Ada di Eks Johar Baru Teater, PJ GUBERNUR HERU BUDI Resmikan Groundbreaking RTH Guna Tingkatkan Manfaat Lahan

JAKARTA (POSBERITAKOTA) – Peresmian groundbreaking pembangunan Ruang Terbuka Hijau (RTH) di eks Johar Baru Teater (Jotet), Jakarta Pusat, dilakukan oleh
penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono, Selasa (17/9/2024) kemarin.

Nampak Heru Budi didampingi Walikota Jakarta Pusat, Dhany Sukma. Sedangkan peresmian ditandai dengan penandatanganan prasasti dan penanaman pohon Johar.

“Pada hari ini, kita berada di kawasan Kelurahan Johar Baru di Jalan Kramat Jaya Baru untuk meresmikan groundbreaking RTH di lahan eks Jotet. Di atas lahan ini, akan dilakukan beautifikasi atau revitalisasi aset Pemprov DKI seluas 968 meter persegi,” tutur Heru Budi.

Pelaksanaan revitalisasi dilakukan karena beberapa tahun belakangan lahan Jotet tidak bermanfaat secara maksimal. Karena itulah, Pemprov DKI berupaya meningkatkan manfaat lahan tersebut agar dapat berguna bagi masyarakat sekitar.

“Jadi, lahan ini kita bersihkan dan dihijaukan. Pedagang yang ada di sini kita relokasikan. Di sini ada tempat resapan air. Lalu, ada penanaman pohon yang barusan kita lakukan. Hal ini kita lakukan karena memang kebutuhan dan keinginan masyarakat,” ucap dia.

Maka itu, Heru Budi juga mengharapkan RTH di atas lahan eks Jotet dapat dimanfaatkan masyarakat secara maksimal. Baik itu untuk olahraga, taman bermain anak-anak maupun urban farming yang hasilnya dapat dinikmati bersama-sama.

Menurut Heru Budi agar semakin banyak lahan-lahan kosong yang dapat dijadikan RTH. Karena selain dapat menambah luasan RTH di Jakarta, juga memberikan ruang publik bagi masyarakat untuk saling berinteraksi dan mempererat tali silaturahmi.

“Bahkan banyak lahan di daerah lain juga selalu dihijaukan, ditanam pohon.  Pastinya semaksimal mungkin setiap gedung kantor atau gedung pemerintahan di Jakarta dimanfaatkan untuk RTH. Sehingga bisa dimanfaatkan untuk edukasi masyarakat dan anak-anak sekolah, serta membiasakan kita bercocok tanam untuk kebutuhan sayur-mayur, seperti cabai dan segala macam, agar kebutuhan dirinya bisa terselesaikan,” paparnya.

Melalui kesempatan yang sama Walikota Jakarta Pusat Dhany Sukma, mengatakan bahwa Pemkot Administrasi Jakarta Pusat sudah melakukan pembongkaran bangunan Jotet yang berdiri di atas lahan milik Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, Jalan Kramat Jaya Baru IV, RT 15/10, Kelurahan Johar Baru, Kecamatan Johar Baru, Senin (12/8/2024) beberapa waktu lalu.

Pembongkaran itu melibatkan pasukan pelangi dari Dinas Sumber Daya Air (SDA) Provinsi DKI Jakarta, Dinas Bina Marga Provinsi DKI Jakarta, Petugas Penanganan Prasarana dan Sarana Umum (PPSU), Dinas Pertamanan dan Hutan Kota (Distamhut) Provinsi DKI Jakarta, dan Dinas Lingkungan Hidup Provinsi DKI Jakarta. Pembongkaran tersebut melibatkan dua unit alat berat ekskavator.

“Namun rencanannya, lahan itu akan dijadikan RTH dan 20 persen lahannnya akan dimanfaatkan sebagai Ruang Terbuka Biru (RTB) berupa embung. Warga juga akan dapat memanfaatkan jogging track, lapangan olahraga multifungsi, serta musala,” terang Dhany.

Pada saat ini.pengerjaan RTH terus dilakukan Suku Dinas Pertamanan dan Hutan Kota Provinsi DKI Jakarta, Suku Dinas SDA Provinsi DKI Jakarta, Sudin Bina Marga Provinsi DKI Jakarta, Sudin Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (KPKP) serta Suku Dinas Pemuda dan Olahraga, Baznas Bazis Jakarta Pusat serta pihak kecamatan setempat.

“Malah ditargetkan pada Desember 2024 pembangunan RTH rampung dikerjakan,” tutup Dhany Sukma. © RED/AGUS SANTOSA

Related posts

Cegah Kebakaran, PLN UID JAKARTA RAYA Ingatkan Pentingnya Standarisasi Perangkat Listrik

Berbahaya & Kurang Perawatan, RATUSAN WARGA PENGHUNI Apartemen Ambassade Residence Kuningan Jaksel Datangi Kantor Dinas PRKP DKI

Gelar Latihan VIP Protection, POLDA METRO JAYA Siap Sukseskan Pilkada DKI Jakarta 2024