34.3 C
Jakarta
30 April 2024 - 15:06
PosBeritaKota.com
Megapolitan

Melalui Kongres Pertama di Ancol, MARULLAH MATALI Terpilih Secara Aklamasi Sebagai Ketua Majelis Kaum Betawi

JAKARTA (POSBERITAKOTA) ■ Tampil sebagai sosok perekat dari menguatnya perbedaan yang mencuat, Deputi Gubernur DKI Jakarta Marullah Matali terpilih secara aklamasi sebagai Ketua Majelis Kaum Betawi (MKB) lewat Kongres pertama yang diadakan di Candi Bentar, Putri Duyung Cottage, Ancol, Jakarta Utara, Sabtu (10/6/2023).

Diharapkan Ketua Steering Comittee (SC) Kongres Majelis Amanah Persatuan Kaum Betawi (MAPKB) KH Zainudin, terpilihnya Marullah Matali bisa membawa kaum Betawi yang semakin maju dan sejahtera serta tetap menjaga kearifan lokalnya.

“Syukur alhamdulillah. Setelah sekian lama, akhirnya Betawi memiliki lembaga adat, sebagaimana yang ada di Papua dan Aceh. Jadi, pada hari ini, orang Betawi resmi memiliki kelembagaan Adat yang kita beri nama Majelis Kaum Betawi,” tutur tokoh Betawi yang akrab dipanggil H Oding tersebut.

Masih dalam penjelasannya, H Oding memaparkan bahwa pihaknya selaku SC seusai sukses menggelar Kongres MAPKB pertama dan menghasilkan Ketua MKB, Marullah Matali diberikan waktu selambat-lambatnya satu bulan untuk menyusun pengurus MKB.

“Tentunya, saya sangat berharap kepemimpinan Marullah Matali bisa membawa masyarakat Betawi melakukan rekonstruksi sosial serta sekaligus memiliki aturan-aturan untuk pengembangan dan kemajuan Betawi,” paparnya.

Namun begitu yang tidak kalah penting, ditambahkan H Oding, setelah Jakarta tidak menjadi Ibukota lagi, maka masyarakat Betawi harus bisa adaptif dan mengambil peran-peran dalam pembangunan di Jakarta.

“Sedangkan Jakarta sangat dimungkinan dan direncanakan sebagai pusat ekonomi global, dimana bakal ada persaingan. Karena itulah, sumber daya manusia Betawi yang berkualitas dan berakhlak baik, juga harus dipersiapkan,” pungkasnya.

Sebagai Ketua MKB terpilih, Marullah Matali mengucapkan rasa syukurnya. Selain pelaksanaan Kongres pertama MAPKB yang berjalan dengan baik dalam suasana guyub, kompak dan penuh keakraban – bisa menghasilkan sesuatu sesuai harapan semua pihak.

“Namun yang terpenting lewat kongres ini, kita sudah menyatukan langkah. Betawi ke depan sepakat bersama-sama menguatkan diri. Dan, insya Allah, kita juga dapat memberikan kontribusi terbaik untuk kemajuan serta pembangunan Jakarta,” tegasnya.

Tak lupa, Marullah Matali pun menyampaikan sikap apresiasinya dan terima kasih atas dukungan dan kepedulian Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono kepada kaum Betawi.

“Hal ini sangat pas dan sesuai tagline Sukses Jakarta untuk Indonesia. Makanya, kami bersepakat Betawi Kompak, Jakarta Sukses, Indonesia Maju. Malah, saya berharap setelah tanah Betawi tidak menjadi Ibukota dan akan menjadi Kota Global, kaum Betawi bisa berkontribusi secara positif dan lebih maksimal lagi,” terang Marullah Matali.RED/AGUS SANTOSA

Related posts

Jangan Dilihat dari Nilai Rupiah, ANIES Serahkan DIPA 2019 ke Satker

Redaksi Posberitakota

Jadi Sorotan, ORANG DEKAT AHOK Diangkat Anies Sebagai Plt Kepala BPPBJ

Redaksi Posberitakota

Agar Dapat WTP dari BPK, PEMPROV DKI Harus Perbaiki Pengelolaan Aset Daerah

Redaksi Posberitakota

Leave a Comment

Beranda
Terkini
Trending
Kontak
Tentang