PosBeritaKota.com
Sport

Di GR Pulogadung, PEKAN PARALIMPIK DKI JAKARTA 2023 Dibuka & Diikuti 307 Atlet Penyandang Disabilitas

JAKARTA (POSBERITAKOTA) – Bertempat di Gelanggang Remaja (GR) Kecamatan Pulogadung, Jakarta Timur, kompetisi olahraga ‘Pekan Paralimpik DKI Jakarta Tahun 2023’ resmi dibuka, Selasa (19/9/2023). Ajang tersebut juga diikuti oleh 307 atlet penyandang Disabilitas.

Sedangkan kompetisi olahraga bagi penyandang Disabilitas tersebut, dibuka oleh Kepala Bidang Pembudayaan Olahraga Dispora DKI Jakarta, Tedi Cahyono. Bertindak mewakili Kadispora Andri Yansyah yang berhalangan hadir karena faktor kesehatan.

Disebutkan Tedi Cahyono secara rinci bahwa untuk kontingen Jakarta Pusat mengirim 74 atlet, Jakarta Utara sebanyak 40 atlet, Jakarta Barat melibatkan 45 atlet, Jakarta Timur menyertakan 78 atlet dan Jakarta Selatan mencapai 78 atlet.

“Sedangkan dalam Paralimpik DKI Jakarta di tahun 2023 ini, terdapat empat cabang olahraga (Cabor) yang dipertandingkan. Antara lain melihat cabang atletik, bulutangkis, renang serta tenis meja,” katanya.

Menurut Tedi Cahyono lebih lanjut untuk Cabor atletik ada 40 nomor pertandingan. Untuk bulutangkis dan tenis meja masing-masing 10 nomor pertandingan serta renang 26 pertandingan. Total ada 70 set medali diperebutkan.

Ditambahkan bahwa Pekan Paralimpik DKI Jakarta Tahun 2023 mengusung tema ‘Hambatan Bukan Halangan untuk Meraih Prestasi‘. Namun untuk pembinaan olahraga bagi penyandang Disabilitas telah tercantum dalam Kegiatan Strategis Daerah (KSD) Provinsi DKI Jakarta Tahun 2021-2023.

“Melalui kegiatan ini diyakini dapat bermanfaat memberikan kesempatan kepada penyandang Disabilitas untuk berprestasi, meningkatkan kebugaran, rasa percaya diri serta menambah gairah hidup,” ucapnya.

Ditambahkan Tedi Cahyono, terkait pelaksanaan ‘Pekan Paralimpik Provinsi DKI Jakarta Tahun 2023′ berlangsung mulai 19-21 September mendatang.

“Totalnya ada 307 atlet penyandang Disabilitas dari 5 Kota DKI Jakarta ikut dalam kompetisi olahraga ini dan mereka didampingi sebanyak 98 ofisial,” urainya.

Dikatakan bahwa melalui ‘Pekan Paralimpik DKI Jakarta‘, juga menjadi ajang monitoring atlet-atlet potensial untuk Peparnas Tahun 2024 di Aceh dan Sumatera Utara.

“Harapannya, tentu saja agar prestasi Jakarta di ajang Peparnas nanti, bisa lebih baik dibandingkan tahun sebelumnya. Malah, kita memancang target, setidaknya bisa masuk tiga besar,” tutupnya. © RED/AGUS SANTOSA

Related posts

Santer Dikaitkan dengan Madrid, HAZARD Justru Sudah Dipantau Sejak Lama

Redaksi Posberitakota

Di Sirnas Djarum 2019 Palembang, PB EXIST JAKARTA Borong 8 Gelar Juara

Redaksi Posberitakota

Selain Bar, LUIS SUAREZ Jajal Usaha Kuliner di Chalito Barcelona

Redaksi Posberitakota

Leave a Comment

Beranda
Terkini
Trending
Kontak
Tentang