28.9 C
Jakarta
20 June 2024 - 22:35
PosBeritaKota.com
Top News

Meraih 199.718 Suara, DAILAMI FIRDAUS & Dua Senator Petahana DKI Berpeluang Besar Bertahan di Senayan

JAKARTA (POSBERITAKOTA) – Persaingan ketat dalam perolehan suara terbanyak nyaris tak bisa dihindari untuk Caleg Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI dari Dapil DKI Jakarta. Ada 3 sosok Senator petahana. Mereka masing-masing adalah Silviana Murni, Fahira Idris dan Dailami Firdaus.

Hasil pantauan dan berdasarkan real count atau rekapitulasi sementara Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI pada Senin (20/2/2024) pukul 00.01 WIB melalui laman Pemilu2024.kpu. go.id, perolehan suara Dailami Firdaus sebanyak 199.718 atau 8,95 persen serta memberikan peluang besar untuk bertahan menjadi Senator di Senayan.

Termasuk bakal diikuti dua petahana lain, yakni Fahira Idris yang mendulang 237.448 suara atau 10,64 persen dan Silvia Murni dengan perolehan 145.403 suara atau 6,52 persen. Meski ada dua Caleg DPD RI lain yang meraih suara signifikan. Masing-masing atas nama Achmad Arzan yang mendapat 153.484 suara atau 6,881 persen dan Happy Djarot yang merupakan istri dari politisi PDIP Djarot Saiful Hidayat dengan perolehan 209.707 suara atau 9,4 persen.

Boleh jadi dari kelima kandidat Senator Jakarta tersebut, ditengarai masih akan saling menyalip dalam perolehan suara DPD RI hingga penghitungan suara resmi KPU tuntas.

Patut diketahui pula bahwa DPD RI merupakan lembaga perwakilan daerah yang anggotanya mewakili tiap provinsi di Indonesia. Anggota DPD disebut sebagai Senator. Anggota DPD dari setiap provinsi ditetapkan sebanyak 4 orang. Mereka juga dengan masa jabatan selama lima tahun, sama dengan DPR RI dan DPRD DKI Jakarta.

Sedangkan bicara soal peran, mereka bakal menyuarakan kepentingan daerah masing-masing di tingkat nasional. DPD mempunyai fungsi legislasi, pengawasan dan penganggaran. Namin untuk pembentukan DPD RI tersebut, disahkan pada 9 November 2001 sebagai salah satu bagian dari amendemen ketiga UUD 1945. © RED/AGUS SANTOSA

Related posts

Umroh Bareng Ibunda Tercinta ke Mekkah, KANG WAS Ngaku Raih Keberkahan Sampai Kewalahan Tangani Event

Redaksi Posberitakota

Jika Polri Sudah Bersih – bersih, GILIRAN DEWAN PERS Kapan Berani Menindak Oknum di Lembaganya?

Redaksi Posberitakota

Naskahnya Ditulis John Logan, FILM BIOGRAFI King of Pop Michael Jackson Sudah Mulai Siap Diproduksi

Redaksi Posberitakota

Leave a Comment

Beranda
Terkini
Trending
Kontak
Tentang