PosBeritaKota.com
Megapolitan

Kehadiran Reservoir Komunal Waduk Pluit, WA ODE HERLINA Berharap Bisa Atasi Krisis Air Bersih di Jakarta Utara

JAKARTA (POSBERITAKOTA) – Kehadiran penampungan air atau Reservoir Komunal Waduk Pluit yang berlokasi di Rumah Susun (Rusun) Waduk Pluit, Penjaringan, Jakarta Utara milik Perumda PAM Jaya, diharapkan mampu mengatasi krisis air seperti yang dikeluhkan oleh masyarakat sekitar selama ini.

Harapan tersebut diutarakan Sekretaris Komisi B DPRD DKI Jakarta, Wa Ode Herlina, seusai ikut menghadiri peresmian penampungan air atau Reservoir Komunal Waduk Pluit yang berlokasi di Rumah Susun (Rusun) Waduk Pluit, Penjaringan, Jakarta Utara milik Perumda PAM Jaya, bersama Pj Gubernur DKI Heru Budi Hartono dan Dirut PAM Jaya Arief Nasrudin.

Dikatakan Wa Ode Herlina bahwa pembangunan Reservoir Komunal yang memakan biaya Rp 41 miliar tersebut, diyakini mampu memenuhi kebutuhan air bersih warga di wilayah Jakarta Utara yang selama ini mengalami krisis air bersih dan menyebabkan tingginya resiko penyebaran penyakit diare, kolera, disentri, polio hingga stunting pada anak.

“Tentunya dengan teknologi yang tidak murah, karena buat rakyat itu tidak boleh dihitung-hitung berapa pun biayanya untuk kepentingan masyarakat harus diutamakan dan menurut saya itu keren,” ucap Wa Ode Herlina yang ditemui di lokasi acara, Rabu (4/10/2023).

Pada sisi lain, iaa juga meminta Perumda PAM Jaya terus memperluas program pembangunan Reservoir Komunal di sejumlah lokasi, sehingga seluruh lapisan masyarakat dapat menikmati air bersih dan tidak mengalami krisis lagi. “Iya, mudah-mudahan saja itu bisa dibuat ditempat yang lain, sehingga cepat tertuntaskan masalah air bersih khususnya di Jakarta,” katanya.

Sementara itu Direktur Utama Perumda PAM Jaya, Arief Nasruddin mengatakan bahwa anggaran Rp 41 miliar ini untuk membangun 4 Reservoir Komunal dan satu Instalasi Pengolahan Air (IPA) Portable untuk memberikan pelayanan kepada 7.741 pelanggan dengan harapan dapat meningkatkan pelayanan ketersediaan air bersih hingga ke seluruh wilayah DKI Jakarta serta sebagai salah satu upaya mewujudkan 100% cakupan pelayanan air perpipaan pada tahun 2030 mendatang.

Arief Nasrudin juga menjelaskan sebelumnya Perumda PAM Jaya telah membuat dua reservoir komunal di Marunda Kepu pada Desember 2022 dan di Duri Kosambi pada Juni 2023 lalu.

“Untuk total Reservoir Komunal yang dibangun oleh PAM Jaya saat ini adalah 6 Reservoir Komunal. Masing-masing di Waduk Pluit Jakarta Utara, Cilincing Jakarta Utara, Marunda Jakarta Utara, Tamansari Jakarta Barat, Marunda Kepu Jakarta Utara serta Duri Kosambi Jakarta Barat,” pungkas Arief. © [RED/AGUS SANTOSA]

Related posts

Demi Wujudkan Kota Cerdas, PEMPROV DKI Bikin MoU Bersama 8 Perusahaan Startup

Redaksi Posberitakota

Dinilai Berhasil Kelola Wisata, DKI JAKARTA Terima Rombongan Wakil Rakyat Sumsel

Redaksi Posberitakota

Dalam Setiap Harinya, PEMPROV DKI Pancang Target 5000 Pengunjung Datang ke Jakarta Fair Kemayoran 2023

Redaksi Posberitakota

Leave a Comment

Beranda
Terkini
Trending
Kontak
Tentang