34.3 C
Jakarta
30 April 2024 - 12:44
PosBeritaKota.com
Syiar

Program ‘Hikmah’ di Masjid Istiqlal Jakarta, MARI BERSEDEKAH

OLEH : H DJAMALULAIL M.Pd.I

BERSEDEKAH untuk Palestina adalah tindakan mulia yang dapat membantu meringankan penderitaan rakyat Palestina yang sedang mengalami krisis. Ada banyak cara yang dapat kita lakukan untuk menyalurkan bantuan ke Palestina, cara aman yang paling disarankan adalah dengan menyalurkan bantuan pada lembaga yang sudah benar-benar terpercaya dan sering mengirimkan bantuan ke Palestina.

Bersedekah adalah amalan yang disukai Allah subhanahu wata’ala, marilah kita bersedekah mumpung kita masih sehat, dengan bersedekah dalam keadaan sehat, hal ini membuktikan keikhlasan, kuatnya keinginan untuk mendekatkan diri dan cinta kita yang besar hanya kepada Allah subhanahu wata’ala. Bukan sebaliknya, bersedekah dalam keadaan sakit atau menjelang kematian.

ADAPUN manfaat bersedakah, diantaranya adalah:

1. Menghapus Dosa : Sebagai manusia, pastinya selalu diliputi kesalahan dan dosa-dosa. Ada cara untuk menghapus dosa-dosa diataranya adalah melalui sedekah. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda, “Sedekah itu dapat menghapus dosa sebagaimana air memadamkan api (HR. Tirmidzi).

2. Menyembuhkan Penyakit : Dengan bersedekah, akan meningkatkan sistem imun (kekebalan tubuh) sehingga tubuh lebih kuat menghadapi penyakit. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda, “Bentengilah hartamu dengan zakat, obati orang-orang sakit (dari kalanganmu) dengan bersedekah dan persiapkan doa untuk menghadapi datangnya bencana” (HR. Ath-Thabrani).

3. Melipatgandakan Pahala : Allah subhanahu wata’ala akan memberikan pahala yang berlipat ganda bagi orang yang bersedekah. Allah subhanahu wata’ala berfirman, “Sesungguhnya orang – orang yang bersedekah, baik laki-laki maupun perempuan dan meminjamkan kepada Allah pinjaman yang baik, niscaya akan dilipatgandakan (ganjarannya) kepada mereka, dan bagi mereka pahala yang banyak” (QS. Al-Hadid : 18).

4. Melipatgandakan Harta : Bersedekah tidak akan mengurangi harta yang dimiliki, meski secara dzahir harta terlihat berkurang karena sedekah, tapi kekurangan tersebut akan ditutupi dengan pahala di sisi Allah subhanahu wata’ala dan akan terus bertambah menjadi lebih banyak. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Sedekah tidaklah mengurangi harta” (HR Muslim). Allah subhanahu wata’ala berfirman: “Dan barang apa saja yang kamu nafkahkan, maka Allah akan menggantinya dan Dialah pemberi rezeki sebaik-baiknya” (QS. Saba : 39)

5. Mendatangkan Keberkahan : Dapat membersihkan harta sehingga mendatangkan berkah. Allah subhanahu wata’ala berfirman: “Ambillah (sebagian) dari harta menjadi sedekah (zakat), supaya dengannya engkau membersihkan harta itu (dari dosa) dan mensucikan mereka (dari akhlak yang buruk)” (QS. At-Taubah : 103).

6. Memudahkan Jalan ke Surga : Dari Ali radhiyallahu anhu berkata, Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Sesungguhnya di surga terdapat kamar-kamar yang mana bagian luarnya terlihat dari bagian dalam dan bagian dalamnya terlihat dari bagian luarnya”. Lantas seorang Arab baduwi berdiri sambil berkata, “Bagi siapakah kamar-kamar itu diperuntukkan wahai Rasululullah?” Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam menjawab, “Untuk orang yang berkata benar, yang memberi makan, dan yang senantiasa berpuasa dan salat pada malam hari di waktu manusia pada tidur(HR. Tirmidzi).

7. Memberi Naungan di Hari Kiamat : Hadis riwayat Ahmad, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Naungan bagi seorang mukmin pada hari kiamat adalah sedekahnya“.

8. Menciptakan Kebahagiaan : Sebuah penelitian yang dilakukan oleh seorang profesor University of Oregon dan timnya menemukan bahwa manfaat sedekah mampu menciptakan rasa bahagia.

Hal itu karena otak melepaskan dopamin dan endorfin sehingga diri sendiri merasa lebih gembira. Penelitian dari Jerman juga menemukan manfaat sedekah menciptakan rasa puas dan bangga terhadap diri sendiri karena kita tahu telah melakukan hal yang baik dan berguna untuk orang lain.

9. Menguatkan Tali Silaturahmi : Berbagi dengan cara sedekah akan menguatkan ikatan sosial dengan sesama. Sedekah akan menambah kedekatan dengan keluarga, teman baru, kerabat dan masyarakat.

10. Dikabulkan Permintaannya : Bersedekah yang diiringi doa dapat membantu terkabulnya permintaan. Semoga Allah subhanahu wata’ala memberikan hidayah dan kekuatan kepada kita untuk senantiasa bersedekah baik diwaktu lapang maupun diwaktu sempit. Aamiin. © [***/goes]

Related posts

Di Program Hikmah, KH A. DZULFATAH YASIN Ceramah Bahas Tema ‘Keutamaan & Hikmah Hari Tasyrik’

Redaksi Posberitakota

Anjuran Rasulullah, KHOFIFAH : “Amaliyah Santuni Anak Yatim di Bulan Suci Ramadhan”

Redaksi Posberitakota

Isi Ta’lim Ba’da Maghrib, USTADZ NUR ALI M.SI Bicara Soal Sedekah Bisa Melepaskan Kesusahan Kita

Redaksi Posberitakota

Leave a Comment

Beranda
Terkini
Trending
Kontak
Tentang