34 C
Jakarta
18 October 2024 - 15:45
PosBeritaKota.com
Top News

Harus Bilang Wow Gitu! PAM JAYA Pilih Serius Kebut Pembangunan Infrastruktur Jaringan Perpipaan Agar Bisa Capai Target 2030

BANDUNG (POSBERITAKOTA) – Sah-sah saja ungkapan ‘Harus Bilang Wow… Gitu!’ dilontarkan, karena semata-mata ditujukan untuk menjadi penyemangat. Apalagi, PAM Jaya ternyata tak main-main dalam mengejar target di 2023, sudah harus mencapai 100 persen cakupan air bersih bagi seluruh warga Jakarta. Kenapa tidak!

Hal tersebut di atas dikentarai manakala Dirut PAM Jaya, Arief Nasrudin yang didampingi Syahrul Hasan (Direktur Pelayanan) dan Tedja Sitepu (Direktur Umum), memaparkan progres pembangunan infrastruktur jaringan perpipaan air bersih yang dilakukannya.

Selain penegasan bahwa PAM Jaya  berada dalam jalur yang tepat untuk mencapai 100 persen cakupan air bersih bagi seluruh warga Jakarta pada tahun 2030 mendatang. Dari kemajuan atau progress yang sudah dicapai, dimungkinkan melalui kombinasi penerapan teknologi inovatif, disiplin operasional serta sinergitas (kerjasama) yang terjalin.

“Dalam hal ini, kami berkomitmen untuk memastikan ketersediaan air bersih yang berkualitas bagi warga Jakarta. Bahkan beragam upaya prioritas, seperti membangun reservoir komunal; mengembangkan sistem penyediaan air minum (SPAM); serta menambah keberadaan jumlah Instalasi Pengolahan Air (IPA) di Buaran III, Ciliwung, Pesanggrahan dan sejumlah area tengah berjalan guna mencapai target distribusi air yang lebih efisien dan berkelanjutan,” tegas Direktur Utama PAM Jaya, Arief Nasrudin, saat hadir di acara Media Gathering PAM Jaya – Balkoters, Jumat – Sabtu (11-12/10/2024) di Ciwidey, Bandung, Jawa Barat.

Dalam kesempatan tersebut, PAM Jaya memaparkan berbagai pencapaian strategis dan proyek-proyek prioritas yang tengah dikerjakan sepanjang 2024 serta rencana kedepan hingga 2030. Malah kegiatan itu juga dihadiri seluruh jajaran Dewan Pengawas dan Direksi yang memberikan gambaran komprehensif mengenai upaya dan tantangan dalam menghadapi penyediaan air bersih di Jakarta.

Kembali ditambahkan Arief bahwa pembangunan reservoir komunal merupakan salah satu inovasi unggulan dan telah meraih juara 1 pada ajang Jakarta Innovation Awards yang diselenggarakan oleh Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Jakarta pada 1 Oktober lalu. Selain itu juga mendapat penghargaan dalam ajang Inovasi Membangun Negeri kategori Transformasi Produk dan Jasa yang diselenggarakan oleh TvOne.

Sedangkan inovasi, disebutkan Arief lebih lanjut,bertujuan untuk menciptakan solusi berkelanjutan terkait distribusi air bersih yang tetap stabil utamanya di wilayah-wilayah dengan tekanan air rendah. Saat ini setidaknya terdapat enam titik di Jakarta yang sudah terdapat reservoir komunal, yakni di Pluit, Cilincing, Duri Kosambi, Marunda Kepu, Taman Sari, Marunda. Adapun target penyelesaian pembangunan hingga akhir 2024 adalah 13 reservoir komunal.

Masih dalam kesempatan yang sama dan bicara terkait pengembangan proyek SPAM, Direktur Pelayanan PAM JAYA Syahrul Hasan, menyebutkan bahwa dalam memenuhi ambisi cakupan akses air bersih 100 persen di Jakarta, pengerjaan yang harus rampung adalah SPAM Jatiluhur dan SPAM Karian Serpong. Keduanya merupakan Proyek Strategis Nasional Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Namun untuk proses pengembangan SPAM Jatiluhur tahap 1 tengah berjalan dan PAM Jaya, telah menerima pendaftaran sambungan baru hingga 20.231 berkas. Sedangkan untuk SPAM Karian Serpong, masih berproses di Kementerian PUPR. Diharapkan proyek tahap 1 dapat berjalan pada 2026, sesuai peta jalan yang sudah disusun PAM Jaya.

“Tentu kami menargetkan pada tahun terakhir target 100 persen di 2030, diharapkan sudah terdapat total 2 juta sambungan perpipaan PAM Jaya,” ucap Syahrul, lagi.

Tentang ekspetasi menuju tahun 2025 mendatang, PAM Jaya berkomitmen memberikan layanan yang lebih baik. Selain itu juga sekaligus mendukung program pemerintah dalam memenuhi kebutuhan air bersih masyarakat Jakarta secara menyeluruh. Nah, PAM Jaya pun terus meningkatkan kompetensi internal dengan berbagai program pelatihan dan pengembangan karyawan. Semoga! ® RED/AGUS SANTOSA

Related posts

PBB Saja Perangi Islamofobia, PROF DAILAMI FIRDAUS Kutuk Keras Tindakan & Pelaku Pembakaran Al-Qur’an di Swedia

Redaksi Posberitakota

Pasca Deklarasi Jadi Cawapres, GUS IMIN Berencana untuk Ziarah ke Makam Wali Songo

Redaksi Posberitakota

Baik di Nepal Maupun Indonesia, FORWAD7 & SISTEMA.BIO Jalin Kolaborasi Hadirkan Teknologi Biogas Modern Bersubsidi

Redaksi Posberitakota

Leave a Comment

Beranda
Terkini
Trending
Kontak
Tentang