PosBeritaKota.com
Daerah

Harga-harga Stabil & Malah Cenderung Turun, GUBERNUR KHOFIFAH Pastikan Stok Bahan Pokok Terbilang Aman

SURABAYA [POSBERITAKOTA] – Selain harga-harga stabil dan malah cenderung turun, Gubernur Khofifah Indar Parawansa memastikan ketersediaan dan stabilitas harga bahan pokok (Bapok) di Jawa Timur, aman. Demikian disampaikannya seusai meninjau langsung Pasar Krian Lama, Kabupaten Sidoarjo, Jumat (29/12/2023). 

Dikatakannya bahwa langkah peninjauan tersebut sangat penting dilakukan, ya know untuk memastikan stok bahan pokok serta kesesuaian harga bahan pokok dengan Harga Eceran Tertinggi (HET) yang ditetapkan. Selain itu, menurut Khofifah, mengingat masyarakat akan menghadapi akhir tahun 2023 dan menyambut awal tahun 2024.

Bahkan dalam kesempatan menemui para pedagang di pasar tersebut, Khofifah mengaku mendapatkan temuan bahwa bahan pokok di Pasar Krian Lama, justru cenderung lebih rendah dengan HET dan relatif stabil.

“Seperti diketahui bahwa Sembako yang paling mendasar adalah beras. Sedangkan beras harganya stabil di sini. Telur dan daging ayam cenderung turun. Begitu juga dengan daging sapi, cenderung stabil ke arah turun,” paparnya kepada wartawan.

Namun untuk bahan pokok di Pasar Krian Lama yang berada di bawah HET antara lain daging sapi seharga Rp. 100.000/Kg dengan HET Rp. 140.000, daging ayam ras Rp. 32.000/Kg dengan HET Rp. 36.750/Kg, telur ayam ras Rp. 25.000/Kg dengan HET Rp. 27.000, dan bawang merah seharga Rp. 33.000/Kg dengan HET di kisaran Rp. 36.500 – 41.500. Sementara itu, beras medium dihargai Rp. 11.000/Kg, hanya berbeda Rp 100 dengan HET Rp. 10.900.

“Jadi, Insya Allah semua stabil dan bahkan cenderung turun. Termasuk gula dan cabe merah. Yang mengalami sedikit kenaikan adalah minyak. Yang biasanya merk fortune Rp 17.000/liter, sekarang jadi Rp 17.800/liter,” urainya, lagi.

Ditambahkan tokoh Nahdliyin Inspiratif versi Forkom Jurnalis Nahdliyin ini optimis, kebutuhan masyarakat dapat terpenuhi saat momen perayaan akhir tahun dan awal tahun. Sebab, ketersediaan bahan look di Jawa Timur sudah sangat cukup.

“Harapannya menjelang Tahun Baru ini kebutuhan-kebutuhan masyarakat terkait dengan logistik rumahtangga semua tercukupi. Karena, stok kita sangat aman, distribusi aman serta harga pasar stabil dan bahkan cenderung turun,” katanya.

Tersekait situasi jelang dan menghadapi Tahun Baru 2024, diharapkan semua bisa bahagia. “Kita mengakhiri tahun 2023 dan mengawali 2024 dengan happy. Jadi, semua terkawal dengan aman dan damai. Harga Sembako pun terjangkau oleh masyarakat serta distribusinya aman,” terang Khofifah, mengakhiri.

Selain melakukan peeninjauan ke pasar tersebut, mantan Menteri Sosial RI itu juga menyempatkan diri membeli mangga, daging, melon, manggis, buah naga, rambutan, pepaya, apel serta kebutuhan logistik lain dari para pedagang.

Khofifah pun tak lupa membagi-bagikan paket Sembako kepada sekitar 300 penjual dan masyarakat sekitar. Dirinya bahkan juga membagikan paket serupa kepada lebih dari 30 tukang becak di Pasar Krian Lama. © [RED/DI2R SBY/ EDITOR : GOES]

Related posts

Tuduhan Jaksa Janggal, KELUARGA & KUASA HUKUM Joko Suroso Minta PN Manado Beri Keputusan yang Adil

Redaksi Posberitakota

Jadi Wanita Inspiratif, GUBERNUR KHOFIFAH Bilang Perempuan Jatim Itu Hebat & Banyak Kontribusi Diberbagai Bidang

Redaksi Posberitakota

Digagas Ridwan Kamil, PEMPROV JABAR & PWI Menggelar UKW dengan Peserta Paling Banyak di Indonesia

Redaksi Posberitakota

Leave a Comment

Beranda
Terkini
Trending
Kontak
Tentang