Di Balaikota Pemprov DKI, PJ GUBERNUR HERU BUDI Serahkan Tropi ke Pemenang Festival Beduq 2024

JAKARTA (POSBERITAKOTA) – Heru Budi Hartono selaku Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta menyerahkan trophy atau penghargaan kepada pemenang Festival Bedug Tingkat Provinsi DKI Jakarta Tahun 2024 di Balairung, Balaikota Pemprov DKI Jakarta, Senin (1/4/2024).

Melalui kesempatan tersebut, Heru Budi menuturkan bahwa pelaksanaan festival ini merupakan wujud nyata upaya pelestarian budaya Betawi lewat pertunjukkan bedug dengan nuansa Islami di Kota Jakarta.

“Harapannya semoga prestasi yang diraih para pemenang menjadi inspirasi bagi generasi muda lainnya untuk terus berkontribusi dalam melestarikan budaya Betawi di Kota Jakarta. Maka itu, saya ucapkan selamat kepada para pemenang,” tuturnya.

Pada sisi lain, Pj Gubernur DKI juga mengapresiasi seluruh pihak yang terlibat untuk mensukseskan Festival Bedug ini. “Saya berpesan kepada Dinas Kebudayaan Provinsi DKI, agar terus mendukung pelibatan generasi muda Jakarta dalam berbagai kegiatan budaya. Baik itu melalui pelatihan, penampilan maupun lomba, seperti dalam Festival Bedug ini,” ungkapnya.

Sedangkan Kepala Dinas Kebudayaan Provinsi DKI Jakarta, Iwan Henry Wardhana, mengungkapkan bahwa Festival Bedug Tingkat Provinsi DKI Jakarta Tahun 2024 ini, telah selesai dilaksanakan di Halaman Balaikota Jakarta, Jumat (28/3/2024) lalu. “Untuk Festival Bedug diselenggarakan secara berjenjang dari tingkat kota/kabupaten hingga provinsi,” jelas Iwan.

Ditambahkan Iwan bahwa Festival Bedug Tingkat Provinsi DKI Jakarta Tahun 2024 diikuti sebanyak 16 grup. Mereka yang meraih Juara 1, 2 dan 3 pada kegiatan serupa yang digelar di 5 wilayah Kota dan Kabupaten Administrasi. Setiap grup melibatkan sembilan orang. Dan, terdiri dari lima orang pemukul bedug, dua orang pelantun takbir, dan dua orang pemain musik tambahan.

“Dalam Festival Bedug Tingkat Provinsi DKI Jakarta Tahun 2024 menghasilkan lima juara, yakni Juara I diraih oleh grup dari Kelurahan Matraman, Jakarta Timur. Kemudian, Juara II diraih oleh grup dari Kelurahan Balekambang, Jakarta Timur. Juara III diraih oleh grup dari Kelurahan Kemayoran, Jakarta Pusat. Sedangkan Juara Harapan I diraih oleh perwakilan dari Kelurahan Petukangan Utara, Jakarta Selatan, serta Juara Harapan II diraih oleh perwakilan dari Kelurahan Galur, Jakarta Pusat,” urainya.

Lebih jauh Irwan menuturkan bahwa para pemenang Festival Bedug Tingkat Provinsi DKI Jakarta menerima tropi, piagam penghargaan dan uang pembinaan dengan jumlah yang bervariasi, yakni Juara I sebesar Rp 25 juta, Juara II sebesar Rp 20 juta, Juara III sebesar Rp 15 juta, Juara Harapan I sebesar Rp 12,5 juta, dan Juara Harapan II sebesar Rp 10 juta. © RED/PBK/AGUS SANTOSA

Related posts

Pancang Komitmen Perkuat Integritas, PEMPROV DKI Gelar Program Bimtek Antikorupsi Bagi ASN

Dari Daftar Aset & Siap Dilelang, KOMISI C DPRD Belum Setujui Penghapusan 417 Unit Bus TransJakarta

Gandeng TNI/Polri, DISHUB DKI JAKARTA Bersama Satpol PP Tertibkan Parkir & Jukir Liar