Sokong Jakarta Jadi Kota Global, PJ HERU BUDI Hadiri Event Jakarta Economic Forum 2024

JAKARTA (POSBERITAKOTA) – Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono menghadiri Jakarta Economic Forum (JEF) 2024 yang diselenggarakan oleh Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) DKI Jakarta di Park Hyatt Hotel, Jakarta Pusat, Selasa (15/10).

Dalam kegiatan bertema ‘Innovation to Enhance Jakarta’s Competitiveness as Global City: Policy and Implementation’, Heru Budi menegaskan bahwa Kota Jakarta akan terus bergerak maju menjadi Kota Global yang kompetitif, inklusif dan berkelanjutan.

“Perubahan tidak akan terjadi dalam semalam, tetapi dengan komitmen, kolaborasi, dan inovasi, kita dapat memastikan bahwa Jakarta akan terus bergerak maju menjadi Kota Global yang kompetitif, inklusif, dan berkelanjutan,” tuturnya.

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta bersinergi dengan Bank Indonesia menyelenggarakan Jakarta Economic Forum 2024, guna merumuskan pemikiran strategis sebagai bahan masukan penyusunan kebijakan yang dapat memperkuat posisi Jakarta sebagai Kota Global yang maju, berdaya saing dan berkelanjutan sesuai visi Jakarta 2024.

“Dalam implementasi atas strategi-strategi tersebut membutuhkan upaya bersama dari pemerintah pusat, pemerintah daerah lainnya, masyarakat, sektor swasta, dan para pemangku kepentingan,” ujarnya.

Heru Budi melanjutkan bahwa posisi Jakarta pada 2023 di kancah global masih berada di peringkat 74 dari 156 kota berdasarkan Kearney’s Global City Index. Meski demikian, Jakarta berpeluang untuk naik menjadi 20 besar Kota Global dengan mempertimbangkan kemajuan di berbagai sektor.

Sedangkan di sektor ekonomi, kemajuan yang telah dicapai selama sepuluh tahun terakhir pertumbuhan ekonomi Jakarta tercatat stabil dengan rata-rata 5,2 persen per tahun dan menjadi kontributor utama perekonomian nasional. Selanjutnya, DKI Jakarta memiliki lebih dari 2.000 startup dan menduduki peringkat 21 di dunia dalam ekosistem startup pada 2023 menempati urutan kedua sebagai pusat fintech terbesar di Asia Tenggara.

“Untuk capaian Foreign Direct Investment (FDI) sebesar 7 miliar USD pada 2023, ekspor dalam sektor teknologi dan kreativitas sebesar 1,5 miliar USD pada 2022,” imbuhnya.

Selanjutnya, kemajuan dalam pembangunan infrastruktur transportasi massal dilakukan secara masif dalam 20 tahun terakhir, yakni MRT Jakarta dengan jalur Lebak Bulus-Bundaran HI sepanjang 16 km, LRT Jakarta dengan jalur Velodrome-Kelapa Gading sepanjang 5,8 km, serta Transjakarta sebagai sistem BRT terbesar di dunia dengan 3.500 unit bus, 260 rute dan 1 juta penumpang/hari.

Ditambahkannya bahwa Jakarta juga memiliki Sumber Daya Manusia (SDM) yang dapat bersaing di tingkat global. Salah satunya, terlihat dari Indeks Pembangunan Manusia (IPM) mencapai nilai 80,67 pada 2022.

Namun di bidang lingkungan hidup, Pemprov DKI Jakarta telah berkomitmen menurunkan emisi karbon sebesar 26 persen pada 2023; menambahkan Ruang Terbuka Hijau (RTH) hingga 19,8 persen dari total luas wilayah; dan menurunkan volume sampah hingga 12 persen pada 2022. Selain itu, Jakarta secara aktif telah menjalin kemitraan dengan kota-kota global lainnya.

Melalui acara yang sama Kepala Kantor Perwakilan BI DKI Jakarta, Arlyana Abubakar, mengatakan kegiatan JEF yang diinisiasi pada 2023 ini merupakan sinergi antara Bank Indonesia, Pemprov DKI Jakarta, dan Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia (ISEI) di Jakarta.

“Untuk kegiatan ini merupakan wadah untuk membahas berbagai isu strategis di Jakarta yang hasilnya dapat menjadi masukan dalam perumusan dan implementasi kebijakan. Hal ini ditujukan untuk mencapai pertumbuhan ekonomi Jakarta yang inklusif dan berkelanjutan. Peserta yang hadir pada hari ini juga cukup lengkap, tidak hanya akademisi dan unsur pemerintah, tetapi juga para pelaku usaha dan komunitas,” tutup Arlyana. ® RED/AGUS SANTOSA

Related posts

Jadi PJ Gubernur DKI, TEGUH SETYABUDI Kepengen Gercep & Kerja Keras Lanjutkan Pembangunan Jakarta Sebagai Kota Global

Di Auditorium BMKG, PEMPROV DKI Lantik Seribu Prabu Jakarta 2024 Demi Membangun Tramtibum Pelajar

Inovasi Ciamik Jasa Marga, WAKEUPADS  MICROSLEEP BREAKER  Gabungkan Musik & Teknologi Bisa Cegah Kecelakaan di Jalan Tol