Melalui E-court, PJ GUBERNUR HERU BUDI Dukung Pengadilan Tinggi DKI Jakarta Agar Optimalkan Digitalisasi

JAKARTA [POSBERITAKOTA] –
Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono menghadiri acara Refleksi Kinerja Pengadilan Tinggi DKI Jakarta Tahun 2023. Termasuk memberi dukungan kepada Pengadilan Tinggi DKI Jakarta agar semakin mengoptimalkan digitalisasi penerapan pengadilan melalui e-court.

“Karena itulah, apresiasi saya atas terselenggaranya Laporan Tahunan Kinerja Pengadilan Tinggi DKI Jakarta dan jajarannya. Laporan ini merefleksikan kembali kinerja penegakan hukum di wilayah Provinsi DKI Jakarta, sekaligus menjadi momen evaluasi bersama,” ucap Heru Budi di Kantor Pengadilan Tinggi DKI Jakarta, Jakarta Pusat, Kamis (4/1/2024).

Ditambahkannya bahwa Pemprov DKI Jakarta akan terus mendukung upaya Pengadilan Tinggi DKI Jakarta dalam melakukan inovasi sistem pengadilan modern melalui e-court. Hal itu sesuai dengan Peraturan Mahkamah Agung Nomor 7 Tahun 2022 tentang Administrasi Perkara dan Persidangan secara elektronik, yang mengimbau semua jenis perkara dapat dilakukan secara e-court.

“Sedangkan e-court merupakan bentuk layanan pengadilan kepada masyarakat untuk pendaftaran perkara, pembayaran uang perkara, pemanggilan para pihak persidangan dan persidangan yang dilakukan secara online,” katanya.

Menurut Heru Budi bahwa e-court menjadi langkah positif untuk mempermudah proses peradilan secara hemat biaya dan hemat waktu, serta bisa mengurangi jumlah orang yang berkunjung secara fisik ke kantor pengadilan tinggi.

“Saya berharap, e-court dapat disosialisasikan secara berkala di berbagai platform agar warga Jakarta lebih mengenal pembaruan sistem ini,” pintanya.

Melalui kesempatan tersebut, Heru Budi mewakili Pemprov DKI Jakarta mengucapkan terima kasih kepada jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), yaitu Pengadilan Tinggi DKI Jakarta, Kejaksaan Tinggi DKI Jakarta, Polda Metro Jaya dan Kodam Jaya atas kerja sama yang telah terjalin selama tahun 2023.

“Pertemuan ini juga menjadi salah satu momentum untuk memperkuat sinergi antara Forkopimda dengan penegak hukum di Provinsi DKI Jakarta demi menciptakan Jakarta yang aman, damai dan sejahtera,” pungkas Pj Gubernur DKI Jakarta. © [RED/AGUS SANTOSA]

Related posts

Antisipasi Tambah Jam Operasi Transjakarta, PEMPROV DKI Gelar ‘Nobar’ Pertandingan Timnas Indonesia vs Irak di Plaza Monas

Diikuti Para Srikandi & Pegawai Perempuan, PJ GUBERNUR HERU BUDI Buka Peragaan Busana di Halaman Pendopo Balaikota Pemprov DKI

Peringati Hardiknas 2024, SEKDA JOKO AGUS Bacakan Amanat Tentang Kebijakan Merdeka Belajar Bisa Diterapkan di Jakarta