28.9 C
Jakarta
20 June 2024 - 23:13
PosBeritaKota.com
Megapolitan

Di Momen HUT ke-496, KOMISI INFORMASI DKI JAKARTA Gelar Launching E-Monev

JAKARTA (POSBERITAKOTA) – Dengan bangga Komisi Informasi DKI Jakarta tak mau melewatkan momentum perayaan HUT-nya yang ke-496. Dari banyak rangkaian acara yang sudah dan sedang berlangsung, salah satunya menggelar Launching E-Monev Keterbukaan Informasi Publik (KIP) badan publik di Provinsi DKI Jakarta, bertempat di Gedung Graha Mental Spiritual, Jakarta Pusat, Jumat (23/6/2023).

“Melalui acara ini bertujuan untuk mendorong transparansi dan akuntabilitas segenap badan publik Jakarta. Selain memanfaatkan momentum perayaan HUT Jakarta untuk memperkuat keterbukaan informasi bagi masyarakat,” ujar Ketua KI DKI Jakarta, Harry Ara Hutabarat.

Namun untuk acaranya itu sendiri dilakukan secara hibrid dan dikemas dalam bentuk talk show. Lauching E-Monev dihadiri sekitar 100 lebih peserta perwakilan badan publik di DKI Jakarta. Hadir sebagai pembicara: pengamat sosial politik Ray Rangkuti, komika muda Anyun Cadel, Harry Sanjaya sebagai perwakilan Plt Kadis Kominfotik Pemprov DKI Jakarta dan sebagai keynote speaker Raides Aryanto selaku Kepala Bidang Informasi Publik mewakili Sekda Provinsi DKI Jakarta.

“Bersama ini, kami dengan bangga dan penuh semangat meluncurkan kegiatan e-Monev KIP tahun 2023 dalam momentum HUT Jakarta ke-496. Harapanya, semoga pelaksanaan E-monev tahun ini berjalan lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya,” kata Harry Arra.

Sedangkan Luqman Hakim Arifin selaku Wakil Ketua Komisi Informasi DKI Jakarta sekaligus Penanggung Jawab E-Monev tahun 2023, menjelaskan bahwa secara lebih detail kisi-kisi dan alur e-Monev berikut tahapannya yang sedikit banyak berbeda Monev tahun 2022.

“Jujur, kita sangat menyadari arus perubahan besar terkait kebutuhan informasi di masyarakat. Karena itu, kami mengajak semua badan publik di Jakarta untuk lebih aktif mengoptimalkan PPID-nya, khususnya melalui kegiatan E-Monev ini, sehingga warga Jakarta memiliki akses yang luas ke badan publik,” jelas Luqman Hakim, lagi.

Ditambahkan dia bahwa E-Monev KIP di Provinsi DKI Jakarta tahun 2023 ini juga merupakan ajang yang penting bagi badan publik untuk meningkatkan pelayanan informasi pubiknya. “Komisi Informasi DKI Jakarta siap memberikan dukungan teknis dan bimbingan kepada badan publik mengikuti E-Monev tahun 2023 ini,” imbuhnya.

Dari perbincangan talkhsow-nya, para narasumber lebih jauh lagi memberikan wawasan yang lebih mendalam tentang pentingnya keterbukaan informasi publik dalam menjalankan badan publik yang transparan dan akuntabel.

Program E-Monev KIP Badan Publik merupakan kegiatan tahunan yang sangat penting dalam upaya mengoptimalkan peran Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) di masing-masing badan publik di Jakarta. Tujuannya guna menciptakan pemerintahan yang transparan, akutabel dan responsif terhadap kepentingan masyarakat Jakarta. [RED/AGUS SANTOSA]

Related posts

Bedah Rumah di Kalideres, IBU SAROH : Pak Kapolres, Rumah Saya Tak Bocor Lagi

Redaksi Posberitakota

Langkah Strategis, PAM JAYA Resmikan Komunal Reservoir Demi Penuhi Kebutuhan 633 Warga RW 06 di Duri Kosambi Cengkareng Jakbar

Redaksi Posberitakota

Apa itu Jabodetabek? Berikut 7 Fakta Menariknya

Wulan Octaviani

Leave a Comment

Beranda
Terkini
Trending
Kontak
Tentang