Menteri NasDem ‘SYL’ Tersangka Korupsi, SURYA PALOH : “Justru Bikin AMIN Meraih Empati dari Publik”

JAKARTA (POSBERITAKOTA) – Ada efek domino dari kasus yang menimpa Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo (SYL) yang telah ditetapkan tersangka oleh lembaga anti rasuah (KPK) malah positif.

Penilaian itu diungkapkan langsung Ketua Umum Partai NasDem, Surya Paloh, saat konperensi pers di NasDem Tower, Jakarta Pusat, Kamis (5/10/2023). Disebutkan karena ada persoalan itu, justru duet pasangan Capres/Cawapres Anies Baswedan – Muhaimin Iskandar (AMIN), meraih simpatik publik (masyarakat luas).

“Pastilah ada pengaruhnya terhadap elektabilitas partai dan juga AMIN pasangan yang didukung oleh NasDem, Bung Anies dan Bung Muhaimin Iskandar pasti ada. Tapi sejauh mana pengaruh ini, ketika masyarakat yang juga masih harapan dan keinginan, upaya-upaya misi baru gerakan perubahan ini harus berjalan sebagaimana diharapkan,” kata Surya Paloh pada wartawan di NasDem Tower, Jakarta Pusat, Kamis (5/10/2023).

Karena itu pula, pemilik Metro TV dan Media Indonesia sangat yakin, salah-salah bukan memberikan efek negatif. Sebaliknya, barangkali justru mendapat sesuatu empati kalau dilihat pendekatannya ini secara terus, dimana salahnya dan sebagainya.

Surya Paloh pun terus mewanti-wanti agar masalahnya tersebut diserahkan kepada pihak yang berwajib. “Namun sampai saat ini, harus saya katakan kita berikan kesempatan dan penghormatan kita kepada aparat penegak hukum, yang akan berproses nantinya mungkin kepada pengadilan, hingga menjadi 1 hukuman tetap,” tambahnya.

Meskipun sebelumnya, ia juga telah menerima laporan dari Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo atau SYL yang dikabarkan menjadi tersangka di KPK. Surya Paloh telah meminta SYL menghadap Presiden Jokowi untuk mengajukan pengunduran diri.

“Saya sudah menerima laporan daripada Bung Syahrul. Atas nama DPP saya menyatakan segera menghadap presiden. Sampaikan surat pengunduran diri sebagai Menteri Pertanian,” jelas Surya Paloh.

Bukan tanpa alasan Surya Paloh meminta SYL mundur dari Mentan. Bahkan berharap SYL bisa fokus menghadapi penyidikan terhadapnya. “Tentunya agar apa, agar sekali lagi memberikan penghormatan terhadap upaya penyidikan yang sedang berlangsung terhadap dirinya agar dia penuh konsentrasi,” ucapnya. © [RED/THONIE AG/EDITOR : GOES]

Related posts

Kuat Dugaan Pakai Narkoba, EPY ‘KANG MUS’ KUSNANDAR Digelandang ke Polres Jakbar

Diduga Lahan Miliknya Diserobot, RATUSAN AHLI WARIS Minta PN Tangerang Segera Putuskan Perkara Sengketa Tanah

Lulus & IPK-nya 3.94, DARMAWAN YUSUF Raih Gelar Doktor dengan Predikat Cumlaude dari Universitas Sumatera Utara