29.2 C
Jakarta
29 April 2024 - 09:35
PosBeritaKota.com
Syiar

Saat Khutbah Jumat, NABIEL AL-MUSAWA Bahas 5 Akhlak Luar Biasa dari Rasulullah SAW yang Patut untuk Diteladani Kita Semua

JAKARTA (POSBERITAKOTA) – Selaku khatib sholat Jumat di Masjid Istiqlal Jakarta, Ir Nabiel Al-Musawa M.Si dalam khutbahnya berpesan agar kita semua menjaga taqwa kita kepada Allah subhanahu wata’ala. Sebab, mereka yang berbahagia di dunia dan di akhirat, hanyalah mereka yang bertaqwa.

Dalam Al-Qur’an surah Al-Ahzab ayat ke-21, Allah subhanahu wata’ala memerintahkan kita agar mengikuti Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam, jika kita ingin mencari teladan terbaik demi mencapai ketaqwaan kepada Allah subhanahu wata’ala.

“Lalu apa saja akhlaq dan perilaku Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wasallam tersebut, sehingga beliau shallallahu ‘alaihi wasallam dipuji dan dijadikan referensi tertinggi oleh Allah subhanahu wata’ala dalam ayat di atas?” Demikian ungkap Nabiel Al-Musawa.

Dalam khutbahnya tersebut, Nabiel Al-Musawa mengutip 5 (lima) akhlaq luar biasa dari Sayyidina Muhammad shallallahu ‘alaihi wasallam yang bisa diikuti agar kita bisa menjadi ummat teladan (khairu ummat) dan ummat yang adil dan pertengahan (wasatha), yaitu diantaranya sebagai berikut:

Pertama : Kesabaran Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wasallam.

Hampir semua ujian yang pernah dialami ummatnya, pernah dialami oleh Sayyidina Muhammad shallallahu ‘alaihi wasallam. Sejak dalam kandungan beliau Yatim (3 bulan dalam kandungan), lalu lahir dirawat oleh ibu susunya Halima Tsuwaibah/Tsuwaibah.

Setelah usia 5 tahun pulang ke ibu kandungnya, lanjut wafat ibunya (usia beliau 6 tahun), dirawat oleh kakeknya (usia beliau 8 tahun), lalu ikut dengan dan disaat sedang sangat membutuhkan paman, makawafatlah paman dan istrinya. Tidak sampai di situ, wafat pula anak laki-lakinya.

Kedua : Kasih Sayang Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wasallam.

Beliau shallallahu ‘alaihi wasallam dikenal paling penyayang lebih dari kasih sayang ibu kepada anaknya, dalam satu kesempatan beliau melihat ibu sedang menggendong bayinya. Pembantu beliau Sayyidina Anas radhiallahu anhu bahkan selama 20 tahun tak pernah dimarahi (HR. Muslim dari Anas radhiallahu anhu).

Pernah juga beliau semalaman mengulang-ngulang (QS. al-Maidah ayat 118) sambil tahajjud dan menangis. Beliau pun pernah diberikan doa yang tidak ditolak, malah beliau simpan buat ummatnya di Hari Kiamat nanti.

Ketiga : Penyantun dan Rendah Hatinya Nabi Muhammad shallalau ‘alaihi wasallam.

Beliau pernah berboncengan dengan Sayyidina Mu’adz radhiallahu anhu (HR. Bukhari). Posisi duduk beliau saat Fathu Makkah. Kisah masuk Islamnya Sayyidina Adi bin Hatim radhiallahu anhu. Bukan hanya itu, beliau juga saat berjumpa selalu salam duluan, mengulurkan tangan duluan, dan terakhir melepas (HR. Abu Nu’aim dalam Dala’ilun Nubuwwah dari Anas radhiallahu anhu); Beliau juga tidak pernah menoleh (dari Amr bin Ash radhiallahu anhu); wajahnya pun lebih banyak melihat ke bawah.

Keempat : Dzikirnya

Istighfarnya setiap hari sebanyak 70 – 100 kali (HR. Muslim). Al-Qur’annya: Minta Ibnu Mas’ud radhiallahu anhu yang tilawah (HR Bukhari). Tadabburnya : Beruban karena surah Hud dkk (HR Tirmidzi, shahih).

Kelima : Shalatnya

Suara tangisnya mendesis saat shalat berjama’ah;
يصلي بنا وفي صدره أزيز كأزيز المرجل من البكاء
(HR. Abu Daud, Tirmidzi, Nasa’i, shahih).

Tahajjudnya: (HR. Muslim dari Hudzaifah radhiallahu anhu).
Aisyah radhiallahu anha di malam hari :
أفلا أكون عبدا شكورا
(HR. Bukhari dan Muslim dari Aisyah radhiallahu anha)

Hal inipun menular ke sahabat Abubakar, Umar, Utsman dan
Ali radhiallahu anhuma.


“Begitulah beberapa sifat yang luar biasa yang perlu kita teladani dalam kehidupan kita. Sungguh tiadalah seorang yang makin mengenal sifat-sifat Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wasallam pasti akan makin mencintainya,” tutup khutbah Ir Nabiel Musawa M.Si © RED/AGUS SANTOSA

Related posts

Melalui Kajian Program Hikmah di Istiqlal, H. AHMAD MULYADI SE.I Bicara Hakekat ‘Manusia yang Luhur’

Redaksi Posberitakota

Khotbah di Masjid Jami Al-Ikhlas RW 025 VGH Bekasi, USTADZ FITRIAN NABIL Sebut Sholat Ied Merupakan Manifestasi Ketaqwaan Kita

Redaksi Posberitakota

Goresan Imam Besar Masjid Istiqlal Jakarta, DAMPAK KHALIFAH Over-Masculine

Redaksi Posberitakota

Leave a Comment

Beranda
Terkini
Trending
Kontak
Tentang