27.8 C
Jakarta
29 April 2024 - 05:07
PosBeritaKota.com
Daerah

Berdasarkan pantauan POSBERITAKOTA, ASAP TEBAL di Jalan Pantura Indramayu Ganggu Para Pemakai Kendaraan

INDRAMAYU (POSBERITAKOTA) – Kepulan asap tebal cukup mengganggu jarak pandang pengendara kendaraan bermotor tatkala melintasi wilayah Desa Kiajaran Kulon, Kecamatan Lohbener, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat, Kamis (12/10/2023) siang.

Berdasarkan pemantauan POSBERITAKOTA, Kamis (12/10/2023) sekitar pukul 10.50 WIB, kabut asap tampak memenuhi jalur Pantura, tepatnya di Desa Kiajaran Kulon, Kec. Lohbener, Kab. Indramayu, Jawa Barat.

Dampaknya bisa mengganggu penglihatan pengendara mobil maupun motor. Saat bergerak melintasi kabut asap itu, pengendara terpaksa menurunkan kecepatan lebih rendah. Sebab, kabut asap itu mengurangi jarak pandang pengendara juga terkadang membuat mata pedih.

“Lumayan mengganggu perjalanan dengan adanya kabut asap itu. Jarak pandang terhalang asap putih yang terkadang pedih di mata,” ujar Slamet, 48 salah seorang pengemudi truk dihubungi PosBeritaKota.com saat beristirahat di Kecamatan Losarang, usai melewati kabut asap.

Setelah diamati, munculnya kabut asap tebal itu ternyata berasal dari pembakaran jerami. Rupanya, beberapa orang sehabis memanen padi di sawah berupaya memusnahkan limbah jerami yang kondisinya cukup banyak sehingga cenderung menumpuk.

Jika dibiarkan, limbah jerami itu bisa mengganggu operator traktor saat membajak sawah awal musim tanam rendeng atau musim penghujan. Hendak dipindah ke tempat lain memerlukan biaya atau tenaga. Akhirnya cara sederhana walaupun beresiko pun ditempuh. Tumpukan jerami itu diputuskan dibakar.

“Tidak ada pilihan lain, kecuali membakar jerami itu supaya tidak mengotori hamparan sawah yang akan dioleh pada musim tanam rendeng nanti,” ujar Mang War, 52 dijumpai di sekitar lokasi pembakaran.

Ironisnya, pembakaran limbah jerami itu tidak dilakukan pada satu titik saja. Terdapat beberapa titik pembakaran jerami. Hal itu membuat kepulan asap dari jerami yang dibakar cukup tebal. Ditopang hembusan angin yang cukup kencang menjadikan asap tebal tadi dengan cepat menyebar ke mana-mana mengikuti arah angin.

“Terbangnya asap tebal itu sulit dikendalikan. Pastinya, asap tebal itu bergerak liar mengikuti kemana arah angin berhembus,” ujar Toto, 61 pengendara sepeda motor. © [RED/TARYANI/EDITOR : GOES]

Related posts

Demi Membangun Komunikasi Dua Arah, KAPOLDA KALTARA Gelar ‘Jumat Curhat’ Bersama Warga & Perwakilan Perbankan

Redaksi Posberitakota

Di Ajang Pocari Sweat Run Indonesia 2023, RIDWAN KAMIL Lepas 27.000 Pelari dari Gedung Sate

Redaksi Posberitakota

Bakal Jadi Ikon Kota Bandung, MASJID RAYA AL JABBAR Diresmikan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil

Redaksi Posberitakota

Leave a Comment

Beranda
Terkini
Trending
Kontak
Tentang