25.4 C
Jakarta
4 March 2024 - 02:05
PosBeritaKota.com
Megapolitan

Menuju Jakarta Kota Global, SEKDA DKI JOKO AGUS Pimpin Apel Operasi Lintas Jaya 2024

JAKARTA (POSBERITAKOTA) – Apel ‘Operasi Lintas Jaya Tahun 2024‘ yang digelar di Balaikota DKI, dipimpin langsung oleh Sekretaris Daerah (Sekda) DKI Joko Agus Setyono, Rabu (31/1/2024).

Sedangkan apel gabungan yang diikuti personel Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi DKI Jakarta, Tentara Nasional Indonesia (TNI) dan Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) tersebut, diharapkan dapat menciptakan tertib berlalu lintas menuju Jakarta Kota Global.

“Jadi, Operasi Lintas Jaya ini merupakan salah satu operasi gabungan antara Pemprov DKI Jakarta, TNI dan Polri dalam rangka mewujudkan kelancaran dan ketertiban lalulintas di DKI Jakarta. Rencana dilaksanakan secara berkelanjutan setiap tahun,” tegas Joko Agus.

Dijelaskan lebih lanjut bahwa ‘Operasi Lintas Jaya 2024′ akan melibatkan 478 personel Dinas Perhubungan, 83 personel TNI dan 144 personel Polri. Dalam berpatroli, para petugas akan dilengkapi sarana dan prasarana yang antara lain terdapat 55 unit mobil patroli, 125 unit mobil derek, 10 unit truk angkut dan 186 unit motor listrik.

Selanjutnya diterangkan Joko Agus soal ‘Operasi Lintas Jaya 2024′ bertujuan untuk mewujudkan aspek keselamatan, ketertiban dan kelancaran dalam bertransportasi. Sasaran utamanya adalah kendaraan-kendaraan yang parkir bukan pada tempatnya atau parkir liar dan kendaraan yang tidak layak jalan namun tetap beroperasi di jalan.

Menurutnya terkait ‘Operasi Lintas Jaya 2024′ yang telah dilakukan selama tiga tahun terakhir ini, memberikan hasil yang menggembirakan. Salah satunya, terjadi peningkatan kesadaran masyarakat untuk tertib berlalu lintas.

“Namun di tahun 2023 terdapat perubahan yang signifikan terhadap angka kendaraan yang melakukan pelanggaran dibandingkan tahun 2022. Ini menjadi hal yang baik, sebagai pertanda meningkatnya kesadaran masyarakat untuk tertib berlalu lintas,” paparnya.

Melalui kesempatan tersebut, Joko Agus juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada Tim Lintas Jaya yang telah melakukan banyak penindakan dalam tiga tahun terakhir. Pada 2021 berhasil menindak sebanyak 47.663 kendaraan, 2022 sebanyak 103.966 kendaraan, dan 2023 sebanyak 71.478 kendaraan.

Karenanya sangat diharapkan bahwa di dalam pelaksanaan ‘Operasi Lintas Jaya 2024′, seluruh personel yang bertugas menegakkan peraturan dapat mengedepankan sikap humanis, persuasif, edukatif, dan mengutamakan keselamatan. Sehingga dapat menumbuhkan kesadaran pelanggar untuk tertib berlalu lintas.

Selain itu juga diingatkan bahwa tantangan di Jakarta akan semakin meningkat dengan perubahan status Jakarta menjadi Daerah Khusus Jakarta. Sehingga Jakarta harus berkembang menjadi Kota Global yang perubahannya tidak bisa dibangun dalam waktu singkat.

“Hal ini sebagai langkah dalam mewujudkan hal tersebut, maka dibutuhkan sinergi dengan berbagai pihak untuk mewujudkan Jakarta menuju Kota Global,”, tutup Sekda DKI Joko Agus. © RED/AGUS SANTOSA

Related posts

NGAKU JADI PENGGUNA SETIA, MODEL & INFLUNCER RANI RAMADHINA SAMPAI BERANI PESAN SEPATU BOCOROCCO PRODUK SPESIAL

Redaksi Posberitakota

DI RW 025 VGH KEBALEN, KORAMIL 04 BABELAN MELAYANI 120 WARGA YANG IKUT VAKSINASI DOSIS KESATU & KEDUA

Redaksi Posberitakota

Tahap I Tahun 2023, PEMPROV DKI Cairkan Bantuan Sosial Biaya Pendidikan Melalui KJP Plus & KJMU

Redaksi Posberitakota

Leave a Comment

Beranda
Terkini
Trending
Kontak
Tentang