30.5 C
Jakarta
18 October 2024 - 13:15
PosBeritaKota.com
Tech Top News

Inovasi Ciamik Jasa Marga, WAKEUPADS  MICROSLEEP BREAKER  Gabungkan Musik & Teknologi Bisa Cegah Kecelakaan di Jalan Tol

JAKARTA (POSBERITAKOTA) – Menyetir mobil di jalan tol dan apalagi dalam perjalanan jauh, jelas sangat membutuhkan konsentrasi tinggi. Sementara desain jalan tol yang lurus dan panjang, justru menjadi salah satu di antara beberapa pemicu yang dapat meningkatkan risiko Microsleep.

Sedangkan Microsleep itu sendiri merupakan suatu kejadian hilangnya kesadaran atau perhatian seseorang karena merasa lelah atau mengantuk. Namun pada umumnya kejadian Microsleep berlangsung sekitar sepersekian detik hingga 10 detik penuh.

Seperti diketahui dan patut menjadi perhatian serius, terutama bagi siapa saja yang ingin menempuh perjalanan jauh dengan menggunakan tol bahwa kondisi hilangnya kesadaran, dipastikan dapat berakibat kecelakaan fatal.

Karena itulah, Jasa Marga kemudian meluncurkan ‘Wakeupads Microsleep Breaker’. Yakni sebuah produk inovasi baru dan berupa iklan audio yang dirancang khusus untuk mencegah Microsleep, terutama bagi para pengendara guna mengurangi risiko kecelakaan di jalan tol.

Namun berdasarkan temuan Jasa Marga, seperti di Tol Trans Jawa –  salah satu tol terpanjang di Indonesia, memiliki tingkat kecelakaan fatal yang tinggi. Bahkan dengan rata-rata satu kejadian kecelakaan per kilometernya.

Makanya pada tahap awal ini, ‘Wakeupads Microsleep Breaker’ bakal menargetkan pengendara yang melintasi Tol Trans Jawa, tepatnya di ruas Jakarta – Cikampek, Padaleunyi, Semarang – Batang, Semarang- Solo, Solo – Ngawi hingga Ngawi-Kertosono.

“Tentu kami dari Dentsu Creative berupaya mengurangi resiko kecelakaan yang disebabkan oleh microsleep dengan menciptakan inovasi komunikasi yang rencananya akan kita perluas ke lebih banyak lagi titik-titik rawan lainnya di Indonesia,” kata Defri Dwipaputra, Executive Creative Director dari Dentsu Creative melalui keterangan atau rilis resminya yang diterima POSBERITAKOTA, Jumat (18/10/2024).

Dengan memanfaatkan familiaritas masyarakat Indonesia pada salah satu lagu pengantar tidur yang sudah dikenal lintas generasi, ‘Wakeupads Microsleep Breaker’ kemudian menciptakan ulang musik dengan desain audio yang terbukti secara ilmiah dapat membantu mengembalikan fokus pengendara.

Dalam hal ini ‘Wakeupads Microsleep Breaker’ akan secara otomatis terdengar oleh pengendara saat mendengarkan lagu dari aplikasi Spotify yang memberikan peringatan kepada pengendara mobil yang memasuki radius rawan Microsleep dan kecelakaan di tol Trans Jawa pada titik-titik rawan kecelakaan yang telah ditentukan.

Bukan hanya itu saja. ‘Wakeupads  Microsleep Breaker’ juga mengarahkan pengendara ke rest area terdekat melalui aplikasi Travoy dari Jasa Marga. Selain dapat menunjukkan bagaimana musik dan teknologi bisa disatukan untuk membantu meningkatkan keselamatan di jalan tol.

“Dari inovasi ini diharapkan bisa diterapkan pada lintas banyak tol rawan kecelakaan dan turut membantu mengurangi risiko kecelakaan di seluruh Indonesia,” tegas Defri Dwipaputra.

Pada sisi lain lagi, salah satu pengendara menyatakan bahwa saat pertama kali mendengar ‘Wakeupads Microsleep Breaker’, dirinya justru merasa benar-benar ‘dibangunkan’ dan bisa kembali fokus ke perjalanan.

“Jadi, tolong jangan dilewatkan. Sebab, produk inovasi iklan audio ini, jelas sangat membantu guna mencegah kecelakaan di jalan tol,” tutupnya. ® REL/AGUS SANTOSA

Related posts

Melalui ‘Light 2 Hope’, PUTERI INDONESIA DKI 2 LADY DIANDRA Siap Memperjuangkan Pencegahan Kekerasan Seksual di Sekolah & Kehidupan Sehari-hari

Redaksi Posberitakota

Harus Bilang Wow Gitu! PAM JAYA Pilih Serius Kebut Pembangunan Infrastruktur Jaringan Perpipaan Agar Bisa Capai Target 2030

Redaksi Posberitakota

Di Aula Al-Fattah, IMAM BESAR MASJID ISTIQLAL Prof Dr KH Nasaruddin Umar MA Hadiri Milad MIJ ke-24

Redaksi Posberitakota

Leave a Comment

Beranda
Terkini
Trending
Kontak
Tentang