27.5 C
Jakarta
28 April 2024 - 05:32
PosBeritaKota.com
Daerah

Komitmen Hidupkan Spirit RR, FJN Gelar Peringatan 40 Hari Wafatnya Tokoh Nasional Rizal Ramli

SURABAYA (POSBERITAKOTA) – Empat puluh hari sudah tokoh nasional Rizal Ramli wafat. Sesuai tradisi nahdliyin, Forkom Jurnalis Nahdliyin (FJN) menggelar peringatan 40 hari wafatnya Rizal Ramli di Foodies Gallery, Surabaya

Melalui acara bertajuk Refleksi, Doa dan Tahlil untuk Bang RR itu, Ketua FJN, Didi Rosadi mengungkapkan komitmen untuk tetap menghidupkan spirit Penasehat FJN itu. Menurutnya, banyak nilai-nilai positif dari Rizal Ramli yang harus tetap dijaga dan diamalkan.

“Bang RR memang sudah wafat, tapi semangatnya harus dijaga dan tetap hidup. Beliau mengajarkan keberanian, integritas dan profesionalisme. Ini nilai-nilai yang penting dalam kehidupan, termasuk dalam dunia jurnalistik,” kata pria yang akrab disapa Diday itu, Jumat (9/2/2024).

Dikatakan jurnalis koran terbitan Surabaya ini, sosok Rizal Ramli yang gigih dan tekun juga menjadi inspirasi bagi para anggota FJN. Rizal Ramli yang merupakan yatim piatu sejak usia 6 tahun bisa bertahan hidup, bahkan melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi di Institut Teknologi Bandung (ITB).

Selain itu, lanjut Diday, keterbatasan hidup tidak membuat Menko Perekonomian di era Presiden Gus Dur itu patah semangat. Ia bahkan bisa mandiri saat kuliah dengan menjadi penerjemah bahasa Inggris.

“Bang RR sosok yang ulet, gigih dan mandiri. Itu hal-hal yang patut kita contoh sebagai penerus bangsa,” ujar kader Ansor ini.

Sementara itu aktivis perempuan Lilis Pratiwining menilai Rizal Ramli adalah sosok yang peduli terhadap gender. Hal itu bisa dilihat sikapnya yang menolak praktek-praktek neolib dan monopoli ekonomi.

Sebab, lanjut perempuan alumnus pascasarjana Unair ini, setiap kebijakan yang merugikan rakyat. Maka perempuan menjadi yang paling terdampak. Aktivis Fatayat NU ini mencontohkan penolakan Rizal Ramli terhadap reklamasi Teluk Jakarta yang merugikan nelayan berikut keluarganya.

“Lantaran menghentikan reklamasi itu Rizal Ramli kemudian direshuffle dari kabinet. Ia berani mengambil resiko untuk membela rakyat, termasuk anak dan istri nelayan,” pungkas Anggota Bawaslu Surabaya periode 2018 – 2023 tersebut. © RED/DID/EDITOR : GOES

Related posts

Pejabat Kena Rotasi, BUPATI INDRAMAYU Sebut Masih Ada yang Tindak & Perilakunya Mencoreng Nama Baik

Redaksi Posberitakota

TERIMA AUDIENSI PERWAKILAN PANITIA, WALIKOTA SOLO GIBRAN RAKABUMING SIAP DUKUNG TURNAMEN SEPAKBOLA ANTARWARTAWAN SE-INDONESIA 2022

Redaksi Posberitakota

Digelar di ICE BSD Serpong, FESTIVAL & GEBYAR PAI Tahun 2022 Kemenag jadi Tanda Penting Toleransi Beragama

Redaksi Posberitakota

Leave a Comment

Beranda
Terkini
Trending
Kontak
Tentang