Bank DKI Sabet Jakarta Innovation Awards 2024 Melalui Produk Jakarta Tourist Pass

JAKARTA (POSBERITAKOTA) – Produk Jakarta Tourist Pass yang merupakan inovasi Bank DKI bersinergi dengan Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Disparekraf) Provinsi DKI Jakarta, berhasil menyabet gelar juara 3 kategori Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) pada ajang Jakarta Innovation Awards 2024 yang diselenggarakan di Jakarta, Selasa (01/10) kemarin.

Pemberian penghargaan yang diselenggarakan oleh Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Provinsi DKI Jakarta ini, diberikan dalam rangkaian acara Jakarta Innovation Days 2024 yang mengusung tema ‘Inovasi Jakarta Menuju Kota Global’.

Sedangkan Jakarta Tourist Pass itu sendiri merupakan inovasi layanan keuangan digital yang dirancang sebagai solusi digital untuk memudahkan wisatawan domestik maupun internasional mengakses layanan dan bertransaksi di kota Jakarta. Antara lain berupa kemudahan pembayaran digital untuk layanan transportasi publik, tempat wisata serta berbagai merchant dengan metode scan to pay QRIS.

Melalui keterangan resminya Direktur Utama Bank DKI, Agus H Widodo mengungkapkan bahwa Jakarta Tourist Pass merupakan salah satu inovasi yang dihadirkan Bank DKI untuk mendukung pariwisata, transportasi dan ekonomi kreatif di Jakarta. Bahkan penghargaan ini turut menjadi bukti komitmen kami untuk terus berinovasi dan memberikan kontribusi nyata bagi kemajuan Kota Jakarta sebagai Kota Global.

Sedangkan Direktur Teknologi & Operasional Bank DKI, Amirul Wicaksono, ikut menambahkan bahwa Jakarta Tourist Pass hadir sebagai solusi transaksi terintegrasi. Yakni menggabungkan kartu JakCard dan aplikasi yang terhubung dengan uang elektronik JakOne Pay dan juga memudahkan transaksi non tunai pariwisata di Jakarta.

Aplikasi ini dilengkapi fitur peta destinasi wisata, info event, pembayaran QRIS serta update saldo dan topup JakCard. Selain itu, JakCard dapat digunakan untuk pembayaran tiket transportasi terintegrasi di Jakarta, seperti Transjakarta, KRL Commuter Line, MRT Jakarta, LRT Jakarta, LRT Jabodebek hingga Mikrotrans.

Untuk pembelian JakCard dapat dilakukan melalui e-commerce Tokopedia, sejumlah loket pembelian di beberapa tempat wisata di Jakarta seperti Monas, Taman Margasatwa Ragunan, maupun di seluruh Kantor Cabang Bank DKI.

Melalui ajang Jakarta Innovation Days 2024 menjadi wadah bagi berbagai elemen untuk memperkenalkan inovasi yang berkontribusi dalam membangun Jakarta sebagai kota modern dan berkelanjutan. Proses penilaian pemenang dilakukan melalui berbagai tahap, meliputi evaluasi proposal inovasi, originalitas, penerapan, serta manfaat inovasi.

Termasuk dilakukannya tinjauan lapangan untuk memverifikasi pengaplikasian inovasi Jakarta Tourist Pass di lokasi Monumen Nasional (Monas). Tim penilai berkesempatan langsung menggunakan Jakarta Tourist Pass untuk masuk ke dalam Monas dan melakukan transaksi pembelian di area Lenggang Monas dengan memanfaatkan fitur scan QRIS.

Sementara itu Sekretaris Perusahaan Bank DKI, Arie Rinaldi melalui keterangannya secara terpisah menjelaskan bahwa inovasi yang dilakukan Bank DKI melalui produk Jakarta Tourist Pass ini tidak hanya berfokus pada kenyamanan wisatawan, melainkan juga sebagai upaya memberikan dampak positif pada pertumbuhan ekonomi lokal, sejalan dengan upaya pemerintah untuk menjadikan Jakarta sebagai kota yang semakin ramah dan menarik bagi wisatawan, baik domestik maupun internasional.

Bank DKI berkomitmen untuk terus mendukung perkembangan Jakarta melalui inovasi yang berdampak langsung pada peningkatan ekonomi dan pariwisata, serta mendukung transformasi digital yang meningkatkan daya saing Jakarta,” pungkas Arie. ® RED/AGUS SANTOSA

Related posts

Di 2018-2023, BANK DKI Raih Penghargaan ‘The Excellent Performance Bank in 5 Consecutive Years’

Data Center Aman & Andal Pegang Peran Kunci, TRANSFORMASI DIGITAL Merevolusi Industri Keuangan

Banyak Negara Afrika & Asia Justru Gagal, KOMPETISI INOVATOR MUDA 2.0 Harus Bisa Menjawab Tantangan Bonus Demografi 2045 di Indonesia