Dalam Hal Transaksi Perbankan Syariah, UUS BANK DKI & Yayasan Pendidikan Fatahillah Jalin Kerjasama

JAKARTA (POSBERITAKOTA) – Dalam rangka memperluas penggunaan produk perbankan syariah khususnya di dunia pendidikan, Bank DKI bersama Yayasan Pendidikan Fatahillah Jakarta sepakat menjalin kerjasama yang ditandai dengan penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) mengenai Pemanfaatan Layanan Jasa dan Produk Perbankan Syariah, di Jakarta pada Kamis (25/7/2024) kemarin.

Dengan penandatanganan Nota Kesepahaman ini, Bank DKI siap memberikan dukungan transaksi perbankan syariah bagi Yayasan Pendidikan Fatahillah Jakarta yang menaungi lembaga pendidikan STIE Indonesia Jakarta, mulai dari layanan Cash Management System (CMS), pembukaan rekening Tabungan, Giro dan Deposito, layanan pendaftaran Haji dan Umroh, hingga program Gironde potensi ekonomi syariah untuk masyarakat di lingkungan Yayasan Pendidikan Fatahillah Jakarta.

Dikatakan Direktur Utama Bank DKI, Agus H. Widodo melalui keterangan tertulisnya menyampaikan dukungannya terhadap transaksi perbankan syariah di Yayasan Pendidikan Fatahillah Jakarta. “Hal ini merupakan bagian dari komitmen kami untuk memperluas aksesibilitas terhadap layanan keuangan syariah di berbagai sektor dan termasuk ekosistem pendidikan,” tuturnya.

Lebih lanjut, Agus berharap bahwa sinergi ini dapat memberikan manfaat yang positif bagi pengguna layanan Bank DKI di Yayasan ini, serta menjadi langkah awal untuk meningkatkan inklusi keuangan di wilayah Jakarta.

Diluar dukungan layanan keuangan syariah, kerjasama ini juga mencakup bidang pendidikan, diantaranya pengabdian dan penelitian bagi dosen, program magang mahasiswa, kerjasama publikasi antar lembaga serta dalam bentuk lainnya yang menguntungkan kedua belah pihak.

Bentuk dukungan Bank DKI di bidang pendidikan juga diwujudkan diantaranya sebagai fasilitator penyaluran Kartu Jakarta Pintar dan Kartu Jakarta Mahasiswa Unggul, Bantuan Operasional Sekolah dan Bantuan Operasional Pendidikan.

Bank DKI juga telah meluncurkan program Student Loan, yaitu program pinjaman untuk pembiayaan uang kuliah dengan skema multiguna yang bertujuan memberi solusi keuangan yang terjangkau dan mudah diakses bagi mahasiswa.

Termasuk kerjasama Bank DKI dengan Universitas Gunadarma, Universitas Padjajaran, STIA LAN, Institut Pemerintahan Dalam Negeri, Universitas Negeri Jakarta, UIN Syarif Hidayatullah, Universitas Nasional, Universitas Negeri Sebelas Maret dan akan terus diperluas dengan sejumlah
Perguruan Tinggi terkemuka lainnya.

Hal senada Sekretaris Perusahaan Bank DKI, Arie Rinaldi, ikut menambahkan bahwa kerjasama ini menunjukkan komitmen Bank DKI untuk mendukung sektor pendidikan melalui layanan keuangan syariah yang inovatif dan terintegrasi.

“Kami berharap kerjasama ini dapat memberikan dampak positif dan memberdayakan komunitas pendidikan di Jakarta,” ucap Arie.

Sementara itu Rektor STIE Indonesia Jakarta, Prof Drs Ridwan Maronrong M.Sc menyambut baik kerjasama yang terjalin dan berharap hal ini menjadi awal dari rangkaian sinergi yang akan terjalin antara Bank DKI dan STIE Indonesia kedepannya.

“Kerjasama ini adalah langkah penting dalam mendukung kemajuan pendidikan dan inklusi keuangan syariah di Jakarta, khususnya di STIE Indonesia Jakarta,” kata Ridwan seraya menutup keterangannya. © REL/AGUS SANTOSA

Related posts

Di 2018-2023, BANK DKI Raih Penghargaan ‘The Excellent Performance Bank in 5 Consecutive Years’

Data Center Aman & Andal Pegang Peran Kunci, TRANSFORMASI DIGITAL Merevolusi Industri Keuangan

Banyak Negara Afrika & Asia Justru Gagal, KOMPETISI INOVATOR MUDA 2.0 Harus Bisa Menjawab Tantangan Bonus Demografi 2045 di Indonesia