27.9 C
Jakarta
28 April 2024 - 00:31
PosBeritaKota.com
Megapolitan

Pj Gubernur DKI & Menhub, SEMANGATI RIBUAN PELARI di Event ‘Jakarta Half Marathon 2023’

JAKARTA [POSBERITAKOTA] – Penjabat (Pj) Gubernur DKI Heru Budi Hartono dan Menteri Perhubungan (Menhub RI) Budi Karya Sumadi, melepas dan sekaligus memberi semangat kepada ribuan pelari/peserta dalam event ‘Jakarta Half Marathon‘ (JHM) 2023, bertempat di Silang Tenggara Monumen Nasional (Monas), Minggu (20/8/2023).

Dikatakan Heru Budi bahwa JHM 2023 memiliki keistimewaan, karena digelar dalam rangka mendukung ‘Keketuaan Indonesia ASEAN 2023′ dan perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 Kemerdekaan RI. Melalui gelaran tersebut, bertujuan untuk menjembatani pelari dari berbagai kalangan agar bisa berkompetisi dan merasakan kemajuan dari Intelligent Transport System (ITS) di DKI Jakarta.

Menurut Heru Budi lebih lanjut bahwa lebih dari 9.700 peserta mengikuti JHM 2023 dalam berbagai kategori. Masing-masing untuk 5K, 10K dan 21K. Dari setiap kategori tersebut, 5K menjadi yang paling banyak diikuti oleh peserta sebanyak 4.500 pelari. Kegiatan ini dapat terselenggara dengan baik atas dukungan utama dari BUMD DKI Jakarta, yakni PT MRT Jakarta dan Bank DKI.

“Adanya partisipasi yang luar biasa ini, tidak hanya membangkitkan semangat berlari, tetapi juga memberikan semangat kami di jajaran Pemprov DKI dalam mempromosikan Jakarta dan MRT sebagai salah satu moda transportasi umum di Jakarta yang nyaman dan aman,” imbuh Heru Budi.

Terkaitnya besarnya minat atau antusiasme warga mengikuti olahraga lari, Heru Budi mengumumkan bakal ada rencana gelaran olahraga dalam waktu dekat yang merupakan sinergi antara Pemprov DKI Jakarta dan Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

“Jadi, kegiatan maraton ini bakal berlanjut dengan kerjasama antara Pemprov DKI dan BUMN pada Oktober. Malah rencananya mau dibuat kategori Full Marathon. Bapak Menteri Perhubungan juga menyarankan agar kegiatan seperti ini tidak hanya dilakukan sekali, tetapi terus dilanjutkan kedepannya,” kata Heru Budi.

Hal yang sama juga dirasakan Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi, setelah melihat antusiasme peserta yang sangat luar biasa. Karenanya, perlu menjadi pertimbangan agar kegiatan olahraga seperti ini dapat digelar rutin oleh Pemprov DKI Jakarta. 

“Saya melihatnya bahwa antusiasme dan semangat peserta, membuktikan bahwa kegiatan olahraga lari ini sangat diminati oleh masyarakat. Saya rasa ini bisa menjadi acara rutin, bukan hanya setahun sekali, tapi bisa beberapa kali,” pinta Menhub Budi Karya.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi DKI Jakarta Andriansyah menambahkan bahwa JHM 2023 dapat menjadi peluang bagi warga Jakarta untuk menyalurkan hobi berlari, bersaing dan meraih prestasi dengan pelari nasional dan internasional.

Event JHM adalah acara lomba lari yang telah mendapatkan Sertifikat Pengukuran Internasional (International Measurement Certificate) dari World Athletics bekerja sama dengan Association of International Marathons and Distance Races (AIMS). 

“Ini menjadi bukti keunggulan acara ini dalam skala nasional maupun internasional. Selain itu, sebagai upaya meningkatkan kebanggaan terhadap gelaran ini, kami bersinergi dengan para Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di jajaran Pemprov DKI, telah berkoordinasi dengan Kementerian Hukum dan HAM untuk memperoleh Hak Intelektual (HAKI) Jakarta Half Marathon,” jelasnya.

Dalam mewujudkan gelaran JHM 2023 tersebut, Dinas Pemuda dan Olahraga serta Biro Kerjasama Daerah Provinsi DKI Jakarta bekerjasama dengan tim panitia (PT MRT Jakarta, Intelligent Transport System, Royalindo, dan Idea Run) telah mempersiapkan segala logistik dengan cermat.

Sebanyak 9 water station, 8 ambulans, 2 sprinkle water, 110 marshal, 300 marshal statis, 1.200 polisi, 544 Satpol PP, 155 Petugas Dinas Perhubungan, 46 Tim Nakes DKI, 24 Tim Nakes Idearun dan berbagai rujukan rumahsakit juga memberikan dukungannya. Selain itu, pengoperasian MRT dan Trans Jakarta dipercepat menjadi jam 03.00 WIB untuk kenyamanan para peserta. © [RED/AGUS SANTOSA]

Related posts

Ditemukan Ekstasi & Pengunjung ‘On’, DISKOTEK OLD CITY Ditutup Pemprov DKI

Redaksi Posberitakota

Stok Sembako Jelang Ramadhan, WAGUB SANDI Ingatkan SKPD dan BUMD 

Redaksi Posberitakota

Acaranya Sabtu Besok, MUNAJAT KUBRO 212 di Monas Diperkirakan Bakal Dibanjiri Sampai 3 Juta Orang

Redaksi Posberitakota

Leave a Comment

Beranda
Terkini
Trending
Kontak
Tentang