31.7 C
Jakarta
19 July 2024 - 13:23
PosBeritaKota.com
Megapolitan

Dihadiri PJ Heru Budi, DISKOMINFOTIK DKI Gelar Penganugerahan Pemenang Lomba Foto CoJ 2024

JAKARTA (POSBERITAKOTA) – Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik (Diskominfotik) Provinsi DKI Jakarta menggelar Penganugerahan Pemenang Lomba Fotografi Color of Jakarta (CoJ) 2024, bertempat di Balai Agung, Balaikota, Jakarta Pusat, Rabu (26/6/2024).

Ajang CoJ 2024 itu sendiri mengangkat tema ‘Sejuta Pesona Jakarta‘ dengan 4 kategori lomba. Masing-masing adalah Photo Series, Human in Jakarta, Jakarta’s Public Space & Landscape, dan Jakarta’s Public Space & Landscape (Drone).

Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono, selain hadir juga menyerahkan hadiah kepada para pemenang yang telah dikurasi tim juri profesional.

Dikatakan Heru Budi bahwa lomba karya fotografi ini merupakan salah satu rangkaian perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-497 Kota Jakarta. CoJ juga menjadi kegiatan yang dinanti-nantikan warga Jakarta untuk menangkap kehidupan Kota Jakarta dalam sebuah karya foto.

Terbukti, antusiasme masyarakat untuk mengikuti lomba ini mengalami peningkatan yang cukup besar. Sebanyak 4.539 karya foto dari 979 peserta lomba terkumpul. Jumlah ini meningkat 30 persen dari CoJ 2023 lalu yang menerima 3.115 karya foto dari 640 peserta.

“Namun saya berterima kasih kepada warga Jakarta yang sangat antusias mengikuti dan berpartisipasi dalam CoJ 2024 ini. Jumlah peserta yang meningkat 30 persen menunjukkan antusiasme yang tinggi dalam mengekspresikan Jakarta melalui ruang digital. Hal ini memberikan optimisme bagi kami untuk mewujudkan Jakarta sebagai Kota Global yang dapat melahirkan berjuta pesona,” tegas Heru Budi.

Sementara itu dalam kesempatan yang sama, Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Kominfotik Provinsi DKI Jakarta, Sigit Widjatmoko, memaparkan bahwa tema lomba fotografi CoJ 2024 merupakan elaborasi dari tema HUT ke-497 Kota Jakarta yaitu ‘Jakarta Kota Global Berjuta Pesona’.

Tema tersebut dituangkan dalam 4.539 foto dari 979 peserta. Jumlah ini terdiri dari 1.370 foto kategori Human in Jakarta, 1.076 foto kategori Public Space and Landscape, 408 foto kategori Drone, dan 1.685 foto kategori Photo Series.

Sedangkan seluruh foto yang masuk telah dikurasi oleh dewan juri profesional yaitu Darwis Triadi (Fotografer Profesional), Arbain Rambey (Pewarta Foto Indonesia), dan Barry Kusuma (Travel Fotografer dan Videografer).

“Tak lupa, kami mengucapkan terima kasih kepada para dewan juri, komunitas fotografi, media massa, dan pihak-pihak yang selalu mendukung Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dalam menyelenggarakan lomba fotografi Color of Jakarta sejak tahun 2010,” jelas Sigit.

Untuk pemenang lomba mendapatkan piala dan uang tunai. Juara 1 mendapatkan hadiah uang tunai senilai Rp 15.000.000, juara 2 senilai Rp 10.000.000, dan juara 3 senilai Rp 8.000.000.

Sigit mengatakan bahwa hadiah tersebut merupakan apresiasi sekaligus motivasi kepada para pemenang, sehingga penyelenggaraan lomba fotografi CoJ pada tahun-tahun mendatang dapat menghasilkan karya-karya yang semakin beragam dan bisa mengeksplor semua sisi Kota Jakarta.

Untuk pemenang Color of Jakarta 2024
Kategori Human in Jakarta:
Juara 1: Andhika Prasetia – Penyambutan Bhikku Thudong
Juara 2: Arief Hermawan P. – Merawat Stasiun LRT Jabodebek
Juara 3: Ahmad Tri Hawaari – Berbagi Buka Puasa di Vihara Dharma
Kategori Jakarta’s Public Space and Landscape
Juara 1: Yogi Rahma Syukri – Pertandingan di Penghujung Sore
Juara 2: Andre Hidayat – Lautan Manusia
Juara 3: Thoudy Badai – Wisata di Dufan
Kategori Jakarta’s Public Space and Landscape (Drone)
Juara 1: Nofianto – Suasana Pagi di Kota Jakarta yang Indah
Juara 2: Iqbal Fahma Warastomo – Bermain Wahana Air di Jakarta Utara
Juara 3: Vincent Nursalim – Tambah Ikan di Pantai Maju
Kategori Photo Series
Juara 1: Immanuel – Siluetnya Kawasan Perpus Jakarta
Juara 2: Adhi Wicaksono – Mengubah Sampah Ciliwung Menjadi Pupuk
Juara 3: Herman Subekti – Nelayan Kerang Hijau. © RED/AGUS SANTOSA

Related posts

Sambut Wisatawan dari Mancanegara, KOTA JAKARTA Siap Kembangkan Wisata Tematik

Redaksi Posberitakota

Kantor Pusat Harus Tahu, BAZNAS KOTA BEKASI ‘PHP’ Beri Bantuan ke Pedagang tapi Tak Sesuai Fakta yang Dijanjikan

Redaksi Posberitakota

Demi Kawal Juara untuk di PON XXI Aceh-Sumut, KONI DKI JAKARTA Bakal Gelar Apel Pelatda Bersama 1.002 Atlet

Redaksi Posberitakota

Leave a Comment

Beranda
Terkini
Trending
Kontak
Tentang