PosBeritaKota.com
Megapolitan

Program KJP Tak Ada Lagi, KOMISI E DPRD DKI Godok Wacana Seluruh Sekolah di Jakarta Gratis

JAKARTA (POSBERITAKOTA) – Konsekuensinya program Kartu Jakarta Pintar (KJP) bakal tak ada lagi, jika wacana penggratisan seluruh sekolah negeri maupun swasta di Jakarta bisa dilaksanakan. Topik tersebut di atas mengemuka dalam rapat kerja pembahasan Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) penggunaan APBD tahun 2023 di Grand Cempaka Resort and Convention, Megamendung, Cipayung, Bogor yang berakhir Sabtu (27/4/2024) kemarin.

“Mewacanakan sekolah gratis memang selalu dicetuskan di Komisi E DPRD DKI sejak dari 2019-2024. Artinya agar di tahun atau periode berikutnya, sekolah negeri dan swasta, bisa digratiskan,” tegas Imam Satria, Ketua Komisi E DPRD DKI Jakarta.

Menurutnya, selain untuk meningkatkan kualitas pendidikan, sekolah gratis diharapkan tidak menimbulkan masalah rutin sekolah setiap tahun. Seperti pendaftaran peserta didik baru hingga tertahannya ijazah siswa di sekolah swasta akibat menunggak biaya bulanan.

Jika seluruh sekolah gratis, ditambahkan politisi Partai Gerindra tersebut, juga dapat memutus ketimpangan sosial dan tak perlu lagi ada program Kartu Jakarta Pintar (KJP) yang saat ini penerima manfaatnya belum merata.

“Harapannya semua sekolah di Jakarta digratiskan. Jadi, nanti bakal tak ada lagi KJP. Makanya, tadi saya sengaja break rapat ini. Saya bilang supaya mereka kompromi dulu. Bukan cuma sebatas lips service. Nah, kita mau mendengar penjelasan kongkretnya,” ucap Iman serius kepada media yang datang meliput rapat kerja pembahasan Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) penggunaan APBD tahun 2023

Tentang kebijakan sekolah gratis, disampaikan Iman, Pemprov DKI segera merealisasikan program tersebut agar para siswa dapat merasakan manfaat pendidikan secara merata, baik itu di sekolah negeri maupun swasta.

Sedangkan harapan utamanya adalah dapat memutus rantai kemiskinan akibat putus sekolah banyak dialami kalangan anak-anak dengan kategori tak mampu. “Syukur ahamdulillah setelah dilakukan kajian, kita akan membuat forum untuk lebih kongkrit lagi masalah ini,” pungkasnya. © RED/AGUS SANTOSA

Related posts

Digelar di Anjungan Sumut TMII, FESTIVAL TARI SERAMPANG DUABELAS SE – NUSANTARA ke-VIII

Redaksi Posberitakota

Jika Melanggar Dikenai Sanksi, 13 BUMD & PT JIEP Tandatangani Pakta Integritas Netral dalam Pemilu 2024

Redaksi Posberitakota

Beri Edukasi Literasi Keuangan, BANK DKI Bareng PEMPROV DKI Berharap ke UMKM Siap Hadapi Era Ekonomi Kompetitif

Redaksi Posberitakota

Leave a Comment

Beranda
Terkini
Trending
Kontak
Tentang