PosBeritaKota.com
Business

Partisipasi Program ‘SiCantik’, BANK DKI Support Literasi Keuangan Syariah Melalui Digitalisasi

JAKARTA (POSBERITAKOTA) – Dalam program yang diselenggarakan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) bertajuk ‘Sahabat Ibu Cakap Literasi Keuangan Syariah‘ (SiCANTIKS), Bank DKI melalui Unit Usaha Syariah ikut berpartisipasi, Selasa (11/10/2023) pekan lalu di Jakarta.

Sedangkan hadirnya program itu sendiri merupakan bagian dari upaya meningkatkan literasi keuangan syariah. Tentu saja dengan mengoptimalkan peran ibu sebagai duta literasi keuangan syariah, yakni melalui pelatihan literasi keuangan secara berkelanjutan, berbasis komunitas.

Pada kesempatan tersebut, Bank DKI turut memberikan edukasi mengenai literasi keuangan syariah dengan mengenalkan berbagai produk keuangan digital syariah dalam acara talkshow dengan tema ‘Digitalisasi Keuangan Syariah‘. Acaranya Semakin meriah, karena Bank DKI juga memberikan Tabungan Haji dan Umroh (Taharoh) kepada 5 (lima) orang Duta Literasi OJK dan voucher potongan umroh jutaan rupiah kepada sejumlah peserta seminar.

Menurut Kepala Eksekutif Pengawas Perilaku Pelaku Usaha Jasa Keuangan, Edukasi dan Pelindungan Konsumen OJK, Friderica Widyasari Dewi, hadirnya Program SiCANTIKS, diharapkan dapat meningkatkan literasi mencakup pengetahuan terkait produk keuangan syariah serta perencanaan dan manajemen keuangan keluarga.

“Termasuk memberdayakan ibu-ibu sebagai agen edukasi yang dapat berbagi pengetahuan kepada masyarakat yang lebih luas, serta mendorong ibu-ibu untuk turut memanfaatkan produk dan layanan keuangan syariah sebagai upaya dalam meningkatkan inklusi,” terang Friderica, menambahkan.

Hal senada juga dikatakan Direktur Teknologi & Operasional merangkap Pelaksana Tugas (Plt) Direktur Utama Bank DKI, Amirul Wicaksono, seperti melalui keterangan resminya yang diterima Redaksi POSBERITAKOTA, Selasa (17/10/2023).

“Partisipasi dalam program SiCANTIKS OJK merupakan bukti nyata dari komitmen Kami untuk mendukung perkembangan literasi keuangan syariah di Indonesia. Bank DKI Syariah berharap dapat berkontribusi signifikan dalam peningkatan literasi keuangan syariah dan pemahaman masyarakat tentang keuangan yang sesuai dengan prinsip-prinsip syariah.” ujar Amirul.

Untuk tambahan informasi, Bank DKI telah mengimplementasikan Dual Banking Leverage Model (DBLM) sebagai solusi layanan perbankan kepada nasabah yang menghendaki pilihan produk dan layanan syariah. Di antaranya adalah pembukaan rekening tabungan, giro, deposito dan bahkan pembiayaan skema syariah seperti KUR, pembiayaan investasi, modal kerja, ritel dan mikro serta Konsumer iB, dapat dilakukan di seluruh Kantor Cabang Bank DKI.

Sementara itu Sekretaris Perusahaan Bank DKI, Arie Rinaldi, ikut menambahkan bahwa Bank DKI melalui Unit Usaha Syariah berkomitmen untuk terus mendukung upaya OJK dalam meningkatkan literasi keuangan syariah di Indonesia. “Terlebih lagi saat ini akses layanan perbankan khususnya berbasis syariah yang semakin mudah melalui pendekatan digitalisasi,” imbuh Arie.

Oleh karenanya khusus kepada nasabah Syariah, Bank DKI juga memberikan kemudahan berbagai layanan perbankan melalui super apps JakOne Mobile, dengan ragam fitur mulai dari pembukaan rekening tabungan dan deposito secara elektronik, transfer, pembayaran berbagai tagihan, termasuk pajak dan retribusi, scan QRIS hingga zakat dan donasi. © [RED/AGUS SANTOSA]

Related posts

Fasilitator ‘Surga Kecil’ Bagi Keluarga Indonesia, IDEMU BY VIVERE Ingin Menawarkan Lini Produk Terbaru di Bidang Custom Furniture

Redaksi Posberitakota

Microsoft Office 365 now has 120 million business users

Redaksi Posberitakota

Hingga September Naik 2% Dibanding Tahun Lalu, BANK DKI Tingkatkan Rasio Kredit untuk UMKM

Redaksi Posberitakota

Leave a Comment

Beranda
Terkini
Trending
Kontak
Tentang