32.4 C
Jakarta
17 June 2024 - 17:03
PosBeritaKota.com
Top News

SENATOR DAILAMI FIRDAUS Minta Menag Cabut Surat Edaran Tentang Panduan Penyelenggaraan Ibadah Ramadhan & Hari Raya Idhul Fitri

JAKARTA (POSBERITAKOTA) – Anggota DPD RI (Senator) dari Dapil Provinsi DKI Jakarta Prof Dr H Dailami Firdaus SH LL.M MBA secara tegas meminta dan sekaligus mendesak agar Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas mencabut surat edaran Menteri Agama Nomor 1 Tahun 2024 tentang Panduan Penyelenggaraan Ibadah Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri Tahun 1445 H/2024 M.

Dalam surat edaran itu sendiri , Menag Yaqut jelas-jelas meminta supaya “penggunaan pengeras suara di bulan Ramadhan, baik dalam pelaksanaan Shalat Tarawih, ceramah/kajian Ramadhan dan Tadarrus Al-Qur’an menggunakan Pengeras Suara Dalam.”

“Dari surat edaran yang diterbitkan itu, sangat terkesan kalau Menag Yaqut tidak memahami arti toleransi dan sikap saling menghormati. Bahkan malah cenderung dapat mengusik kerukunan dan toleransi beragama yang telah lama terbangun di masyarakat selama ini,” kata Prof Dailami Firdaus dalam keterangannya kepada POSBERITAKOTA, Senin (11/3/2024).

Menurut cendekiawan muslim yang juga putra Betawi asli satu ini, toleransi dan sikap menghormati antar umat beragama sudah terbangun selama puluhan tahun. Dan, tambah dia, selama itu pula nyaris tidak ada permasalahan mengenai pengeras suara di masjid maupun mushola,” sebut Bang Dai, sapaan akrab Prof Dailami Firdaus itu, menambahkan.

Selain itu, Senator dari Dapil Provinsi DKI Jakarta juga menyebutkan bahwa dalam pelaksanaan pengunaan pengeras suara, semua sudah diatur waktunya dan tidak akan menganggu di waktu-waktu orang tengah beristirahat. Tentunya pengurus masjid dan mushola pun sudah lebih memahami karakteristik daripada wilayahnya masing masing dan harus diingat ini hanya berlangsung pada saat bulan suci Ramadhan saja.

“Jadi menurut hemat saya, ketimbang mengurusi soal pengeras suara, Menag Yaqut lebih bagus memberikan dan membuat kegiatan atau program yang dapat meningkatkan kualitas ibadah bagi umat Islam di bulan suci Ramadhan ini,” ucapnya, menambahkan.

Dalam kesempatan memasuki bulan suci Ramadhan 1445 H di tahun 2024 ini, Bang Dai tidak lupa ingin mengucapkan selamat menunaikan ibadah puasa bagi seluruh umat Islam di Tanah Air. © RED/AGUS SANTOSA

Related posts

Dalam Operasi ‘Ketupat Jaya 2023’, POLDA METRO JAYA Kerahkan Ribuan Personil dari Unsur Gabungan

Redaksi Posberitakota

Kemungkinan untuk Menahan Putri Chandrawathi, BARESKRIM POLRI Akan Ikuti Rekomendasi Dokter

Redaksi Posberitakota

Ramal via Kartu Tarot, VELLINE RATU AYU Sebut Sosok Joko Kendil Itu Hanya Musafir Bernama Kusna

Redaksi Posberitakota

Leave a Comment

Beranda
Terkini
Trending
Kontak
Tentang