29.1 C
Jakarta
15 July 2024 - 21:42
PosBeritaKota.com
Nasional

Untuk Mendorong Misi Kemanusiaan, HUMAN INITIATIVE Resmi Luncurkan Program Tahunan Bertema ‘Qurban Penuh Manfaat’

JAKARTA (POSBERITAKOTA) ■ Sebagai upaya untuk mendorong misi kemanusiaan, Human Initiative meluncurkan program qurban tahunan di 2023 ini dengan nama Sebar Qurban, Selasa (6/6/2023) pagi tadi bertempat di lobi Gedung Radio Republik Indonesia (RRI), Jakarta Pusat. Sedangkan pada pelaksanaan program kali ini mengusung tema yang lebih spesifik bertajuk ‘Qurban Penuh Manfaat’.

Dari program yang sudah berjalan lebih dari 20 tahunan tersebut, HI di tahun 2023 ini mentargetkan manfaat qurban lebih dari 329.724 jiwa bagi penerima manfaat, peternak lokal, juga terhadap pequrban itu sendiri. Bahkan bakal didistribusikkan ke 171 kabupaten yang berada di 21 provinsi di Indonesia.

“Seperti kita tahu bahwa qurban sejatinya merupakan syariat ibadah bagi umat Muslim. Hanya saja, jika kita melihat lebih dalam esensi qurban, manfaat yang dirasakan tidak hanya bagi pequrban. Tapi juga dirasakan orang lain yang menerima daging qurban. Termasuk peternak lokal yang akhirnya turut terberdayakan ekonomi mereka,” kata Tomy Hendrajati selaku Presiden Human Initiative manakala memaparkan makna atau filosofi di balik tema qurban tahun ini.

Menurutnya lebih lanjut bahwa terhadap para penerima manfaat, HI bakal mendistribusikan daging qurban secara merata hingga pelosok negeri. Bahkan ke-7 negara yang meliputi Somalia, Uganda, Kenya, Tanzania, Bosnia, Myanmar dan Turki.

“Untuk kriteria penerima manfaat yaitu di wilayah dengan angka konsumsi daging rendah, wilayah marjinal, wilayah dengan angka stunting tinggi serta ke wilayah terdampak bencana seperti ke Cianjur, Jawa Barat,” jelas Tomy, menambahkan.

Diharapkan peningkatan ekonomi peternak lokal, juga menjadi fokus Human Initiative dalam menyebarkan manfaat qurban di tahun 2023 ini. Termasuk berupaya untuk berkolaborasi dengan lebih banyak peternak lokal dalam penyediaan hewan hingga pengiriman ke lokasi-lokasi para penerima manfaat qurban.

Sedangkan M. Miftahul Suhur yang dipercaya sebagai Ketua Qurban, mengatakan bahwa untuk para pequrban, Human Initiative fokus menyalurkan manfaat kemudahan beribadah melalui penyediaan hewan yang sesuai syariat dan berkualitas.

Bahkan, tambah dia, sejak berkolaborasi dengan Perhimpunan Dokter Hewan Indonesia (PDHI) Human Initiative turut terapkan standar hewan sehat sesuai ketentuan penyembelihan sebagai upaya menjaga kualitas hewan pequrban. Human Initiative juga targetkan laporan cepat dan transparan terhadap para pequrban tahun ini.

Kampanye qurban Human Initiative tahun ini resmi mengangkat tiga tipe produk yang dijual di pasaran. Tipe A adalah qurban 1/7 sapi untuk wilayah Indonesia Timur dan Afrika. Tipe B adalah qurban 1/7 sapi untuk wilayah Indonesia Timur, Indonesia Barat dan Myanmar. Lain lagi untuk tipe C adalah qurban satu kambing atau domba untuk wilayah distribusi di Indonesia Barat dan Indonesia Timur.

Bukan hanya itu saja. Human Initiative pun mrlakukan program Jemput Qurban untuk memberikan fasilitas layanan maksimal pada pequrban yang ingin menunaikan ibadah tahunannya. Pada momen peluncuran ada tiga nilai utama yang dibawa oleh Human Initiative dalam program Sebar Qurban yang meliputi qurban sesuai syariat, berdampak luas serta laporan cepat dalam kurun waktu 14 hari setelah pelaksanaan.

Agar lebih mendapat kepercayaan masyarakat luas, Human Initiative juga berkolaborasi dengan berbagai pihak. Antara lain dengan pihak perusahaan swasta, NGO dalam dan luar negeri, komunitas serta kalangan media. Begitu pula untuk pelibatan relawan Human Initiative yang tergabung dalam komunitas Human Initiative Volunteer Energy (HIVE) juga turut hadir di 21 provinsi di Indonesia dan delapan negara di luar negeri yang akan menjadi wilayah distribusi qurban tahun ini. Selain itu lagi, Human Initiative juga turut gandeng Chef Haryo untuk kolaborasi konten edukasi masyarakat.

Turut hadir mendampingi dalam acara jumpa pers antara lain Vice President Communication and Network Development Romi Ardiansyah, Vice President Opetarion Anjar Radite dan Member Board Of Directors Rully Barlian Thamrin.

Sementara itu Romi Ardiansyah menyampaikan terima kasih kepada masyarakat pengqurban, pribadi/ individu dan lembaga yang telah mempercayakan kepada Human Initiative untuk menyalurkan hewan kurbannya melalui HI. “Kami pun bakal menginformasikan pendistribusian hewan qurbannya, terutama terhadap penerima manfaatnya,” pungkas Romy. □ RED/AGUS SANTOSA

Related posts

Pelibatan TNI Tangani Teroris, LEMKAPI Sebut Tetap Dibutuhkan Payung Hukum

Redaksi Posberitakota

Waduh! Granat Nanas Ditemukan Warga di Atap Rumah

Redaksi Posberitakota

Beri Instruksi ke Jajarannya, KAPOLRI Perintahkan Agar Jangan Ragu Usut Tuntas Mafia Tanah di Seluruh Indonesia

Redaksi Posberitakota

Leave a Comment

Beranda
Terkini
Trending
Kontak
Tentang