25.4 C
Jakarta
4 March 2024 - 02:26
PosBeritaKota.com
Politik

Diikuti 100 Peserta, MILENIAL RABU BIRU UNTUK INDONESIA Sukses Gelar Makrab Guna Dorong Pemuda Dukung Prabowo – Gibran

JAKARTA (POSBERITAKOTA) – Keberadaan Relawan Prabowo – Gibran dari kalangan pemuda yang tergabung dalam Rabu Biru Untuk Indonesia (RBUI) sukses menggelar acara Makrab (Malam Karaoke Rabu Biru) di Jalan Ampera Raya No. 1, Jakarta Selatan, baru-baru ini. Sedangkan acara yang berdurasi selama empat jam diikuti 100 peserta dari kalangan Generasi Z (Gen Z).

Dikemukakan Ketua Panitia Makrab Rabu Biru Untuk Indonesia (RBUI), Keyla Arista, pihaknya terinspirasi mengambil tema Makrab karena sudah populer di kalangan mahasiswa dan pemuda sebagai malam keakraban yang biasanya dilakukan oleh mahasiswa baru sebagai rangkaian kegiatan Ospek di jurusan atau fakultas.

“Untuk tujuan dari Makrab ini guna memperkenalkan mahasiswa baru kepada sesama angkatan, kakak tingkat dan dosen. Selain itu juga untuk membangun rasa kekeluargaan dan solidaritas di antara mereka. Makrab biasanya dilaksanakan di luar kampus, seperti di vila, hotel atau tempat wisata. Juga diisi dengan berbagai kegiatan yang menyenangkan serta edukatif, seperti permainan, diskusi, seminar dan lain-lain,” ujar Keyla di Markas Rabu Biru Untuk Indonesia di Jalan Ampera, Jakarta Selatan, kemarin.

Namun di dalam acara itu sendiri, ditambahkan dia, Makrab memiliki makna yang berbeda. Makrab di sini singkatan dari Malam Karaoke Rabu Biru, salah satu bentuk kampanye politik yang digagas oleh relawan Rabu Biru Untuk Indonesia pendukung Calon Presiden dan Wakil Presiden Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka untuk Pilpres 2024.

Kegiatan Makrab ini hasil kolaborasi Milenial dari Pemuda Jagoan Bangsa dan Rabu Biru. Makrab mengangkat tema Jagoan Biru dimana semua pemuda yang hadir adalah jagoan bersama untuk mendukung Capres Prabowo Subianto dan Cawapres Gibran Rakabuming Raka. Warna pakaian dan dekorasi pun selaras dengan Rabu Biru. Warna biru menjadi simbol bahwa politik bagi anak muda juga bisa seru, bahagia dan damai.

Penamaaan Makrab ini ditujukan untuk memperkuat relasi dan dukungan pemuda bagi Prabowo- Gibran. Acara unik ini pun sukses dilaksanakan di Markas Rabu Biru Untuk Indonesia dengan mengundang para pemuda yang tertarik dalam proses demokrasi, para relawan, simpatisan dan tokoh masyarakat yang mendukung mereka.

Eksistensi Makrab dengan mayoritas kaum pemuda ini diisi dengan kegiatan karaoke yang seru, kekinian dan interaktif serta menyanyikan lagu-lagu dari lintas generasi maupun aktifitas permainan (games) bernuansa positif.

“Juga dari acara ini bertujuan menghibur, menginspirasi, dan mengajak generasi muda agar berpartisipasi dalam pembangunan bangsa melalui seni dan kreatifitas. Kegiatan ini juga sesuai dengan misi keempat Asta Cita yang diusung pasangan Prabowo – Gibran, yaitu salah satu pilarnya merupakan pemuda,” tuturnya.

Lebih jauh Keyla mengutarakan bahwa sejumlah peserta acara mendapatkan doorprize dan souvenir. Acara ini menjadi ajang silaturahmi, edukasi, dan hiburan bagi generasi muda Indonesia. Sebab, Makrab ini merupakan inovasi dan strategi politik yang menarik perhatian dan simpati pemuda sebagai generasi penerus bangsa. Makrab ini juga merupakan sebuah wadah untuk berbagi informasi, gagasan dan semangat untuk memenangkan Prabowo – Gibran di Pilpres 2024.

Oleh karenanya, Keyla sangat berharap kegiatan atau acara Makrab yang digelar selama empat jam itu bermanfaat untuk peserta dan bagi pasangan Prabowo – Gibran. Manfaat untuk peserta ada empat. Pertama, mampu memberikan hiburan, keceriaan dan mendorong interaksi sosial serta toleransi antara orang-orang yang berbeda. Kedua, memotivasi para pemuda untuk berpartisipasi dalam proses demokrasi. Ketiga, memotivasi untuk mencoblos dan tidak golput. Dan keempat, membantu mensejahterakan UMKM yang mendukung Prabowo – Gibran berupa pembelian konsumsi dari pedagang keliling dan merchandise.

Sedangkan manfaat Makrab bagi pasangan Prabowo – Gibran, diterangkan Keyla, ada tiga. Yakni pertama, memperlihatkan imej (citra) dan sisi lain dari Capres Prabowo yang serius tapi juga seru. Kedua, meningkatkan popularitas pasangan Prabowo – Gibran di kalangan pemuda yang merupakan salah satu segmen pemilih penting. Dan manfaat ketiga, memperkuat jaringan dan dukungan dari para pendukungnya terutama pemilih muda.

PEMUDA JABODETABEK

Adapun peserta Makrab datang dari sejumlah wilayah di Jabodetabek (Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi). Mereka bernyanyi bersama (karaoke) dilanjutkan dengan fun games (lomba menarik nan ceria) serta diakhiri dengan pembagian hadiah dan doorprize. Sebelum acara dimulai, seluruh peserta menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya.

“Peserta mayoritas dari generasi milenial dan Generasi Z (Gen Z) yang tinggal di daerah Jabodetabek. Mereka tergabung dalam pemuda di partai Koalisi Indonesia Maju,” tutur Rania, ikut menambahkan.

Adapun untuk struktur panitia sebagai berikut:

Panitia Pengarah (Steering Committee) : Adanti, Lapsin, Filbert, Bram, Farra. Panitia Pelaksana (Organizing Committee) : Keyla Arista (Ketua). Sekretaris : Yessicalista Baramuli Tambunan. Bendahara dan acara : Rania Azarine. Media : Nick. Dekorasi & Logistik : Aliza Shalimar. Registrasi : Andi Nabil. Konsumsi : Fabian Radhiya. © (RED/REL/AGUS SANTOSA)

Related posts

Selisih 31 Juta Suara, KOALISI KUBU PRABOWO Ngotot Tanya ke KPU

Redaksi Posberitakota

Partai NasDem Usung Anies Baswedan, PRESIDEN PKS Ucapkan Selamat & Semoga Datangkan Kebaikan

Redaksi Posberitakota

Gabung ke Nasdem, RITA HASAN Maju Jadi Caleg DPRD Provinsi Jawa Barat

Redaksi Posberitakota

Leave a Comment

Beranda
Terkini
Trending
Kontak
Tentang