PosBeritaKota.com
Megapolitan

Peringati Hardiknas 2024, SEKDA JOKO AGUS Bacakan Amanat Tentang Kebijakan Merdeka Belajar Bisa Diterapkan di Jakarta

JAKARTA (POSBERITAKOTA) – Saat memimpin upacara peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) tahun 2024 di lingkungan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI, Sekretaris Daerah (Sekda) Joko Agus Setyono membacakan amanat Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbudristek) tentang perjalanan gerakan ‘Merdeka Belajar‘ selama lima tahun terakhir untuk mewujudkan Sumber Daya Manusia (SDM) unggul Indonesia yang memiliki profil pelajar Pancasila.

“Lima tahun terakhir adalah waktu yang mengesankan dalam perjalanan kami di Kemendikbudristek. Menjadi pemimpin dari gerakan Merdeka Belajar semakin menyadarkan kami tentang tantangan dan kesempatan yang kita miliki untuk memajukan pendidikan Indonesia,” ucap Joko Agus, Kamis (2/5/2024) di Balaikota Pemprov DKI Jakarta.

Menurut Joko Agus lebih lanjut bahwa di dalam implementasinya, gerakan ‘Merdeka Belajar’ mengalami beragam tantangan. Salah satunya pandemi yang berdampak dalam perubahan proses belajar mengajar. Namun, dengan kebijakan yang tepat, tantangan tersebut justru dapat mengakselerasi perubahan untuk perbaikan dan kemajuan.

“Saat ini kita sudah mulai merasakan perubahan terjadi di sekitar kita, digerakkan bersama-sama dengan langkah yang serentak dan serempak. Wajah baru pendidikan dan kebudayaan Indonesia sedang kita bangun bersama dengan gerakan Merdeka Belajar,” papar Sekda Joko Agus, menambahkan.

Ditambahkan bahwa dengan adanya gerakan ‘Merdeka Belajar‘, anak-anak Indonesia berani bermimpi karena merasa merdeka saat belajar di kelas. Para guru juga berani mencoba hal-hal baru karena mendapat kepercayaan untuk mengenal dan menilai muridnya.

Bahkan, para mahasiswa pun siap berkarya dan berkontribusi karena ruang untuk belajar tidak lagi terbatas di dalam kelas. Selain itu, para seniman dan pelaku budaya terus didukung untuk berekspresi.

“Sebab, kurun waktu lima tahun bukan waktu yang sebentar untuk menjalankan tugas memimpin gerakan Merdeka Belajar. Namun lima tahun juga bukan waktu yang lama untuk membuat perubahan yang menyeluruh. Kita sudah berjalan menuju arah yang benar, tetapi tugas kita belum selesai. Semua yang telah kita jalankan harus diteruskan sebagai gerakan yang berkelanjutan. Semua yang sudah kita upayakan harus sebagai perjalanan ke arah perwujudan sekolah yang kita cita-citakan,” paparnya.

Selepas memimpin upacara, Sekda Joko Agus juga menjelaskan harapannya agar gerakan ‘Merdeka Belajar‘ dapat diterapkan dengan baik di Kota Jakarta. “Jadi dari waktu ke waktu, kita terus mengevaluasi dan meningkatkan proses belajar mengajar, agar kelak kualitasnya makin baik,” tutupnya. © RED/AGUS SANTOSA

Related posts

Jadi Inspirasi Warga Merawat Lingkungan, PJ GUBERNUR DKI HERU BUDI Bagikan Trophy Pemenang ‘Kampung Bersih’

Redaksi Posberitakota

Tak Sabar Antri Ganti KTP, WANITA DIDUGA STRESS Ngamuk & Rusak Peralatan Kantor Pelayanan Dukcapil Kota Bekasi

Redaksi Posberitakota

Melalui Terapi ‘Sentuhan Jari Nur Hikmah’, Dermawan Sembuhkan Berbagai Penyakit Serius

Redaksi Posberitakota

Leave a Comment

Beranda
Terkini
Trending
Kontak
Tentang