35.1 C
Jakarta
29 April 2024 - 19:58
PosBeritaKota.com
Syiar

Bahas Soal ‘Qonaah’, KHUTBAH JUM’AT PROF OMAN FAHTURAHMAN : Perlunya Menata Hati Mencukupkan Diri

JAKARTA (POSBERITAKOTA) – Ditengah kehidupan yang serba terbuka saat ini, suka atau tidak suka dan mau atau tidak mau, kita sering disuguhi informasi dan tontonan tentang perilaku sebagian insan manusia yang seolah tidak pernah merasa cukup dengan nikmat yang telah Allah SWT anugerahkan kepada dirinya.

Bahkan, meski dimudahkan memperoleh banyak harta, dilapangkan jalan pekerjaan, mulia memiliki keluarga serta diberi kesehatan dan panjang usia – namun sebagian jiwa abai, lupa diri, tidak menata hati, tidak mensyukuri dan tidak mencukupkan diri – sehingga alih-alih bahagia yang dialami hanyalah nestapa.
Alih-alih bersyukur yang ada malah kufur.

Demikian intisari dari khutbah Jum’at dari Prof Dr OMAN Fathurahman M.Hum selalu khotib di Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat, Jum’at 17 Muharam 1445 Hijriyah/4 Agustus 2023 Masehi. Tidak kurang dari 30.000- an jamaah yang datang dari seluruh kawasan Jabodetabek, tumpah ruah dan khusyuk mendengar materi khutbahnya yang sangat menyentuh kalbu dengan tema ‘Qonaah : Menara Hati Mencukupkan Diri’.

Melanjutkan khutbahnya, Prof Oman pun menukil Al Qur’an surat Ibrahim (QS.14:7) Allah subhanahu wata’ala sudah mengingatkan:
وإذ تأذن ربكم لين شكرتم لأزيدنكم ولين كفرتم إن
غذای تشدید و

Artinya: “Dan (ingatlah juga), tatkala Tuhanmu memaklumkan “Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu dan jika kamu mengingkari (nikmat-KU), maka sesungguhnya azab-KU sangat pedih”.

Azab tidak selalu dimaknai sebagai hukuman di akhirat, melainkan bisa juga berupa konsekuensi buruk yang diterima dalam kehidupan ini. Bagi hamba yang bersyukur, Allah SWT akan memuliakan, bagi mereka yang kufur, dalam sekejap Allah SWT dapat menjatuhkannya ke dalam lubang kehinaan. Tidak ada yang mustahil bagi-NYA. Kehendak-NYA adalah sebuah keniscayaan.

Dalam surat Ali Imran (QS.3: 26), Allah SWT menegaskan:
قل اللهم ملك الملك تؤتي الملك من تشاء وتنزع الملك
ممن تشاء وتعز من تشاء وتذل من تشاء بيدك الخير إنك على
كل شيء قدير –
Artinya: “Katakanlah: Wahai Tuhan Yang mempunyai kerajaan, Engkau berikan kerajaan kepada orang yang Engkau kehendaki dan Engkau cabut kerajaan dari orang yang Engkau kehendaki. Engkau muliakan orang yang Engkau kehendaki dan Engkau hinakan orang yang Engkau kehendaki. Di tangan Engkaulah segala kebajikan. Sesungguhnya Engkau Maha Kuasa atas segala sesuatu”.

Selanjutnya, dipaparkan Prof Oman terkait seseorang yang selalu merasa tidak cukup, rakus, memang itu adalah salah satu godaan terbesar dalam kehidupan duniawi. Bahwa manusia memiliki nafsu, itu adalah sunnatullah, lumrah, sesuatu yang dikendaki Allah SWT. Dan, itu memang cara Allah SWT memuliakan manusia. Dengan anugerah nafsu dan akal yang dimilikinya, manusia menjadi makhluk yang lebih mulia dari hewan atau bahkan malaikat.

Dijelaskan lebih lanjut bahwa kata “nafsu” berasal dari Bahasa Arab,al-nafs”,yangnsecara harfiyah bisa bermakna “diri” atau bisa juga berarti “jiwa“. Al-Qur’an sendiri menjelaskan bahwa ada 3 (tiga) jenis “al-nafs” dalam setiap diri manusia.

Yang pertama, al- nafs alammarah, yakni bagian diri kita yang cenderung mengajak pada keburukan, syahwat, dan hawa nafsu. Dalam kehidupan sehari-hari, kita sering mendengar kalimat, “Jangan mengikuti nafsu amarah“. Allah SWT berfirman dalam Qur’an surat Yusuf (QS.12: 53):
… إن النفس لأمارة بالسوء إلا ما رحم ربي
Artinya: “Sesungguhnya nafsu itu selalu menyuruh kepada kejahatan, kecuali nafsu yang diberi rahmat.oleh Tuhanku.

Yang kedua, al-nafs al-lawwamah, yakni bagian dari jiwa kita yang sering berfungsi sebagai rem, mencela tindakan-tindakan buruk yang dilakukan, menyesali perbuatan maksiat, dan mengingatkan untuk kembali kepada kebaikan. Ini yang disebut sebagai “al-dhamir” atau kita mengenalnya dengan istilah hati nurani.

Dalam surat al-Qiyamah (QS.75
ayat 2) Allah SWT bersumpah:
ولا أقسم بالنفس اللوامة في
Artinya: “Dan aku bersumpah dengan jiwa yang amat menyesali (dirinya sendiri).”

