27.8 C
Jakarta
29 April 2024 - 04:37
PosBeritaKota.com
Internasional

Ke Ajang Jambore Internasional 2023 di Korsel, GERAKAN PRAMUKA INDONESIA Kirim 1700 Peserta

JAKARTA (POSBERITAKOTA) – Jambore Pramuka Dunia atau World Scout Jamboree kembali akan diselenggarakan di tahun 2023 ini. Jambore Pramuka yang saat ini tepat memasuki tahun ke-25, memastikan Korea Selatan (Korsel) sebagai tuan rumah.

Sedangkan acaranya bakal berlangsung dari tanggal 1 hingga 12 Agustus 2023 di SaeManGeum, Jeollabuk-do, Republik Korea Selatan Perayaan Jambore Pramuka Dunia sendiri pertama kali diadakan pada tahun 1920 di Olympia London di Inggris dan dihadiri oleh 8.000 anggota gerakan Pramuka dari 34 negara dunia.

Pada perayaan yang dilaksanakan setiap empat tahun sekali itu, khusus di tahun 2023 Gerakan Pramuka Indonesia mengirimkan sebanyak 1700 orang kontingen (peserta- red) dari berbagai tingkat kepramukaan, juga merupakan perwakilan dari berbagai daerah di Indonesia.

“Ini merupakan jumlah peseta Indonesia terbanyak yang pernah dikirim selama Indonesia mengikuti Jambore Internasional,” ujar Muhamad Zarkasih yang pada penyelenggaraan Jambore Internasional kali ini bertugas di bidang RISK MANAGEMENT & SECURITY (Managemen Risiko & Keamanan).

Sementara itu bicara tentang tema Jambore Internasional kali ini, Muhamad Zarkasih mengungkapkan bahwa tema Jambore Pramuka Dunia 2023 adalah “Draw your Dream“, yang bermakna “Gambarlah Impianmu“.Tema ini mewakili bagaimana ide-ide anak muda dapat menciptakan peluang untuk mewujudkan impian Jambore mereka dalam lingkungan yang aman, inklusif.dan berkelanjutan.

“Tema Draw your Dream mengungkapkan ekspresi keinginan bagi anggota Gerakan Pramuka untuk mengubah Jambore Pramuka Dunia ke-25 menjadi festival mereka sendiri dan secara maksimal menumbuhkan impian mereka melalui acara tersebut. Ini adalah bentuk impian global anak-anak di seluruh dunia,” kata Muhamad Zarkasih.

Ditambahkan bahwa Pengalaman Jambore Pramuka Dunia ke-25 akan memungkinkan kaum muda untuk mewujudkan impian mereka. Menjalin persahabatan dengan orang-orang dari budaya yang berbeda dan mengambil bagian dalam program yang aman, inklusif dan berkelanjutan.

Kontingen Indonesia direncanakan akan diberangkatkan pada 29 dan 31 Juli 2023. Muhamad Zarkasih menyebut ribuan anggota Pramuka itu bakal mempromosikan pangan dan kultur Indonesia kepada 25 negara peserta lainnya. Ini akan menjadi sebuah pengalaman baru yang sangat bermanfaat.

“Selepas acara Jambore Internasional di Korea Selatan nanti, Gerakan Pramuka juga akan menyelenggarakan Raimuna Pramuka ke-12 yang akan digelar pada 14 Agustus 2023. Sampai hari ini jumlah peserta yang telah mendaftar kegiatan itu mencapai 15-17 ribu orang,” tukas Muhamad Zarkasih menutup perbincangan dengan POSBERITAKOTA, Sabtu (29/7/2023) kemarin, di Bumi Perkemahan Cibubur. © [RED/HANNOENG M. NUR/ EDITOR : GOES]

Related posts

TEPATNYA JATUH PADA TANGGAL 6 PEBRUARI MENDATANG, RATU ELIZABETH II BAKAL RAYAKAN SELAMA 70 TAHUN BERTAHTA

Redaksi Posberitakota

Rayakan Hubungan Bilateral ke-50 Tahun, AYODYA PALA Bakal Tampil dalam ‘Festival Indonesia 2023’ di Seoul Korsel

Redaksi Posberitakota

Diikuti 382 Peserta dari 15 Negara, SMAN 10 BEKASI Kirim 3 Siswi & Menempati Urutan Ketiga pada Ajang KSEF Internasional di Korea

Redaksi Posberitakota

Leave a Comment

Beranda
Terkini
Trending
Kontak
Tentang