34.3 C
Jakarta
29 April 2024 - 13:00
PosBeritaKota.com
Megapolitan

Serukan Jaga & Kawal Bamus Betawi, EKI PITUNG Ngaku Banyak Diminta untuk Maju Jadi Ketua Umum

JAKARTA [POSBERITAKOTA) – Wakil Ketua Umum Badan Musyawarah Betawi, Eki Pitung, menyerukan agar organisasi masyarakat (Ormas) yang tergabung dan orang Betawi khususnya agar terus menjaga sekaligus mengawal keberadaan Bamus Betawi.

Tidak hanya berikhtiar mengkonsolidasikan anak-anak Betawi kedalam sebuah paguyuban dengan memiliki peran untuk menjaganya, tapi juga melestarikan masyarakat serta adat Betawi di tanah Jakarta.

Dikatakannya secara terbuka bahwa Kepengurusan Badan Musyawarah (Bamus) Betawi bakal segera berakhir dipenghujung tahun 2023 ini. Oleh karenanya, ia meminta agar Ormas-ormas Betawi yang tergabung didalam Bamus Betawi bersiap-siap dengan segala pemikiran, ide maupun gagasan demi menyongsong pelaksanaan Musyawarah Besar (Mubes) Bamus Betawi.

Dari situ nanti, menurut Eki Pitung lebih lanjut, diharapkan bisa menghasilkan keputusan – keputusan organisasi yang memiliki implikasi positif bagi masyarakat luas dan budaya Betawi.

“Sebab, sesuai aturan dalam Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD/ART) Bamus Betawi pasal 3 ayat 1, menyebutkan bahwa kedaulatan organisasi berada ditangan anggota serta dilaksanakan sepenuhnya oleh Mubes. Maka tentunya segala keputusan organisasi harus diputuskan dan ditetapkan melalui Mubes,” ucap pemilik nama asli M. Rifki itu kepada POSBERITAKOTA, Rabu (9/8/2023) malam.

Dipaparkan dia sebagaimana intisari dari niatan para leluhur menghadirkan Bamus Betawi yaitu sebagai langkah ikhtiar untuk mengkonsolidasikan anak-anak Betawi kedalam sebuah paguyuban yang kemudian diharapkan memiliki peranan dalam menjaga serta melestarikan masyarakat dan adat Betawi di tanah Jakarta.

“Syukur alhamdulillah melalui peranan tersebut, sedikit banyaknya mulai menemukan bentuk. Terutama dengan kehadiran Perda No 4 Tahun 2015 tentang Pelestarian Kebudayaan Betawi yang menyebutkan Badan Musyawarah Masyarakat Betawi yang selanjutnya disebut dengan Bamus Betawi adalah selaku organisasi induk masyarakat Betawi yang merupakan representatif untuk ditunjuk sebagai mitra Pemerintah Daerah dalam pelaksanaan seluruh kegiatan Pelestarian Kebudayaan Betawi

Lebih lanjut Eki Pitung secara panjang lebar mengungkapkan bahwa tentunya kemajuan ini harus terus bersama-sama dirawat dan dikembangkan untuk menghadirkan Betawi kedepan yang lebih bermartabat serta berdaulat di kampungnya sendiri.

“Karena itulah, saya menghimbau agar para Ormas dan Orang Betawi, marilah kita jaga Bamus Betawi sebagai organisasi induk bagi orang Betawi. Tentu dengan cara mensukseskan dan mendukung pelaksanaan Mubes Bamus Betawi untuk merumuskan kebijakan organisasi serta mencari pemimpin baru yang menakhodai Bamus Betawi.

Saat ditanya terkait dirinya bakal maju dalam Mubes Bamus Betawi di tahun 2024 mendatang, Eki Pitung tak membantahnya. Ia malah memberikan penegasan siap maju untuk kursi ‘Ketua Umum’, karena ingin menjaga marwah Bamus Betawi kembali ke khitohnya.

“Insya Allah. Karena memang banyaknya permintaan para Pimpinan Ormas pendukung Bamus Betawi dan keinginan tokoh-tokoh atau orangtua Betawi yang menghendaki saya menahkodai Bamus Betawi. Dengan mengucapkan Basmallah, juga demi masa depan Kaum Betawi serta Bamus Betawi, saya siap maju. Harapannya tentu saja agar Bamus Betawi lebih baik dan bisa bermanfaat,” pungkas Eki Pitung. © [RED/AGUS SANTOSA]

Related posts

DIJANJIKAN BAKAL SEGERA SURUT, WAGUB AHMAD RIZA PATRIA SEBUT DI IBUKOTA ADA 19 TITIK YANG KEBANJIRAN

Redaksi Posberitakota

Tata Kawasan Padat Hunian, PEMPROV DKI & KYOKO UNIVERSITY Gelar Jakarta Urban Kampung Conference

Redaksi Posberitakota

Upaya Kembangkan Koperasi Masyarakat, DINAS KUMKMP DKI Gelar Diklat di Jaksel

Redaksi Posberitakota

Leave a Comment

Beranda
Terkini
Trending
Kontak
Tentang