PosBeritaKota.com
Daerah

Dibuka oleh Wagub Jabar, 2 KABUPATEN & 1 Kota Bikin Pelatihan Juru Sembelih Hewan Qurban

INDRAMAYU (POSBERITAKOTA) – Menyembelih hewan qurban ternyata tidak asal memisahkan kepala dengan badan hewan belaka. Ada ilmu atau rukun yang wajib ditaati. Untuk itu, Wakil Gubernur Jawa Barat (Wagub Jabar) Uu Ruzhanul Ulum jauh-jauh dari Bandung ke Indramayu membuka pelatihan juru sembelih halal hewan qurban.

Pelatihan Juru Sembelih Halal dan Sosialisasi Pemotongan Hewan Qurban diselenggarakan di Aula Islamic Center Syekh Abdul Manan Indramayu, Rabu (21/6/2023). Pesertanya, para Juru Sembelih Halal dan Perwakilan Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) tiga kabupaten/kota yaitu Kabupaten Indramayu, Kabupaten Cirebon dan Kotamadya Cirebon.

Wagub Jabar Uu Ruzhanul Ulum mengatakan bahwa pelatihan dan sosialisasi Juru Sembelih Halal Hewan Qurban diselenggarakan oleh Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Pemerintah Provinsi Jawa Barat (Pemprov Jabar).

“Ini merupakan bukti kepedulian Pemprov Jabar menyambut Hari Raya Idhul Adha. Jangan sampai kita beribadah tetapi tanpa ilmu. Jangan sampai kita melaksanakan ibadah tetapi ditolak karena tidak ada syarat atau rukun yang dipenuhi,” kata Uu saat memberikan sambutan pembukaan.

Menurutnya dengan adanya pelatihan, panitia qurban tidak hanya paham terhadap syarat. Tetapi juga terkait manajemen pembagian daging qurban itu sendiri. “Qurban juga ada sisi kemanusiaan. Oleh karena itu tidak cukup syarat dan rukun tetapi manajemen tentang qurban harus dipahami oleh seluruh panitia,” ujarnya.

Melalui kegiatan yang diadakan tersebut, Uu berharap ilmu-ilmu yang didapatkan para peserta pelatihan agar ditularkan kepada panitia qurban lain di daerah masing-masing.

“Setelah bapak-bapak mendapatkan ilmu hari ini, maka hari ini pula bapak menyampaikan ke Camat, Biro Kesra dan Kepala Desa.untuk menyampaikan ilmu-ilmu yang didapatkan sehingga ilmu ini dapat menyebar secara luas kepada masyarakat yang lain,” imbuhnya.

Sementaranitu Penjabat (Pj) Sekda Kabupaten Indramayu, Aep Surahman yang mewakili Bupati Indramayu Nina Agustina, mengucapkan terima kasih kepada Pemprov Jabar atas kegiatan pelatihan.

“Hal ini merupakan kehormatan untuk Kabupaten Indramayu. Insya Allah dengan adanya pelatihan ini, juru sembelih di Kabupaten Indramayu, Kabupaten Cirebon dan Kota Cirebon akan makin paham dalam pemotongan hewan qurban dalam seluruh aspeknya,” tutup Aep Surahman. (RED/TARYANI/EDITOR : GOES)

Related posts

Ajak Bangun Empat Ukhuwah, KHOFIFAH Lantik PW & 6 PC Muslim NU di Sulsel

Redaksi Posberitakota

Tujuan Silaturahmi & Minta Doa Restu, TEH CAMEL Kunjungi PonPes Al-Mutmainah di Cugenang Cianjur

Redaksi Posberitakota

Karya Penulis Wong Indramayu, BALAI BAHASA PROVINSI JABAR Serahkan 10 Piala kepada para Pemenangnya

Redaksi Posberitakota

Leave a Comment

Beranda
Terkini
Trending
Kontak
Tentang