28.4 C
Jakarta
29 April 2024 - 03:37
PosBeritaKota.com
Top News

Jadi Agen Perubahan, LPS Dorong Pramuka Edukasi Ke Masyarakat Tentang Pentingnya Menabung di Bank

JAKARTA (POSBERITAKOTA) – Sebagai salah satu agen perubahan, seluruh anggota Pramuka Indonesia didorong untuk memberikan edukasi kepada masyarakat luas tentang pentingnya menabung di bank. Demikian ajakan dari Ketua Dewan Komisioner LPS (Lembaga Penjamin Simpanan), Purbaya Yudhi Sadewa.

“Seperti kita tahu bahwa Pramuka itu sebagai salah satu agen perubahan di masyarakat. Tentu memiliki peran penting khususnya dalam mengedukasi masyarakat bahwa menabung di bank aman dijamin LPS. Sehingga nantinya tidak ada lagi kasus-kasus seperti uang celengan dimakan rayap atau tabungan yang hilang karena di simpan di bawah bantal,” tutur Purbaya.

Selain itu Purbaya juga mengungkapkan bahwa menabung di bank merupakan salah satu bentuk kegiatan untuk meningkatkan inklusi keuangan nasional. Dengan meningkatnya inklusi keuangan, maka akan mendukung pendalaman pasar keuangan serta stabilitas keuangan nasional.

Seruan tersebut disampaikan Purbaya pada peringatan Hari Indonesia Menabung tahun 2023 , Minggu (20/8/2023). LPS bersama Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menyelenggarakan puncak peringatan Hari Indonesia Menabung dengan tema kegiatan ‘Kejar Prestasi dan Bangun Generasi Kita (KREASIBANGKIT).

Dalam kegiatan ‘Hari Indonesia Menabung‘ melibatkan Pramuka Penegak serta Pramuka Pandega usia 16-25 tahun dari seluruh Indonesia dengan jumlah peserta sekitar 25.000 orang di Bumi Perkemahan Pramuka, Cibubur, Jakarta Timur, Minggu (20/8/2023).

Ditambahkan Purbaya bahwa Gerakan Pramuka kini sudah sangat dekat dengan dunia perbankan, khususnya mengenai nilai-nilai yang diajarkan atau dilatih kepada para peserta didik.

“Seperti sebut saja Dasa Darma ke-7, Hemat, Cermat dan Bersahaja. Disini sejak dini anggota Pramuka sudah dididik dan dilatih untuk memiliki gaya hidup yang hemat dengan menyisihkan uangnya untuk ditabung,” ucap dia.

Dalam pandangan Purbaya, sistem Merit Badges yang diterapkan oleh Pramuka juga mendukung pembangunan Indonesia dengan adanya Tanda Kecakapan Khusus (TKK) penabung, dimana seorang pramuka dimungkinkan memiliki tanda kecakapan dengan tiga tingkatan PURWA (Beginner), MADYA (Intermediate) dan UTAMA (Advance).

“Karenanya, saya berharap Sistem Merit Badges ini dapat terus digalakkan dan ditingkatkan. Dalam hal ini saya mendorong semua anggota pramuka di Indonesia untuk menabung dengan menyimpan uang di Bank,” katanya.

Saat bicara dihadapan peserta Raimuna Nasional XXI, Purbaya mengingatkan bahwa menyimpan uang di bank itu yang paling aman, dimana uang tabungan kalian semua dijamin LPS.

“Kalau adik-adik pasti bertanya-tanya kenapa menyimpan uang di bank itu aman, karena di Indonesia ada lembaga yang menjamin tabungan masyarakat yaitu Lembaga Penjamin Simpanan atau lebih sering disebut LPS. Dengan adanya LPS maka simpanan masyarat di bank akan aman dan masyarakat merasa nyaman,” jelasnya.

Masih menurut penjelasan Purbaya, LPS mempunyai fungsi dan tugas untuk menjamin dana nasabah di Bank. Juga turut serta dalam menjaga stabilitas sistem keuangan.

Bapak Kepanduan Dunia, Baden-Powell mengatakan : A Scout is never take. By surprise, he knows exactly ehat to do when anything unexpected happens. Hal itu diartikan bahwa seorang Pramuka tidak terkejut, dia mengetahui dengan pasti apa yang harus dilakukan saat apapun yang tidak terduga terjadi.

Sedangkan Pramuka merupakan orang-orang yang sudah terlatih menghadapi krisis. Lihat saja saat pandemi COVID-19 yang lalu, Kwartir Nasional beserta seluruh jajaran ditingkat daerah, cabang hingga ranting melalui Satgas Pramuka Peduli COVID-19 telah nyata membantu Pemerintah dan masyarakat Indonesia menghadapi pandemi yang dialami oleh seluruh dunia.

“Maka dengan begitu, Pramuka telah sanggup membuktikan diri untuk bisa bertahan di masa krisis,” tutup Purbaya. © [RED/AGUS SANTOSA]

Related posts

Meski Dituding Mafia Asuransi & Cuci Otak Anaknya di Podcast, ADVOKAT ALVIN LIM Tetap Maafkan Juristo

Redaksi Posberitakota

Wujud Komitmennya, BANK DKI Kembali Sabet Penghargaan ‘Indonesia Best BUMD Award 2023’ Berkat Transformasi Digitalisasi

Redaksi Posberitakota

Umroh Bareng Ibunda Tercinta ke Mekkah, KANG WAS Ngaku Raih Keberkahan Sampai Kewalahan Tangani Event

Redaksi Posberitakota

Leave a Comment

Beranda
Terkini
Trending
Kontak
Tentang