32.7 C
Jakarta
28 April 2024 - 12:39
PosBeritaKota.com
Syiar

Bersama Unilever Indonesia, BAZNAS Berbagi 50.000 Paket Buka Puasa Gratis ke 24 Kota di Indonesia

JAKARTA (POSBERITAKOTA) – Dengan menggandeng  Unilever Indonesia melalui brand ‘Bango‘ dan ‘Royco‘, Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) mengadakan acara ‘Buka Puasa Akbar’ untuk para jamaah dan mustahik di Masjid Istiqlal, Jakarta, Jumat (15/3/2024).

Sedangkan kegiatan tersebut merupakan awal dari kelanjutan kerjasama antara kedua belah pihak yang kali ini hadir melalui program ‘Berbagi Sajian Lezat Penuh Kebaikan‘, yakni berupa pendistribusian 50.000 paket buka puasa gratis ke-24 kota di Indonesia.

Untuk pelaksanaan acara perdana yang diadakan Jumat (15/3/2025), melibatkan lebih dari 5.000 orang dan dihadiri oleh jajaran Direksi Unilever Indonesia, jajaran Pimpinan BAZNAS RI serta Imam Besar Masjid Istiqlal Jakarta.

Dikatakan pimpinan BAZNAS RI Bidang Pengumpulan, H Rizaludin Kurniawan S.Ag M.Si CFRM bahwa  program ‘Berbagi Sajian Lezat Penuh Kebaikan’ merupakan perwujudan nyata dari semangat kebersamaan dalam berbagi berkah Ramadhan. Dan, juga sebagai upaya menjadikan bulan suci ini sebagai momentum untuk mempererat tali persaudaraan dengan sesama.

Ditambahkan Rizaludin lebih jauh bahwa BAZNAS kembali menggandeng Bango dan Royco sebagai mitra untuk melaksanakan program sosial yang bertujuan meningkatkan kualitas hidup masyarakat yang membutuhkan. Setelah melakukan berbagai bentuk kerjasama, termasuk di awal tahun 2024 lalu melalui pembagian 10.000 paket Sembako kepada kaum dhuafa. Untuk kali ini, BAZNAS kembali berkolaborasi dengan Bango dan Royco untuk menyalurkan paket buka puasa gratis yang lezat bernutrisi sesuai pedoman ‘Isi Piringku‘ dan dengan prinsip ‘Halalan Thayyiban’.

“Yang pasti, kami ingin menyampaikan terima kasih yang tulus kepada semua pihak yang telah turut serta dalam mensukseskan program ini, khususnya para mitra yang telah berkolaborasi dengan kami, serta seluruh relawan yang dengan penuh dedikasi terlibat dalam pelaksanaan program,” papar  Rizaludin.

Sedangkan Direktur Nutrition Unilever Indonesia, Amaryllis Esti Wijono, menyatakan bahwa sudah “selama puluhan tahun, Bango dan Royco secara berkelanjutan berupaya memberikan kebaikan melalui berbagai inovasi dan program yang bermuara pada komitmen untuk meningkatkan kesehatan masyarakat dengan pemenuhan kebutuhan nutrisi seimbang.

“Terlebih lagi dalam bulan Ramadhan yang tidak hanya menjadi momen teristimewa bagi umat Muslim untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT. Tentu dengan meningkatkan kualitas iman dan taqwa. Namun juga kepada sesama manusia dengan memperkuat kepedulian terhadap sesama,” urainya.

Program atau kegiatan berbagi kebaikan atau bersedekah kepada mereka yang membutuhkan menjadi bentuk amalan yang mulia dan dianjurkan. Dari semua bentuk sedekah, makanan yang bernutrisi seimbang adalah salah satu yang diutamakan karena dapat membantu orang lain menjalankan kewajiban berpuasanya dalam kondisi yang sehat dan kuat.

“Untuk itu bersama BAZNAS, kami akan menyalurkan total 50.000 paket buka puasa gratis ke-24 kota di Indonesia. Masing-masing di Jakarta, Banjarmasin, Bojonegoro, Bone, Cirebon, Jombang, Kendari, Lampung, Madiun, Makassar, Malang, Medan, Padang, Palangkaraya, Pamekasan, Pekanbaru, Ponorogo, Purwokerto, Solo, Surabaya, Tasikmalaya, Tuban, Tulungagung serta di Yogyakarta. Bukan hanya itu saja, pada masing-masing kota, kami juga akan menyebarluaskan edukasi mengenai pentingnya mengonsumsi makanan yang Halalan Thayyiban, khususnya di bulan Ramadhan,” imbuh Amaryllis.

