26.7 C
Jakarta
2 December 2023 - 06:39
PosBeritaKota.com
Daerah

Bertempat di Pendopo Kabupaten, DPC HKTI Cianjur Gelar Bazar Pangan Murah Hasil dari Petani Binaan

CIANJUR (POSBERITAKOTA) – Bazar pangan murah yang merupakan hasil dari para petani binaan, digelar oleh Dewan Pengurus Cabang Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (DPC HKTI) Kabupaten Cianjur, bertempat di Pendopo Kabupaten Cianjur, Selasa-Rabu (26-27/09/2023). Kegiatan itu digelar juga untuk memeriahkan Hari Tani Nasional.

Dikatakan Ketua DPD HKTI Kabupaten Cianjur, Kusnadi S.Pd SP MP bersama tagline maju, mandiri dan modern, pihaknya di acara gelar bazar makan murah tersebut menampilkan beragam produk seperti sayuran, olahan pangan dan bibit pohon.

“Dalam hal ini, peran generasi muda penerus estapet petani, perlu dukungan dan motivasi dari pemerintah dan pengusaha yang bergelut dalam pertanian untuk menjadi opteker hasil tani anak muda,” tutur Kusnadi dalam keterangan tertulis yang diterima POSBERITAKOTA, Rabu (27/9/2023).

Dalam kesempatan kunjungannya di acara tersebut, Pj Gubernur Jawa Barat (Jabar) Bey Machmudin, melihat stand-stand bazar pangan murah dan selanjutnya membagikan beras ke warga yang datang ke bazar pangan murah tersebut.

Bahkan, Bey memastikan stok beras di Jawa Barat cukup hingga akhir tahun. Ia juga memprediksi musim hujan akan turun di bulan November. “Saya melihat harga-harga pangan stabil utamanya beras dan tadi juga saya tanya Alhamdulillah banyak yang beli jadi dari Bulog tadi dari satu setengah ton mereka bawa sekarang tinggal 20 atau 25 kilogram lagi kantong jad artinya gelar pangan murah ini juga berhasil,” tuturnya.

Ditambahkan Bey bahwa produk yang dijual tidak hanya dari Bulog, tapi juga ada produk dari masyarakat dengan harga murah seperti telur dengan kisaran Rp 25 ribu perkilogramnya. “Kalau di pasar umum tradisional, mungkin harganya masih sekitar Rp 27-28 ribu,” jelasnya, lagi.

Menurut Bey lagi bahwa harga beras saat ini relatif stabil hal tersebut mengacu bahwa cadangan beras di Jawa Barat akan aman sampai akhir tahun. “Harga beras masih stabil di angka Rp 12 ribu sampai dengan Rp 13 ribu,” ucap dia.

Sementara itu Bupati Cianjur H Herman Suherman, mengatakan bahwa momen peringatan Hari Tani Nasional ini Pemkab Cianjur juga menyiapkan harga pangan murah, selain beras ada sayuran dan kebutuhan pokok lainnya.

“Kegiatan ini diadakan dalam rangka program ketahanan pangan ini, Pemkab Cianjur juga menyediakan bazar murah mulai dari beras hingga sayuran dan kebutuhan lainnya tersedia,” ujar Herman.

Ditegaskan bahwa Pemkab Cianjur juga memiliki program peningkatan produksi beras salah satunya dengan cara meningkatkan produktivitas lahan pertanian dalam satu tahun sebesar 200 hektare. “Untuk di tahun ini merupakan tahun ke dua, jadi progresnya sudah berjalan. Selain itu penghasilan produksi gabah pun surplus,” urainya.

Herman juga memaparkan bahwa untuk meningkatkan produksi hasil pertanian tentunya dengan berbagai cara dan aturan yang baik dan benar. “Sedangkan salah satu contoh, ketika lahan sawah ini ditanami padi juga bisa diselipkan dengan menanam ikan sehingga akan menambah penghasilan,” pungkasnya. © RED/REL/AGUS SANTOSA

Related posts

WARGA LUMAJANG JATIM MULAI PANIK, GUNUNG SEMERU ALAMI ERUPSI & MEMUNTAHKAN AWAN PANAS

Redaksi Posberitakota

Wakapolda Kaltara, BRIGJEN POL KASMUDI SIK Menyapa Santri Pesantren Al Khairat melalui ‘Jumat Curhat’

Redaksi Posberitakota

Baru Seorang Daftar & Penuhi Syarat, BURSA KETUA PWI Indramayu 2023-2026 Ternyata Kurang Diminati

Redaksi Posberitakota

Leave a Comment

Beranda
Terkini
Trending
Kontak
Tentang