Datang dari Seluruh Jabodetabek, RIBUAN ORANG Hadiri Acara ‘Malam Seribu Doa Perantau Peduli Ranah Minang’ di TMII

JAKARTA (POSBERITAKOTA) – Antusiasme sepertinya tak terbendung dengan kehadiran ribuan orang dalam acara ‘Malam Seribu Doa Perantau Peduli Ranah Minang‘ yang diadakan di Anjungan Sumatera Barat (Sumbar) Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jumat (24/5/2024) malam tadi.

Mereka yang turut hadir memberikan perhatian besar terhadap saudara-saudaranya yang tengah tertimpa musibah bencana, datang dari masyarakat Minang (Sumbar) yang tinggal menyebar di wilayah Jakarta, Bogor, Tangerang, Bekasi (Jabodetabek).

Tak ayal seluruh areal Anjungan Sumbar TMII, begitu sesak dipadati ribuan masyarakat Minang. Mereka hadir bukan hanya untuk ikut peduli sosial dan memanjatkan doa saja. Tapi juga ikut menyisihkan rejeki dan hartanya untuk berdonasi atau disumbangkan guna membantu bagi pemulihan kehidupan saudara-saudaranya.

Acara ‘Malam Seribu Doa Perantau Peduli Ranah Minang’, dibuka dengan pembacaan doa yang dipimpin langsung oleh Dr. Hj. Nurdiati Akma MSi. Karenanya, tak heran jika suasana acaranya, begitu terasa lebih khidmat dan mengharukan.

Selaku Ketua Dewan Pembina Perantau Minang Bersatu dan sekaligus Ketua Umum Rumah Seniman Minang, Mel Sofyan, menyampaikan sikap apresiasinya. Terutama kepada seluruh pihak yang terlibat atas suksesnya acara. Begitu pun kepada ribuan warga masyarakat perantau Minang yang tersebar di wilayah Jabodetabek

“Tentunya, kita sebagai warga masyarakat Minang yang ada di Jabodetabek, tak boleh berpangku tangan. Dituntut kepeduliannya, setelah melihat saudara-saudara yang tengah ditimpa musibah dan sangat membutuhkan uluran tangan kita,” tuturnya.

Sedangkan hasil donasi yang terkumpul dari acara ‘Malam Seribu Doa Perantau Peduli Minang’, ditambahkan Mel Sofyan, bakal disalurkan langsung oleh panitia penyelenggara (Panpel) kepada masyarakat yang tertimpa musibah di Ranah Minang dalam beberapa hari kedepan.

Hal senada juga disampaikan Ketua Panpel acara ‘Malam Seribu Doa Perantau Peduli Ranah Minang‘, Anton Wijaya. “Kita akan berkoordinasi dengan Ketua Pengurus Organisasi Perantau Minang dan Pemerintah Daerah setempat. Sesegera mungkin menyalurkan donasi yang telah diperoleh di acara malam ini,” katanya, menambahkan.

Dalam acara tersebut juga turut dihadiri sejumlah tokoh masyarakat Minang. Antara lain Ketua Bundo Kanduang DPP IKM, Pengurus IKM dari berbagai daerah, Direktur Operasional Taman Mini Indonesia Indah dan ratusan Pengurus Organisasi Perantau Minang se-Jabodetabek.

Sementara itu yang tak kalah penting adalah pertunjukkan seni budaya dari Ranah Minang. Atraksi-atraksinya begitu menghibur para hadirin yang datang ke Anjungan Sumatera Barat (Sumbar), Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta Timur.

Selain itu juga dimeriahkan penampilan kesenian daerah lainnya yang meliputi dari Kalimantan, Papua, Bengkulu serta. lainnya. Sebut saja penampilan Seniman Minang Alkawi, Thalia Koto dan persembahan tari-tarian dari Sanggar Tari Limpapeh yang membuat histeris para pengunjung yang hadir. © RED/REL/AGUS SANTOSA

Related posts

Selain Jadi Ajang Silaturahmi Rutin, ALUMNI SMPN 1 KROYA Cilacap Jawa Tengah 1979/1980 Merajut Kenangan di Usia Senja

Merupakan Lembaga Nirlaba, 9 SRIKANDI INDONESIA Wujudkan Wahana Keberagaman Namun Toleran

Di Sanggar Humaniora Kota Bekasi, BEM-PRODI TARI UNJ Kembali Bikin Aksi Peduli