34.3 C
Jakarta
29 April 2024 - 12:18
PosBeritaKota.com
Top News

Banyak Hadir Tokoh, HAJATAN BETAWI KE-4 TAHUN 2023 Disambut Meriah Warga & Banjir Puluhan Doorprize

KOTA BEKASI (POSBERITAKOTA) – Tak hanya mendapat respon positif dari masyarakat, pelaksanaan puncak acara ‘Hajatan Betawi ke-4 di Tahun 2023, banyak mengundang dan dihadiri tokoh-tokoh Betawi. Suasana Komplek Kampus Universitas Islam As-Syafiiah (UIA) Jatiwaringin, Pondok Gede, Kota Bekasi, Sabtu (16/9/2023) berlangsung meriah.

Momentum yang bertujuan untuk menghidupkan serta terus mengembangkan seni tradisi budaya Betawi, puncak acaranya digelar selama dua hari berturut-turut, Sabtu (16/9) dan Minggu (17/9) besok – juga dibanjiri puluhan hadiah berupa doorprize menarik bagi pengunjung yang hadir memeriahkan acara.

Dalam event yang mengusung tema ‘Membangun Jakarta Lebih Maju Kota Bermartabat‘ antara lain dihadiri tokoh-tokoh budaya Betawi. Mereka adalah Mayjen TNI (Purn) Nachrowi Ramli, Ustadz H Rusdi Saleh, Rekto Universitas Islam As Syafiiyah Dr Masduki Achmad MM, Habib Ali Alhabsi, Ketua BMKT DKI Jakarta Hj Nurfitria Farhana, Ketua Bamus Betawi 1982 Zainudin MH, Wakil Ketua MPR Hidayat Nur Wahid, Komjen Pol Boy Rafli Amar serta sejumlah tokoh Betawi lainnya.

“Moment Hajatan Betawi ke-4 ini dilaksanakan dua hari, SabtuMinggu (16-17/9/2023). Rangkaian kegiatannya sudah dimulai sejak 6 September 2023 dengan mengadakan Sunatan Massal untuk 108 anak-anak dan Donor Darah yang menjaring 103 pendonor di lingkungan Kampus 2 UIA Jatiwaringin ini,” kata Prof Dr H Dailami Firdaus SH L.LM selaku pemprakarsa acara ‘Hajatan Betawi‘ yang bakal digelar setiap tahun tersebut.

Ditambahkan Senator (Anggota DPD RI) Dapil DKI Jakarta yang juga dikenal sebagai putra dari Prof Dr Hj Tutty Alawiyah AS dan cucu ulama kharismatik Betawi KH Abdullah Syafi’ie, rangkaian acara ‘Hajatan Betawi ke-4′ juga diisi oleh talkshowObral Obrol‘ bersama sejumlah komedian (pelawak) top Ibukota. Ada Ibenk, Didin Bagito, Derry 4 Sekawan, Komeng Spontan, Bopak Castelo, Daus Mini serta banyak lagi.

Bukan hanya itu saja, ditambahkan Bang Dai (panggilan akrab Prof Dailami Firdaus, di acara ini digelar pula Festival Film Pendek Betawi. Ada 6 calon juara. Sedangkan Festival Film Pendek Betawi yang memiliki makna tentang masyarakat Betawi mengabdi kepada para orangtua, bisa dinikmati sebagai tuntunan dan tontonan yang menghibur.

“Ada juga talkshow Obral Obrol tentang Budaya Betawi. Mau dibawa ke mana setelah terbitnya UU No 3 tahun 2022 tentang IKN atau Jakarta tidak lagi menjadi Ibu Kota Negara? Makanya, kita berkewajiban mengawal terus UU ini. Kemudian mengawal UU tentang Kekhususan Jakarta. Harapannya, tentu saja agar Betawi sebagai suku inti di Jakarta, harus lebih maju lagi,” tutur Bang Dai yang maju kembali menjadi calon anggota DPD RI pada Pemilu Serentak 2024 mendatang.

Sedangkan tokoh Betawi Zainudin MH yang akrab disapa Haji Oding, mengatakan bahwa budaya Betawi sudah dipastikan masuk dalam masuk Undang- Undang tentang Kekhususan Jakarta.

“Pada Desember mendatang Undang-Undang tentang Kekhususan Jakarta akan disahkan. Kita sebagai warga Betawi, Suku Inti di Jakarta dituntut untuk lebih berperan dalam pembangunan Jakarta kedepan,” ucap Haji Oding.

Sementara itu Nahrowi Ramli ikut memberikan apresiasinya terhadap. gagasan besar dan ide dari Prof Dr H Dailami Firdaus yang bisa rutin menyelenggarakan acara ‘Hajatan Betawi‘. Jelas sebagai sebuah ide bagus untuk terus memperjuangkan Budaya Betawi tetap eksis dan terus berkembang.

“Tentunya, kita sangat mengapresiasi ide dan gagasan besar Bang Fredy dalam memperjuangkan eksistensi budaya Betawi. Kita harus solid untuk memperjuangkan budaya Betawi, juga untuk menyongsong Jakarta menjadi Kota Global, pusat ekonomi internasional,” papar mantan Ketua DPD Partai Demokrat DKI Jakarta itu, lagi.

Demi memeriahkan acara ‘Hajatan Betawi ke-4 di Tahun 2023′ ini, digelar pula bazaar dan pelayanan kesehatan bagi para pengunjung, masyarakat Betawi dari berbagai wilayah di Jabodetabek. © RED/AGUS SANTOSA

Related posts

Sebagai Capres 2024 Mendatang, ANIES BASWEDAN Ngaku Siap Fokus Emban Tugas Partai NasDem

Redaksi Posberitakota

Sambut Tahun Baru, BERSAMA DIGITAL DATA CENTRES Siap Bangun Infrastruktur untuk AI Data Center

Redaksi Posberitakota

Dikenal Sebagai Sahabat Hj Tutty Alawiyah AS, IBU NEGARA REPUBLIK ISLAM IRAN DR JAMILEH Ziarah & Silaturahmi ke Pesantren Khusus Yatim As-Syafi’iyah

Redaksi Posberitakota

1 comment

Banyak Hadir Tokoh, HAJATAN BETAWI KE-4 TAHUN 2023 Disambut Meriah Warga & Banjir Puluhan Doorprize - 25 September 2023 - 13:46 at 13:46

[…] BEKASI (POSBERITAKOTA) – Tak hanya mendapat respon positif dari masyarakat, pelaksanaan puncak acara ‘Hajatan Betawi […]

Reply

Leave a Comment

Beranda
Terkini
Trending
Kontak
Tentang