27.9 C
Jakarta
28 April 2024 - 02:08
PosBeritaKota.com
Syiar

Bukan Cuma Santuni Anak Yatim, MASJID BAITURAHIM Angkasa Jakarta Pusat Gelar Bazaar Ramadhan

JAKARTA (POSBERITAKOTA) – Gebyar Ramadhan yang di antaranya diisi kegiatan Santunan Anak Yatim, Lomba Anak Muslim, Tausyiah – diadakan pengurus Masjid Baiturahim Angkasa yang berlokasi di Komplek Wisma Angkasa Pura, Jalan Mokmer I Kelurahan Gunung Sahari Utara, Sawah Besar, Jakarta Pusat, Sabtu (23/3/2024).

Event religi di atas dimaksudkan untuk lebih memakmurkan pelaksanaan bulan suci Ramadhan 1445 Hijriyah/2024 Masehi. Namun di balik kegiatan Santunan Anak Yatim, ada momen mengharukan dari pengakuan seorang bocah kelas 3 SD. Kenapa? Karena, ia mengaku uang pemberian santunan tersebut akan diserahkan kepada kakak yang mengasuhnya untuk membantu biaya kontrak rumah.

“Iya, nanti kalau sudah sampai di rumah, uangnya saya kasihkan ke kakak untuk bayar sewa rumah dan beli baju Lebaran,” cetus Abi, warga RW 06 Gunung Sahari Selatan, Kemayoran, Jakarta Pusat. Malah, bocah tersebut diketahui merupakan anak bungsu dari lima bersaudara yang sejak beberapa tahun lalu kehilangan kedua orangtua karena sakit.

Diketahui bahwa sejak ayah dan ibunya meninggal dunia, Abi diasuh semampunya oleh kakak perempuannya yang baru menginjak dewasa. Kelima anak yatim piatu ini tinggal bersama di rumah kontrakan. Ia dan salah satu kakaknya, anak nomor 4 yang duduk di kelas 6, sama-sama menerima santunan dari pengurus Masjid Baiturahim Angkasa.

“Jadi, dulu kami juga pernah dapat santunan uang di masjid ini. Dan, uangnya saya berikan ke kakak yang besar untuk beli makan dan baju Lebaran,” ungkapnya dengan nada trenyuh.

Dalam kesempatan yang sama Ketua Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) Baiturahim Angkasa, Iim Rusyamsi, mengatakan bahwa kegiatan santunan ini menyentuh 100 anak yatim yang berasal dari Kelurahan Gunung Sahari Utara dan sekitarnya.

“Harapannya, semoga bantuan ini dapat meringankan beban hidup sehari-hari anak yatim. Tujuannya bisa membuat bahagia mereka yang tengah menyongsong perayaan Idulfitri,” ucap Iim seraya menambahkan bahwa kegiatan ini juga dalam rangka peringatan Nuzulul Quran.

Bukan hanya memberikan santunan uang dan bingkisan kepada anak yatim, panitia juga menggelar Bazaar Ramadhan yang diikuti 12 UMKM, baik itu meliputi jualan kuliner maupun pakaian.

“Yang jelas, kami juga mengadakan berbagai lomba bertajuk Lomba Anak Muslim untuk menambah ketakwaan anak-anak sejak dini. Adapun tausyiah dengan tema Ramadhan Bulannya Al-Qur’an disampaikan oleh ustadz muda Abu Muhammad,” papar Iim pada acara yang dihadiri segenap pengurus Yayasan Masjid, DKM, sejumlah Ketua RT di RW 07, tokoh masyarakat dan perwakilan dari Kelurahan yakni Kasi Kesra Dedy.

Sepanjang bulan puasa, mulai hari pertama hingga terakhir nanti, pengurus masjid bersama pengurus lingkungan RT/RW juga melakukan berbagai rangkaian kegiatan. Antara lain berbagi Takjil Gratis, Kajian Kultum dan pada 10 malam terakhir nanti akan menyiapkan makan sahur bagi jamaah yang melakukan iktikaf di masjid.

“Syukur alhamdulillah, khususnya kegiatan bagi-bagi takjil gratis selalu ramai tiap hari. Targetnya cuma menyiapkan 50 paket takjil, namun ternyata tiap hari tersedia sekitar 70 sampai 100 paket dan semuanya habis. Bahkan, banyak jemaah dari luar komplek yang sengaja datang ke sini, karena katanya takjil yang diberikan pengurus RT maupun donatur lainnya rasa enak-enak,” bebernya.

Sebagai penutup, Ketua DKM Baiturahim Angkasa tak lupa ingin mengucapkan terimakasih kepada seluruh panitia dan donatur. Harapannya, semoga apa yang telah diberikan bagi kemakmuran di bulan suci Ramadhan 1445 Hijriyah kali ini, mendapat imbalan pahala yang setimpal dari Allah SWT © RED/PBK/AGUS SANTOSA

Related posts

Goresan Imam Besar Masjid Istiqlal, Menuju ‘Fana’ dan ‘Baqa’

Redaksi Posberitakota

Saat MR & AM Menggelar Maulid Nabi di Babelan Bekasi, AL-HABIB MAHDI BIN MUHAMMAD AL-HIYED Ajak Jamaah Hidupkan Sunah Rasul

Redaksi Posberitakota

SAMPAI AKHIR ZAMAN KELAK, PESAN NABI MUHAMMAD SAW KE UMATNYA : JADIKAN AL-QUR’AN & HADIST UNTUK PEGANGAN HIDUP

Redaksi Posberitakota

Leave a Comment

Beranda
Terkini
Trending
Kontak
Tentang