25.4 C
Jakarta
4 March 2024 - 03:10
PosBeritaKota.com
Megapolitan

Selain Jangkauannya Diperluas, PEMPROV DKI Inginkan Variasi Komoditas Sembako Murah di Jakarta

JAKARTA (POSBERITAKOTA) – Selain jangkauannya diperluas agar menjangkau seluruh warga, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI inginkan variasi untuk komoditas yang dijual pada kegiatan ‘Sembako Murah‘ di Jakarta. Oleh karenanya bakal terus diperkuat sinergi dengan pihak swasta melalui program Corporate Social Responsibility (CSR).

Untuk sinergi dilakukan dalam hal penyediaan stok barang, karena melihat antusiasme warga yang terus meningkat. Sejak 15 Januari sampai sekarang, pihak swasta yang telah bersinergi yaitu Yayasan Maha Karunia Sai, Trans7, PT Suri Nusantara Jaya, PT Mayora, PT Pembangunan Jaya Ancol, Terminal Peti Kemas Koja dan PT Karya Citra Nusantara.

“Yang jelas sudah dua minggu terakhir, kami tidak melaksanakan sendiri, namun juga didukung oleh berbagai CSR dari sektor swasta untuk pasar Sembako Murah. Jadi (bantuan) mereka sudah terasa cukup (membantu), maka Pemprov DKI tidak akan melakukan penambahan biaya, karena terbantu oleh CSR,” kata Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono saat meninjau ‘Sembako Murah‘ di Kelurahan Koja, Jakarta Utara, Jumat (2/2/2024).

Maka itu, Heru Budi menghimbau kepada instansi terkait seperti Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (KPKP) Provinsi DKI Jakarta dan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) untuk menambah variasi komoditas, misalnya dari protein hewani. Variasi yang dimaksud seperti daging sapi, daging ayam, telur dan aneka komoditas pokok warga yang lain.

“Sebab hal ini merupakan strategi bagi kami di Jakarta untuk menjaga inflasi dan sekaligus memastikan ketersediaan bahan pangan, jangkauan distribusi, hingga komunikasi efektif dalam berkoordinasi dengan lintas sektor. Jadi inipun menyangkut bagaimana kita sering berkoordinasi dengan seluruh stakeholder untuk saling bersinergi dalam mensukseskan program Sembako Murah ini,” ucap Heru Budi, menambahkan.

Sedangkan Kepala Dinas KPKP Provinsi DKI Jakarta, Suharini Eliawati, berkomitmen untuk terus melanjutkan kegiatan ‘Sembako Murah‘ dan bahkan hingga menjelang Ramadhan dan Lebaran. Selain itu, pihaknya juga terus berupaya menggencarkan aktivitas Jakarta Menanam yang dilakukan dua kali seminggu untuk memperkuat ketahanan pangan.

“Jadi (Sembako Murah) ini dalam bentuk Sembako dry food. Lalu komoditas seperti cabai dan bawang merah adalah salah satu instrumen penentu inflasi di daerah. Tujuannya saat menghadapi Ramadhan dan Lebaran, cabai dan bawang merah ini bisa menjamin baik jumlah pasokan maupun harganya di Jakarta menjadi terkendali,” jelas Suharini, mengakhiri. © RED/AGUS SANTOSA

Related posts

PERINGATI HUT KE-12, RUMAH SINGGAH ‘BUNDA LENNY’ CIPTAKAN MAKNA MONUMENTAL SEBAGAI RUMAH PELAYANAN

Redaksi Posberitakota

Ada 113 Naik Pangkat, POLRES METRO BEKASI KOTA Purna Bhaktikan 24 Anggota

Redaksi Posberitakota

Ada Ratusan Judul, DINAS PUSIP DKI JAKARTA Terima Koleksi Buku dari Keluarga Almarhum Ridwan Saidi

Redaksi Posberitakota

Leave a Comment

Beranda
Terkini
Trending
Kontak
Tentang