Di Lapangan Presisi Ditlantas, POLDA METRO JAYA Gelar Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila

JAKARTA (POSBERITAKOTA) – Dalam rangka memperingati Hari Kesaktian Pancasila yang jatuh pada 1 Oktober 2024, Polda Metro Jaya menggelar upacara di Lapangan Presisi Ditlantas Polda Metro Jaya. Selasa (1/10/2024).

Pelaksanaan upacara diikuti oleh seluruh Pejabat Utama dan Perwakilan Personel Polri dan PNS Polda Metro Jaya, bertindak sebagai Inspektur Upacara Irwasda Polda Metro Jaya Kombes Pol Nurcholis selaku yang mewakili Kapolda.

Sedangkan tentang tema yang diusung dalam peringatan Hari Kesaktian Pancasila  di tahun 2024 ini bertitel ‘Bersama Pancasila Kita Wujudkan Indonesia Emas’. Upacara ditandai dengan mengheningkan cipta, pembacaan teks Pancasila, pembacaan Pembukaan UUD 1945 dan pembacaan Ikrar.

Pada kesempatan itu, Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Ade Ary Syam Indradi, mengungkapkan bahwa peringatan Hari Kesaktian Pancasila ini merupakan simbol dari kesetiaan bangsa Indonesia terhadap Pancasila sebagai filsafah hidup dan ideologi pemersatu bangsa.

“Hari ini Polda Metro Jaya menggelar upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila. Dimana sejarah masa lalu pernah terjadi pengkhianatan terhadap Pancasila oleh Gerakan 30 September. Dan sampai saat ini Pancasila masih tetap menunjukkan kekuatan dan kesaktiannya, sehingga ini kita peringati sebagai Hari Kesaktian Pancasila,” katanya.

Ditambahkan Ade bahwa Pancasila merupakan ideologi yang harus kita pahami, kita hayati dan kita laksanakan dalam kehidupan sehari-hari. “Sehingga kita akan menjadi Bangsa Indonesia yang mampu memahami Pancasila, mampu memahami kebhinekaan dalam keberagaman, dan mampu menjadi warga negara Republik Indonesia yang baik,” tuturnya.

Selanjutnya, Ade juga berharap agar seluruh personel dalam menjalankan tugas harus sesuai dengan nilai-nilai Pancasila, yang tidak hanya menjadi fondasi kehidupan bernegara tetapi juga pedoman dalam menghadapi berbagai tantangan dan dinamika di tengah masyarakat

“Peringatan Hari Kesaktian Pancasila ini menjadi momen refleksi bagi kita semua, terutama dalam mengemban tugas menjaga keamanan, ketertiban, dan memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat. Nilai-nilai Pancasila harus terus hidup dalam setiap tindakan kita” ujar dia, mengakhiri. ® RED/POE-JIE/EDITOR : GOES

Related posts

Digelar KPU Mulai Minggu 6 Oktober, CAWAGUB RANO KARNO Ngaku Tak Memiliki Persiapan Khusus Jelang Debat

Resmi Dibuka, GELARAN ‘JID EXPO 2024’ Guna Mendorong Gagasan & Inovasi Baru Terkait Pembangunan Jakarta

Selain Gratifikasi & Judol, PEMPROV DKI Gelar Edukasi Anti Pungli Guna Wujudkan Pelayanan Publik Berintegritas