Gandeng Mayabank Syariah & Tokopedia, LAUNCING ‘PROGRAM YATIM BISA’ Siap Dukung Visi Indonesia Emas 2045

JAKARTA (POSBERITAKOTA) – Sangat spesial memang peluncuran ‘Program Yatim Bisa’ dari Yayasan Rumah Yatim Arrohman Indonesia yang diadakan di Lagoon Garden, yang diadakan Hotel Sultan Jakarta, Kamis (4/10/2024). Tidak kurang dari ratusan donatur dan kolaborator, ikut hadir dan memeriahkan acara tersebut.

Sedangkan acara itu sendiri digelar atas kolaborasi Yayasan Rumah Yatim Arrohman Indonesia dengan menggandeng Maybank Syariah dan Platform Digital Tokopedia. Bahkan dari kegiatan strategis tersebut guna mendukung visi Indonesia Emas 2045, dimana menjadi suatu gagasan yang bertujuan untuk menjadikan Indonesia sebagai bangsa yang berdaulat, maju, adil dan makmur pada tahun 2045 mendatang.

Disebutkan bahwa Generasi Emas 2045 merupakan sebuah wacana serta gagasan yang harus terus diperjuangkan dalam rangka mempersiapkan para generasi muda Indonesia yang berkualitas, berkompeten dan berdaya saing tinggi.

“Tentu Rumah Yatim Arrohman Indonesia berkomitmen untuk terus mendorong peningkatan kualitas. Dan, guna mewujudkan generasi muda, khususnya anak yatim yang memiliki kompetensi, kreativitas, dan inovasi yang tinggi,” ucap Direktur Utama Yayasan Yatim Arrohman Indonesia, Nugroho Bejo Wismono saat memberikan sambutan peluncuran program ‘Rumah Yatim Bisa’.

Ditambahkan Nugroho lebih lanjut bahwa dibalik semua peluang yang ada, tantangan di depan mata pun begitu nyata. Sedangkan Indonesia dengan jumlah penduduk mencapai 280,73 juta jiwa (BPS 2023), namun  sekitar 4 juta dari penduduk tersebut adalah Anak Yatim dan Yatim Piatu.

Namun berkaca dari keberadaan sekaligus pengalaman selama 18 tahun mengelola Anak Yatim dan Dhuafa di Indonesia, Rumah Yatim terus berupaya melakukan berbagai inovasi dan kolaborasi untuk menebar kemanfaatan bagi anak-anak Yatim di Indonesia.

“Untuk salah satu langkah besar dan strategis yang dilakukan adalah dengan membuat inovasi program pemberdayaan Yatim secara komprehensif melalui gerakan yang kami sebut dengan Yatim Bisa di Indonesia,” katanya.

Lebih jauh Nugroho menggambarkan bahwa gerakan program ini merupakan simbol kebangkitan anak Yatim untuk  mendapatkan akses jenjang pendidikan yang berkualitas.

“Malah kami berkomitmen terus mendukung menuju Indonesia Emas 2045. Dimana nanti dengan mendorong sisi layanan kesehatan setara, pemenuhan kebutuhan pangan dan papan yang layak serta  pengembangan bakat dan skill  untuk Anak Yatim,” ungkap Nugroho, lagi.

Pada tahap awal, menurutnya, dari program tersebut diharapkan bisa membantu puluhan ribuan anak yatim di Indonesia melalui intervensi program Yatim Bisa Sekolah, Yatim Bisa Sehat, Yatim Sisa Sejahtera dan Yatim Bisa Ibadah.

Sebagai simbolisasi diluncurkannya program Yatim Bisa, Rumah Yatim menggandeng Maybank Syari’ah sebagai mitra strategis dalam pada acara Grand Opening Yatim Bisa yang diserahkan bantuan uang tunai dari Maybank Syariah Rp 457,8 juta dan diterima langsung oleh Direktur Utama (Dirut) Rumah Yatim, Nugroho Bejo Wismono.

Pada kenyataannya tidak hanya ratusan donatur dan mitra strategis Rumah Yatim, namun juga dari kalangan profesional, pengusaha, korporasi dan ada pula sejumlah public figure. Dalam acara itu, ikut hadir Wakil Direktur Utama Abdurrahman dan Sekretaris Rozalina.

Sedangkan Direktur Maybank Syariah, Nanang Hendriantono, ikut menambahkan bahwa Maybank Syariah terus meningkatkan kualitas kolaborasi dengan Rumah Yatim Arrohman Indonesia, yakni dengan meluncurkan program ‘Yatim Mulia’.

“Tak lupa kami pun mengajak masyarakat luas dan dunia usaha untuk berinvestasi dengan Danareksa. Namun, sebagian dari keuntungan atau bagi hasil minimal selama 10 bulan diserahkan kepada Rumah Yatim Arrohman Indonesia,” beber Nanang Hendriantono.

Terkait keberadaan Maybank Syariah, diungkapkan Nanang, bakal terus berkomitmen untuk mendukung program-program kebaikan yang diluncurkan oleh ‘Rumah Yatim’.

“Jadi, buka hanya Program Yatim Bisa saja. Tetapi, ada program lain yang tujuannya membantu untuk kebaikan masyarakat, khususnya bagi generasi muda. Kami pun akan terus komit,” tutur Nanang, panjang lebar.

Sementara itu Rudy Azhary Dalimunthe selaku Senior Vice President of Sales, Operation and Product Tokopedia,  mengungkapkan bahwa pihaknya sudah selama bertahun-tahun lamanya berkolaborasi dengan ‘Rumah Yatim‘. Yakni sebagai mitra platform digital yang bisa memberi kemudahan bagi masyarakat dalam menunaikan zakat, infak dan sedekah (ZIS).

“Di sini platform Tokopedia ingin terus berkomitmen menjadi yang terdepan. Terutama dalam bersinergi dengan Rumah Yatim guna memudahkan masyarakat membayarkan ZIS. Tentu kerjasama ini nantinya bakal terus ditingkatkan,” pungkas Rudy. ® RED/AGUS SANTOSA

Related posts

Irjen Sandi Nugroho Pimpin Sertijab PJU Baru di Kehumasan Polri

Bawa Pembaca ke Tanah Deli, RIZAL SIREGAR Terbitkan Karya Novel ‘Kabut Tanah Tembakau’

Ngaku idolakan Sosok Megawati, MONICA AURORA RAMADHANI Ingin Sukses di Bola Volly & Bisa Meraih Cita-cita Jadi Polwan