Demi Optimalkan di Lingkungan Pemprov DKI, 40 ORMAS Ikut Bimtek Pengelolaan Arsip Tahun 2023

JAKARTA (POSBERITAKOTA) – Bimbingan teknis (Bimtek) bertajuk ‘Pembinaan Kearsipan Organisasi Kemasyarakatan (Ormas) dalam Mengoptimalkan Pengelolaan Arsip di Lingkungan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta Tahun 2023‘ digelar Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispusip) DKI Jakarta, Rabu (27/9/2023).

Dikatakan Kepala Dispusip DKI Jakarta, Firmansyah, kegiatan ini diikuti pengurus dari 40 Ormas yang ada di Jakarta. Sedangkan tujuannya untuk menyampaikan pentingnya pengelolaan arsip. Terlebih, hal ini juga tercantum dalam beleid Undang Undang Nomor 43 Tahun 2009 tentang Kearsipan.

“Untuk Ormas yang kami undang antara lain NU, Muhammadiyah, PMI, FBR, Forkabi, PITI dan Bamus Betawi. Kami menginformasikan pentingnya arsip bagi kehidupan berbangsa dan bernegara,” tegasnya, Rabu (27/9/2023).

Menurut Firmansyah bahwa tanpa arsip yang baik, historical suatu organisasi bisa terputus atau hilang. Terlebih, Ormas ini juga pasti punya kontribusi dan kiprah dalam pembangunan di Jakarta.

“Karena itulah, kita merasa perlu menyosialisaikan pentingnya Arsip ini agar bisa dikelola secara lebih tertib, tertata rapi dan baik sebagai bukti otentik dari sejarah masing-masing ormas. Ini harus kita himpun sebagai memori kolektif,” paparnya.

Ditambahkan Firmansyah setiap Ormas sudah semestinya memiliki pengelolaan arsip secara baik dengan dukungan sarana dan prasarana yang optimal. “Saya mendorong agar Ormas-Ormas ini di kantor sekretariatnya memiliki ruang Arsip meskipun kecil atau sesuai kebutuhan,” katanya.

Terkait adanya tempat khusus sangat penting untuk melindungi arsip itu sendiri. Kalau saat diperlukan atau dicari itu nanti, juga akan jadi mudah ditemukan.

Tentang arsip yang dikelola secara baik, imbuh Firmansyah, akan menjadi sumber literasi yang penting bagi generasi berikutnya. Mulai dari sejarah organisasi, perkembangan hingga kepemimpinan dan kiprah dari organisasi.

“Melalui literasi yang ada ini bisa menjadi rujukan kebijakan-kebijakan organisasi selanjutnya dari penerus kepengurusan organisasi berikutnya,” kata Firmansyah.

Sedangkan Wakil Sekjen Forum Betawi Rempug, Ibrahim, mengatakan bahwa kegiatan ini menjadi terobosan yang dilakukan Dispusip DKI Jakarta untuk menyampaikan pentingnya pengelolaan arsip kepada Ormas.

“Selain diberikan materi pengelolaan arsip, kami juga diajak mengunjungi ruangan Depo Arsip yang ada di Kantor Dispusip. Kegiatan ini sangat bermanfaat dan semakin membuka wawasan kami terkait pentingnya pengelolaan arsip,” ujar Bram, sapaan akrabnya.

Masih kata Bram soal apresiasi dan terima kasih dengan adanya kegiatan pembinaan kearsipan yang diinisiasi Dispusip DKI Jakarta. “Tadi kita juga mempelajari terkait digitalisasi arsip. Kegiatan ini sangat mencerahkan, terima masih Pak Firmansyah selaku Kadispusip DKI Jakarta beserta jajaran yang sudah mengingatkan dan memberi pengetahuan pentingnya pengarsipan,” ucapnya. © RED/AGUS SANTOSA

Related posts

Gandeng TNI/Polri, DISHUB DKI JAKARTA Bersama Satpol PP Tertibkan Parkir & Jukir Liar

Launching Aplikasi SI-GAYA, DISBUD DKI Support Pengembangan Seni & Budaya di Jakarta

Saat Bahas RKPD 2025, KOMISI B DPRD DKI Wanti-wanti Gejolak Harga Pangan Jangan Sampai Terulang