PosBeritaKota.com
Top News

Puncak Acara ‘Hajatan Betawi ke-4’, PENTAS LENONG PASKI & FAANK WALI BAND Ikut Hadir Menghibur Pengunjung

KOTA BEKASI (POSBERITAKOTA) – Puncak acara ‘Hajatan Betawi ke-4′ yang digelar Sabtu (17/9/2023) malam di lingkungan Kampus Universitas Islam As-Syafiiyah (UIA) Jalan Jatiwaringin Raya, Pondok Gede, Kota Bekasi, setidaknya mampu mengaktualisasikan terhadap beragam seni tradisional dan kekhasan kaum Betawi yang tetap eksis ditengah modernitas zaman kekinian. 

Selaku penggagas acara hingga bisa konsisten menggelar ‘Hajatan Betawi‘ untuk yang keempat kalinya, Prof Dr H Dailami Firdaus SH LL.M, menegaskan tekad dan impiannya agar kaum Betawi dengan segala kekayaan seni budaya tradisi dan karakterisasi kekhasan masyarakatnya, tak boleh lekang di makan zaman. 

“Apa yang kami lakukan ini, tentu dengan dukungan dan apresiasi semua pihak, justru ingin kaum  Betawi dengan lintas generasi tetap mencintai terhadap kekayaan seni budaya tradisi. Dan, semua itu bisa diupdate dengan era atau gaya kekinian, dimana generasi muda bisa terus mencintai, melestarikan serta terus mengembangkan seni budaya Betawi itu sendiri,” tegasnya. 

Dalam berbagai kesempatan ngobrol santai dengan POSBERITAKOTA di lokasi acara, sosok Bang Dai – begitulah panggilan karib dari Senator (Anggota DPD RI) DKI Jakarta, tak bisa sekadar dibilang gigih dalam upaya memajukan, terus memperkenalkan seni budaya Betawi kepada masyarakat Jakarta atau khususnya kepada generasi muda kaum Betawi. Tapi, pengorbanannya begitu besar. Baik itu soal waktu, tenaga dan pikiran maupun tak sungkan-sungkan merangkul semua elemen masyarakat. 

Termasuk artis komedian (pelawak-red), dimana Bang Dai duduk sebagai pembina dalam wadah Persatuan Seniman Komedi Indonesia (PaSKI). Dari para anggotanya, tak sedikit yang berdarah Betawi asli, sehingga tak sulit pula untuk melibatkan mereka dalam perhelatan ‘Hajatan Betawi’ untuk setiap tahunnya. Dan, hal tersebut menjadi ‘kekuatan‘ tersendiri, dimana kultur budaya Betawi bakal tetap hidup ditengah masyarakat modern. 

Dalam puncak acara ‘Hajatan Betawi ke-4′ di tahun 2023 ini, Bang Dai pun tersupport oleh pementasan spesial Lenong PaSKI. Sosok-sosok seniman komedi (pelawak-red) yang masih tetap pupuler di masyarakat, ikut ambil bagian dalam pementasan tersebut. Sebut saja ada Deddy ‘Miing’ Gumelar, Didin Bagito, Derry 4 Sekawan, Jarwo Kwat (di antara ketiganya pernah jadi Ketum PaSKI). 

Selebihnya, ada pula deretan komedian hebat lain. Yang di antaranya : Oppie Kumis, Tatty Cuek, Ibenk, Rudy Sipit, Mamo Diamor, Faqih, Arifin Kuncir dan Bopak Castello. Termasuk komedian lain yang memberikan support untuk setiap tahunnya digelar acara ‘Hajatan Betawi’. Mereka ada H Nurul Qomar, Komeng Spontan, Eman dan Ginanjar 4 Sekawan, Daus Mini, Joko Dewo serta banyak lagi. 

Saat pementasan Lenong PaSKI begitu meriah mendapat sambutan hangat dari warga masyarakat yang hadir. Sebab, sebelumnya maupun jelang pementasan diselingi pembagian hadiah (doorprize) menarik dari pihak panitia Hajatan Betawi ke-4. Namun dari seluruh rangkaian acara, tak kalah menarik adalah arena bazaar makanan, minuman khas Betawi maupun pakaian atau busana Muslim. 

Makanan khas seperti asinan dan dodol Betawi, soto dan mie Laksa Betawi – mengundang para pengunjung untuk mencicipi. Arena pameran berikut pelayanan tes kesehatan secara gratis, begitu dibanjiri penonton. Bahkan, selama  2 hari penyelengaraan acara puncak, Sabtu dan Minggu (16-17 September) diperkirakan mencapai ribuan warga masyarakat yang hadir.

Materi acara lain seperti Obral Obrol bersama para komedian, Pemilihan Abang None Hajatan Betawi ke-4 serta sejumlah lomba yang menarik perhatian. Namun di acara penutupan, dibikin heboh oleh penampilan Lenong PaSKI dan salah satu artis papan atas Indonesia, Faank dari Wali Band. Penonton atau warga yang hadir dibuat tak bergeming hingga acara selesai. © RED/AGUS SANTOSA

Related posts

Dadakan ‘Obok-obok’ Gedung Kebon Sirih, KETUA DPRD DKI PRASETYO EDI MARSUDI Dukung KPK Melakukan Proses Penyelidikan

Redaksi Posberitakota

Gelar Ajang ‘ASEAN Food Festival 2023’, PEMPROV DKI & BAZNAS BAZIS Perkenalkan Makanan Tradisional ke Negara Asia Tenggara

Redaksi Posberitakota

Bisa jadi Wasilah, PROF DR H DAILAMI FIRDAUS SH LLM Terbitkan Buku ‘Berkhidmat untuk Umat & Bangsa’

Redaksi Posberitakota

1 comment

Puncak Acara ‘Hajatan Betawi ke-4’, PENTAS LENONG PASKI & FAANK WALI BAND Ikut Hadir Menghibur Pengunjung - 25 September 2023 - 14:06 at 14:06

[…] BEKASI (POSBERITAKOTA) – Puncak acara ‘Hajatan Betawi ke-4′ yang digelar Sabtu (17/9/2023) malam di lingkungan […]

Reply

Leave a Comment

Beranda
Terkini
Trending
Kontak
Tentang