus. Misalnya, pada jabatan Kepala Dinas Pendidikan ada penyesuaian Susunan Organisasi Tatakerja dan program-program pendidikan di sekolah, seperti Kurikulum Merdeka Belajar, Kurikulum Nasional tahun 2013 dan sebagainya yang masih memerlukan penyesuaian di tingkat sekolah. Sedangkan, untuk Sekretaris Dewan, masih memerlukan penyesuaian dan koordinasi terkait Susuan dan Organisasi Kerumahtanggaan bagi perangkat-perangkat pendukung yang diperlukan pada DPRD DKI Jakarta.

Namun untuk tahapan Seleksi Terbuka JPT Pratama di Pemprov DKI Jakarta adalah :

  1. Pendaftaran peserta secara daring (online) pada laman https://seleksiterbuka.jakarta.go.id/
  2. Seleksi administrasi.
  3. Penelusuran rekam jejak.
  4. Tes kompetensi bidang dengan penulisan makalah.
  5. Tes manajerial dan sosiokultural dengan tes assessment.
  6. Wawancara pansel.
  7. Tes kesehatan dan bebas narkoba.

Peminat mengikuti Seleksi Terbuka ini setiap peserta diwajibkan mengisi data secara baik dan benar, serta hanya dapat mendaftar untuk 1 (satu) jabatan yang diinginkan. Persyaratan dan panduan pendaftaran Seleksi Terbuka ini dapat diakses dan diunduh melalui laman pendaftaran. Waktu pelaksanaan Seleksi Terbuka adalah selama kurang lebih 30 hari kerja dan direncanakan dimulai pada akhir Mei 2023. ■ RED/AGUS SANTOSA

Related posts

Bersama PKB, NANA MARDIANA Sudah Mulai Perkenalkan Diri Jadi Caleg DPRD DKI Jakarta

Redaksi Posberitakota

Disindir Menteri Susi, GUBENUR ANIES Bantah Waduk Pluit Dangkal karena Kurang Perawatan

Redaksi Posberitakota

Memassifkan Tes PCR, PEMPROV DKI JAKARTA Ingin Cepat Temukan & Perkecil Kasus Baru COVID-19

Redaksi Posberitakota

Leave a Comment

Beranda
Terkini
Trending
Kontak
Tentang