PosBeritaKota.com
Nasional

Kali Pertama Dalam Sejarah & Versi Forbes, BOS ‘SAMSUNG’ LEE JAE-YONG Merupakan Orang Terkaya di Korea Selatan

JAKARTA (POSBERITAKOTA) – Untuk kali pertama dalam sejarah, ada sosok atau orang terkaya di negeri Ginseng (Korea Selatan) versi Forbes. Dia adalah Lee Jae-yong yang merupakan Komisaris Eksekutif alias ‘Bos Besar‘ dari Samsung Electronics.

Sedangkan yang tercatat di daftar 50 orang terkaya Korea Selatan (Korsel) terbaru versi Forbes, menyebutkan bahwa kekayaan Lee berada di angka 11,5 miliar dollar AS atau sekitar Rp 186 triliun. 

Angka tersebut lebih tinggi dibanding kekayaan Kim Byung-ju, seorang komisaris dari salah satu perusahaan investasi terbesar di Asia, MBK Partners. Namun kekayaan Kim itu sendiri, tercatat di angka 9,7 miliar dollar AS (sekitar Rp 157 triliun).

Sementara itu menurut dari berbagai laporan, Lee justru sukses memuncaki daftar orang terkaya di Korea Selatan versi Forbes berkat harga saham Samsung yang belakangan meningkat. Disebutkan data MarketScreener, kepemilikan saham Lee di Samsung berkisar di . 1,6 persen. 

Dalam hal terkait harga saham, berdasarkan data MarketWatch, harga saham Samsung sempat menyentuh angka 80.000 won Korea dalam beberapa waktu ini. Sebelumnya, harga saham perusahaan ini berada di kisaran 70.000 won Korea.

Bahkan, peningkatan harga saham Samsung Electronics dipicu oleh sentimen positif pasar atas langkah Nvidia yang memesan komponen memori yang memiliki performa tinggi (High-Bandwidth Memory/HBM) buatan Samsung

Seperti memori HBM ini kabarnya dipakai Nvidia untuk mentenagai chip AI bikinan mereka. Sehingga, angka kekayaan Lee yang meningkat tadi bisa dibilang dipicu oleh AI yang marak digunakan oleh para perusahaan teknologi dunia. 

Jika menengarai kiprah karier Lee yang berhasil menjadi orang terkaya di Korea Selatan ini, tak lepas dari bayang-bayang ayahnya yang sebelumnya juga menjabat sebagai komisaris di Samsung Electronics, Lee Kun-hee.

Patut diketahui bahwa sebelumnya, Kun-hee selalu dinobatkan Forbes sebagai orang terkaya di Korea Selatan sejak 2005 lalu. Kun-hee meninggal pada Oktober 2020 lalu, dan kini, posisi komisaris dipegang oleh anaknya, Jae-yong.

Hanya saja terkait Lee Jae-yong, orang terkaya nomor satu di Korea Selatan versi Forbes ini, bisa dibilang malaulh memiliki masa lalu yang cukup kelam. 

Mau tahu? Sosoknya sempat ditangkap dan dibui beberapa kali, setelah dituduh melakukan penipuan keuangan dalam kasus merger antara Cheil Industries serta Samsung C&T pada tahun 2015 silam.

Kendati begitu, tetap beruntung karena bisa terbebas dari penjara, setelah mendapatkan amnesti Presiden di tahun 2022 lalu. Dalam pandangan Presiden, Jae-yong diberikan amnesti karena menilai perusahaan yang dinakhodai dia sangat penting bagi perekonomian Korea Selatan. © RED/NIRA MA/EDITOR : GOES

Related posts

Bagi Pemudik Lebaran, KAPOLRES SERANG KOTA: Waspada & Perhatikan Rumah Sebelum Ditinggal

Redaksi Posberitakota

Fenomena Urban, WARUNG MADURA & Pembangunan Entrepreneurship di Indonesia

Redaksi Posberitakota

Dalam Pengelolaan Zakat, BAZNAS Terapkan Prinsip 3A untuk Menjaga Kepercayaan Masyarakat

Redaksi Posberitakota

Leave a Comment

Beranda
Terkini
Trending
Kontak
Tentang