Sementara itu Prof Dr KH Nasaruddin Umar MA selaku Imam Besar Masjid Istiqlal Jakarta dan sekaligus sebagai tuan rumah acara, ikut memberikan apresiasi positifnya. Menurutnya pada saat berbagi pada sesama di bulan Ramadhan, sepatutnya makanan yang diberikan  adalah yang Halalan Thayyiban. Halal artinya memenuhi semua persyaratan kehalalan, mulai dari bahan makanan yang digunakan hingga cara pengolahannya; sedangkan Thayyib adalah yang memberikan manfaat bagi tubuh.

“Namun untuk berbuka puasa, makanan yang Thayyib adalah yang bergizi seimbang. Selain itu, kelezatannya pun perlu diperhatikan agar dapat menyempurnakan nikmat dan rasa syukur saat berbuka. Akhirnya, dengan terpenuhinya aspek Halal maupun Thayyib, Insya Allah sedekah dalam bentuk makanan ini akan mendatangkan banyak kebaikan bagi mereka yang mengonsumsinya,” terang KH Nasaruddin Umar, lagi.

Sepanjang bulan Ramadhan 1445 H untuk program kerjasama itu sendiri, bakal menjangkau para mustahik yang terdiri dari kaum duafa, yatim piatu hingga para santri dan santri putri di pesantren. Untuk Paket Buka Puasa yang diberikan mencakup menu lezat bergizi seimbang sesuai pedoman ‘Isi Piringku’  Yang diantaranya bermenu  ayam goreng dan semur telur yang tidak hanya lezat, tapi juga kaya akan kandungan protein hewani yang mutlak dibutuhkan tubuh saat berpuasa.

Artis Zaskia Adya Mecca, sosok yang dikenal memiliki kepedulian sosial pada sesama ikut memberikan komentarnya.  Ia bilang bagi sebagian dari kita, berbuka puasa dengan menu yang lezat bergizi seimbang adalah sebuah keharusan. Tapi bagi banyak yang orang membutuhkan, hal ini adalah sebuah kemewahan yang mungkin tidak bisa mereka nikmati setiap hari.

“Saya lihat acara yang dilakukan Bango dan Royco hari ini sangat besar manfaatnya, dimana kita bisa berbagi kebaikan dengan sesama dalam bentuk kebutuhan yang sangat mendasar, yaitu nutrisi yang tercukupi saat berpuasa. Insyaa Allah, kegiatan ini dapat membawa keberkahan bagi semua,” ungkapnya.

Namun sebelum acara ‘Buka Puasa Akbar‘, ribuan jamaah Masjid Istiqlal Jakarta, juga mengikuti Tabligh Akbar yang menghadirkan pendakwah ternama, Habib Husein bin Ja’far Al Hadar S.Fil.I M.Ag atau yang dikenal dengan sapaan Habib Ja’far. Beliau menyampaikan pesan inspiratif mengenai keutamaan berbagi di bulan Ramadhan, khususnya melalui makanan yang Halalan Thayyiban.

Masih terkait penyelenggaraan acara hari ini, KH Nasaruddin, menyampaikan bahwa Unilever Indonesia sudah lama bersahabat dengan Masjid Istiqlal Jakarta, yaitu di dalam berbagi untuk kemaslahatan umat. “Terima kasih kepada Unilever, karena mereka paling banyak memberikan perannya terhadap umat melalui berbagai produknya, itu luar biasa. Bahkan tidak mustahil, Unilever ini perusahaan yang paling bersahabat dengan umat. Seperti layaknya acara hari ini, yang didukung penuh oleh produk-produk Unilever, yaitu Bango dan Royco,” urainya.

Rencana kedepannya, pembagian paket Buka Puasa Gratis bakal. dilakukan secara bertahap di 23 kota lainnya melibatkan BAZNAS Daerah untuk memastikan bahwa program dapat terlaksana dengan lancar dan tepat sasaran.

Selain itu, melalui kerjasama BAZNAS, Bango dan Royco, juga mengajak masyarakat ikut berbagi kebaikan melalui pembelian 25.000 Paket Ramadhan Bahagia yang akan didonasikan bagi yatim piatu dan duafa.

“Dan, Insya Allah rangkaian kegiatan ini akan mampu menginspirasi semua pihak untuk terus berlomba berbagi kebaikan, khususnya selama bulan Ramadhan. Dimana pemenuhan gizi seimbang bakal mampu membantu sesama untuk beribadah dengan lebih khusyuk serta bermakna,” pungkas Amaryllis. © RED/AGUS SANTOSA

Related posts

Saat Isi Kajian Shubuh Ramadhan, KYAI ABDUL RASYID : “Kalau Mau Taubat Jangan Sampai Nunggu Hari Tua Dulu!”

Redaksi Posberitakota

Goresan Imam Besar Masjid Istiqlal, MENGUATKAN TELINGA BATIN (SAMA’)

Redaksi Posberitakota

Idhul Fitri 1445 H, PEMINTA & PEMBERI MAAF dalam Konteks Jatidiri Kemanusiaan

Redaksi Posberitakota

Leave a Comment

Beranda
Terkini
Trending
Kontak
Tentang