Yang ketiga, al-nafs almuthmainnah, yakni bagian dari jiwa kita yang selalu merasa nyaman dalam kebaikan, ridla atas segala kehendak Allah SWT, pandai menata hati dan menahan diri, sehingga selalu merasa cukup dengan dengan rejeki yang diterimanya. Jiwa ini yang diseru oleh Allah SWT dalam surat al-Fajr (QS.89 ayat 27-30):
ينأيها النفس المطمينة – أرجعي إلى ربك راضية مرضية
فادخلي في عبدي – وادخلي جنتي –
Artinya: “Wahai jiwa yang tenang, kembalilah kepada Tuhanmu dengan hati yang puas lagi diridlai-NYA, masuklah menjadi bagian dari hamba-hamba-KU, masuklah ke dalam surga-KU.”

Tugas kita sebagai manusia adalah memilih dan mengendalikan nafsu yang memang menjadi bagian dari diri kita itu. Kita perlu terus menata hati dan mencukupkan diri. Godaan pasti ada, keinginan pasti tak berbilang, apalagi jika saat ini kita sedang memegang amanah jabatan, harta melimpah dan fasilitas mencukupi, ” urainya, panjang lebar.

Prof Oman pun menggambarkan betapa ironisnya karena di dalam sebagian sketsa kehidupan yang kita saksikan, watak rakus dan merasa tidak cukup justru banyak dimiliki oleh mereka yang kebutuhan duniawinya sudah dicukupkan oleh Allah subhanahu wata’ala, rejekinya tidak berkekurangan, jabatannya tinggi, keinginannya pun hampir selalu terpenuhi.

“Sementara mereka yang hidupnya pas-pasan, prihatin, didera kekurangan, papa, rejekinya seret – tidak jarang malah lebih dapat mensyukuri sekecil apapun nikmat yang diterima. Sehingga mereka pun lebih dapat menemukan kebahagiaan. Kesejahteraan dan kecukupan duniawi memang sebuah kebutuhan. Islam sama sekali tidak melarang umatnya untuk menjadi orang kaya. Allah SWT bahkan menempatkan orang yang dermawan di tempat mulia. Dermawan artinya memiliki banyak harta. Kewajiban kita adalah untuk tidak berlebih-lebihan dan tidak lepas kendali dalam mencari rejeki, karena Allah SWT sendiri mengingatkan bahwa semua yang diberikan itu bisa jadi adalah sebuah ujian. Dalam surat al-Anfal (QS.8 ayat 28) Allah SWT berfirman:
واعلموا أنما أموالكم وأولدكم فتنة وأن الله عنده أجر عظيم –
Artinya: “Dan ketahuilah bahwa hartamu dan anak-anakmu itu hanyalah sebagai cobaan dan sesungguhnya di sisi Allah ada pahala yang besar.

Bahkan, menurut Prof Oman di dalam berbagai kesempatan, Nabi mengajarkan bahwa hakikat kebahagiaan bukan terletak pada kekayaan seseorang yang melimpah, melainkan jika ia mampu bersikap qonaah (merasa cukup). Qonaah adalah sebuah sikap atau perilaku menerima dengan rela segala keadaan, menerima apapun keputusan Allah SWT tanpa mengeluh, sembari tetap berikhtiar dan berusaha sampai habis batas kemampuannya.

“Ajaran normatif ini tampak sederhana, namun faktanya tidak selalu mudah orang untuk mempraktikannya. Qonaah, merasa cukup, adalah kunci agar jiwa mendapat ketenangan dan kebahagiaan. Seseorang yang qonaah akan selalu merasa tenteram, jauh dari watak tamak atau serakah. Kalau pun melihat orang lain memperoleh kebaikan, harta atau pangkat duniawi melebihi dirinya, ia akan turut berbahagia dan tidak pernah berangan-angan untuk merebut kebaikan itu. Apalagi berupaya dengan menghalalkan segala cara,” ujarnya.

Disebutkan Prof Oman bahwa di dalam surat al-Nisa (QS.4 ayat 32) Allah SWT berfirman: Artinya : “Dan janganlah kamu iri hati terhadap apa yang dikaruniakan Allah SWT kepada sebahagian kamu, lebih banyak dari sebahagian yang lain (Karena) bagi orang laki-laki ada bahagian dari pada apa yang mereka usahakan, dan bagi para wanita (pun) ada bahagian dari apa yang mereka usahakan dan mohonlah kepada Allah SWT sebagian dari karunia-NYA. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui segala sesuatu.”

Pada akhirnya, ajak Prof Oman, marilah kita renungkan sabda kanjeng Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam dalam hadis yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari dan Muslim, dari sahabat Abu Hurairah radhiyallahu anhu : Artinya : “Kaya [hakiki] itu bukan karena banyak harta, melainkan kaya hati.” © [RED/AGUS SANTOSA]

Related posts

Dalam Pengajian Rutin, USTADZ NUR ALI Sentil Peminum Minuman Keras yang Sholatnya Tak Diterima Selama 40 Hari & 40 Malam

Redaksi Posberitakota

Selain Umroh & Haji, PT ZARSQI TOUR AND TRAVEL Perkenalkan Wisata Ziarah Bumi Para Nabi di 5 Negara

Redaksi Posberitakota

Diawali Ta’lim Ba’da Maghrib, YAYASAN JAMI AL-IKHLAS RW 025 VGH Kebalen Rutin Santuni 27 Anak Yatim & Dhuafa

Redaksi Posberitakota

Leave a Comment

Beranda
Terkini
Trending
Kontak
Tentang