PosBeritaKota.com
Megapolitan

Didampingi Dirut PAM Jaya, PJ GUBERNUR HERU BUDI Dukung Percepatan Akses & Pastikan Warga RW 01 Kamal Muara Dapat Air Bersih

JAKARTA (POSBERITAKOTA) –
Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono meninjau permukiman warga RW 01, Kelurahan Kamal Muara, Penjaringan, Jakarta Utara, Senin (18/3/2024). Sedangkan kedatangannya itu untuk memastikan kondisi akses air bersih bagi warga sekitar.

Dalam kegiatan tersebut, Heru Budi didampingi oleh Asisten Perekonomian dan Keuangan Sekda Provinsi DKI Jakarta Sri Haryati, Wali Kota Administrasi Jakarta Utara Ali Maulana Hakim, serta Direktur Utama Perumda PAM Jaya Arief Nasruddin.

Dikatakan Heru Budi bahwa saat ini Perumda PAM Jaya telah memasang akses air bersih di RW 01, Kamal Muara, untuk kebutuhan 3.000 Kepala Keluarga (KK) dari 4.000 KK yang ditargetkan. Pj. Gubernur Heru menilai, kehadiran akses pipa baru ini telah mengurangi beban pengeluaran bagi warga sekitar untuk membeli air bersih.

“Bahkan, kita masih proses pengerjaan untuk 1.000 KK yang tersisa, dan ini sedang berlangsung, kurang lebih proses perampungannya sekitar satu bulan dari saat ini. Di samping itu, sebelum terpasang pipa oleh PAM Jaya, biasanya warga membeli air gerobak sehari seharga 10.000 hingga 15.000 rupiah, dan itu tergantung pemakaian,” tuturnya.

Pj Gubernur DKI Jakarta lebih jauh menuturkan bahwa biaya air bersih yang dikeluarkan warga untuk pemenuhan air bersih sebelum terpasang pipa PAM Jaya bisa mencapai 400.000 rupiah per bulan. Dengan menggunakan air bersih dari PAM Jaya, maka warga dapat menghemat pengeluaran.

“Jadi, rata-rata saya tanyakan biaya yang dikeluarkan warga pada umumnya dalam sebulan menggunakan air PAM Jaya itu di kisaran Rp 120.000 hingga Rp 150.000. Separuhnya (dari harga air gerobak). Bahkan, bisa lebih murah lagi, tergantung pemakaian,” tegas Heru Budi.

Pada saat ini, lanjut Heru Budi, masyarakat bisa menikmati air bersih dengan biaya yang lebih terjangkau dan ini adalah berkat kerja jajaran PAM Jaya. Saya titip kepada warga untuk menggunakan air bersih dengan bijak, karena kebutuhannya cukup banyak se-Jakarta,” tambahnya.

Selanjutnya, Heru Budi juga menjelaskan bahwa saat ini masih terdapat berbagai kawasan yang berpotensi mengalami krisis air di ujung pesisir Jakarta. Untuk itu, Pemprov DKI Jakarta melalui Perumda PAM Jaya tengah gencar menanggulangi permasalahan tersebut, terutama agar siap menghadapi musim kemarau.

“Contohnya seperti di sekitar Cilincing, Marunda dan Muara Baru, itu akan kita prioritaskan. Saat ini, pipanisasi yang telah dikerjakan PAM Jaya untuk memenuhi akses air bersih warga Jakarta sekitar 69 persen, yang mana masih perlu dilakukan perbaikan pipa sekunder dan primer,” jelas Pj Gubernur DKI Jakarta.

Sementara itu Ketua RT 011/RW 001 Kamal Muara, Ade Saputra bersyukur, karena di wilayahnya kini telah terpasang akses air bersih. Sebelumnya, warga sekitar mengalami kesulitan dalam memperoleh air bersih.

“Saya mewakili warga di sini, merasa terbantu sekali dengan adanya pemasangan (pipa) PAM secara gratis. Ini sangat membantu, jadi bisa berhemat sekitar 50-60 persenan dari pengeluaran biaya air sebelumnya. Yang tadinya beli air Rp 450.000 per bulan, sekarang hanya Rp 70.000 bahkan bisa mencapai Rp 50.000 per bulan. Alhamdulillah, meskipun kami mengalami kesulitan air cukup lama, tetapi selama 4 bulan ini kita telah merasakan akses air bersih yang murah dan pemasangan pipa yang gratis,” kata Ade, mengakhiri. © RED/PBK/AGUS SANTOSA

Related posts

Terbawa Angin Barat, LAUTAN SAMPAH di Pesisir Jakarta Datang dari Bekasi-Tangerang-Lampung

Redaksi Posberitakota

Pastikan Sebagai Ormas Pendukung Pemerintah, BASRI BACO Dilantik Jadi Ketua DPD Bapera DKI

Redaksi Posberitakota

Di Bekasi Kota, ORANGTUA MURID Menjerit Rogoh Kocek Rp 3 – 5 Juta Masuk SMA

Redaksi Posberitakota

Leave a Comment

Beranda
Terkini
Trending
Kontak
Tentang